6 Cara SS di Laptop dengan Cepat dan Mudah, Simpel Cuma Dua Langkah

Senin, 13 September 2021 16:33
6 Cara SS di Laptop dengan Cepat dan Mudah, Simpel Cuma Dua Langkah
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Setiap perangkat laptop ataupun komputer tentunya dilengkapi berbagai fitur canggih. Salah satunya menggunakan fitur screenshot atau tangkapan layar di laptop. Meski berbeda dari smartphone, cara ss di laptop memiliki langkah tak kalah mudah dan simple.

Bagi pengguna perangkat digital tentu cukup familiar dengan istilah screenshot. Ya, screenshot merupakan cara yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar di perangkat smartphone, laptop, ataupun komputer. Dengan screenshot, pengguna dapat menyimpan tangkapan layar pada perangkat dengan format foto ataupun gambar.

Cara ss di laptop bisa dilakukan menggunakan fitur bawaan laptop ataupun dengan aplikasi tambahan. Namun tak perlu khawatir, sebab cara ss di laptop baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi cukup mudah, simpel dan cepat.

Beberapa cara ss di laptop bahkan dapat dilakukan dengan dua langkah saja. Sehingga dapat mendukung pekerjaan kalian lebih efisien. Berikut ulasan lengkapnya tentang cara ss di laptop dengan cepat dan simpel cuma dua langkah saja telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Cara SS di Laptop Mudah Pakai Tombol Print Screen (Prstsc)

Cara ss di laptop yang pertama dapat dilakukan dengan menggunakan tombol print screen. Sesuai namanya, tombol print screen berfungsi untuk screenshot di laptop dan menyimpannya dalam bentuk gambar. Tombol screenshot di laptop terdapat pada bagian kanan atas keyboard dengan tulisan PrstSC. Hasil tangkapan layar dengan menggunakan tombol print screen saja akan menyimpan keseluruhan halaman yang kalian ambil.

Tak kalah mudah dengan cara screenshot versi smartphone, cara ss di laptop dengan tombol print screen sangat simple dipraktikkan. Berikut ini beberapa Langkah cara ss di laptop dengan tombol print screen.

- Pertama siapkan halaman yang ingin kalian screenshot pada layar laptop.

- Lalu tekan tombol PrstSc pada keyboard laptop kalian. Tak perlu bingung jika tidak terjadi reaksi apapun, sebab secara otomatis halaman layar laptop kalian sudah berhasil di screenshot.

- Untuk melihat hasilnya langkah selanjutnya adalah buka aplikasi paint, lalu paste dengan cara tekan Ctrl + V.

- Setelah itu akan terlihat hasil tangkapan layar laptop kalian, edit sesuai kebutuhan misalnya kalian crop. Lalu simpan dengan cara pilih file dan save As. Secara otomatis hasil screenshot di layar laptop agar berubah format menjadi gambar yakni JPEG.

2. Cara SS di Laptop Simple Pakai Tombol Alt dan Print Screen (Prstsc)

Selain hanya menggunakan tombol print screen, kali ini cara ss di laptop bisa dilakukan dengan menekan bersamaan tombol Alt dan PrstSc. Namun cara ss di laptop dengan langkah ini hasilnya akan berbeda dengan memakai tombol print screen saja. Di mana kalian akan melihat hasil tangkapan layar hanya pada halaman yang aktif saja.

Artinya jika halaman yang tengah kalian buka adalah beranda Google, maka saat akan screenshot, bagian itu saja yang akan tertangkap di layar laptop. Berikut ini cara ss di laptop simple pakai tombol Alt + PrstSc.

- Pertama siapkan halaman yang ingin kalian screenshot pada layar di laptop.

- Lalu, tekan bersamaan Alt + PrstSc, maka secara otomatis kalian sudah berhasil screenshot di laptop. Untuk melihat hasilnya buka aplikasi paint.

- Setelah buka aplikasi Paint, tekan Ctrl + V. Maka hasilnya akan terlihat dan kalian tidak perlu mengeditnya lagi.

- Simpan dalam bentuk gambar hasil screenshot kalian.

 

3. Cara SS di Laptop Cuma Dua Langkah

Cara ss di laptop berikutnya adalah menggunakan tombol Windows pada keyboard dengan tombol print screen. Cara ss di laptop dengan langka ini juga sangat mudah buat dipraktikkan. Hasil tangkapan layar dengan cara ss di laptop tersebut nantinya akan terlihat secara keseluruhan.

Meski begitu kalian tidak lagi memerlukan aplikasi pengolah gambar seperti paint untuk melihat hasilnya. Sebab secara otomatis akan tersimpan pada dokumen pictures di laptop kalian. Adapun cara ss di laptop dengan tombol Windows dan print screen dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Pertama buka halaman layar yang ingin kalian screenshot.

- Lalu tekan tombol Windows + print screen bersamaan.

- Maka secara otomatis, hasil tangkapan layar akan tersimpan dalam dokumen pictures media penyimpanan laptop kalian. Untuk melihatnya kalian bisa membuka picture pada file eksplore di laptop lalu pilih screenshot.

 

4. Cara SS di Laptop Mudah Pakai Tombol Windows dan Volume

Cara ss di laptop berikutnya dapat menggunakan tombol Windows dan volume. Namun perlu diingat, tombol volume untuk screenshot layar di laptop adalah tombol volume turun. Sementara untuk hasil screenshot di laptop dengan langka ini, nantinya akan didapatkan hasil secara full screen. Berikut ini cara ss di laptop dengan mudah.

- Pertama buka halaman layar yang ingin kalian screenshot.

- Lalu tekan tombol Windows dengan kombinasi tombol volume turun.

- Maka secara otomatis, kalian sudah berhasil screenshot di laptop. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa membuka picture pada file eksplore lalu pilih screenshot.

 

5. Cara SS di Laptop Cepat dengan Snipping Tool

Cara ss di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan snipping tool. Perangkat snipping tool biasanya termasuk aplikasi bawaan di laptop. Sehingga dapat memudahkan kalian menggunakannya untuk kebutuhan screenshot layar di laptop. Adapun cara ss dengan cepat pakai snipping tool sebagai berikut.

- Pertama buka halaman layar di laptop yang ingin kalian screenshot.

- Lalu buka snipping tool, pilih sesuai dengan mode yang kalian inginkan bisa -secara keseluruhan ataupun hanya bagian halaman yang aktif.

- Lalu gerakkan kursor mouse kalian sesuai dengan halaman yang ingin di screenshot.

- Setelah itu nantinya kalian bisa melihat hasilnya secara otomatis pada halaman snipping tool. Jika sudah sesuai, simpan file screenshot.

 

6. Cara SS di Laptop Pakai Aplikasi Photoscape

Aplikasi PhotoScape juga dapat dimanfaatkan untuk screenshot di laptop. Cara screenshot di laptop dengan aplikasi PhotoScape tak kalah mudah dan simple banget. Namun pastikan, kalian telah menginstal aplikasi PhotoScape di laptop ya untuk memanfaatkan fitur tangkapan layar ini KLovers.

Ada beberapa pilihan mode untuk cara ss di laptop pakai PhotoScape. Baik itu screenshot full screen ataupun tidak, kalian bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Berikut ini cara ss di laptop pakai aplikasi PhotoScape.

- Pertama buka halaman layar di laptop yang ingin kalian screenshot.

- Buka aplikasi PhotoScape, lalu pilih screen capture, sesuaikan mode pilihan yang kalian inginkan.

- Lalu klik pilihan mode tersebut, hasilnya nanti akan otomatis tampil pada aplikasi PhotoScape.

- Selanjutnya kalian bisa mengeditnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Simpan file tersebut dalam bentuk gambar.

Itulah beberapa 6 cara ss di laptop dengan cepat dan mudah, bahkan bisa sangat simpel cuma dua langkah saja. Referensi cara screenshot di laptop di atas dapat kalian praktikkan mudah sesuai kebutuhan.

Sumber: brilio.net, merdeka.com

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI