6 Film Detektif Punya Cerita Luar Biasa, dari Abad 18 Hingga Zaman Kerajaan

Sabtu, 30 Mei 2020 08:50 Penulis: Dhia Amira
6 Film Detektif Punya Cerita Luar Biasa, dari Abad 18 Hingga Zaman Kerajaan
Sharlock Holmes, Murder On The Orient Express, Detective Dee (credit: itunes.apple.com/id; credit: id.wikipedia.org; credit: Istimewa)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian pecinta cerita detektif, maka kalian akan tahu beberapa nama-nama detektif terkenal yang novelnya telah banyak beredar hingga saat ini. Bahkan telah banyak diangkat pada layar lebar dari puluhan tahun yang lalu hingga saat ini, dengan menampilkan kejadian-kejadian cerita dulu, serta bagaimana menyelesaikan sebuah masalah pembunuhan yang terjadi. Walaupun banyak film detektif, tetapi hanya beberapa film yang dapat membuat akhir cerita dengan sesuatu hal yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Kebanyakan cerita detektif terjadi pada zaman dulu, tetapi ternyata saat ini detektif sungguhan masih ada. Hanya saja berbeda dari detektif dalam cerita yang merupakan detektif swasta, saat ini detektif banyak dari kepolisian. Mereka bertugas untuk mencari tahu tentang kejadian pembunuhan dan kriminal lainnya yang harus dipecahkan.

Dari pada penasaran film detektif apa saja yang punya cerita menarik, dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 film detektif yang wajib kalian tonton bila kalian merupakan pecinta cerita detektif.

1. SHARLOCK HOLMES (2009)

Film detektif pertama datang dari SHARLOCK HOLMES pada tahun 2009. Diangkat dari novel dengan judul yang sama, film SHARLOCK HOLMES telah banyak mendapatkan perhatian dari para pecinta film detektif dan tentu saja mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi. Penghargaan tersebut seperti Golden Globe Award, Best actor, Academy Award, Best Original Score, dan Best Art Diretion. Film SHARLOCK HOLMES ini juga mendapatkan berbagai tanggapan positif dengan pujian sebagai cerita film terbaik, set lokasi syuting, desain kostum, musik, dan jalan cerita yang menarik.

Diperankan oleh aktor terkenal Robert Downey Jr serta Jude Law menjadikan film ini berhasil sebagai film detektif Sharlock Holmes terbaik. Film SHARLOCK HOLMES tahun 2009 ini menceritakan bagaimana Sharlock Holmes mencari tahu tentang ajaran sesat yang dilakukan oleh Lord Henry Blackwood dengan ilmu sihir yang dimilikinya. Dalam film ini kita akan ditunjukkan kehebatan dari seorang detektif Sharlock Holmes yang dapat memecahkan kasus yang percaya bahwa tidak ada namanya ilmu sihir di dunia ini dengan logikanya yang luar biasa. Tak hanya itu saja, dalam film SHARLOCK HOLMES ini kita akan di suguhkan dengan adegan action yang berbeda dengan lainnya.

Kita akan disuguhkan dengan adegan bagaimana seorang Sharlock Holmes akan melakukan analisis bertarung secara kilat sebelum ia melumpuhkan lawannya, yang tentu saja analisis bertarung tersebut selalu tepat dan membuatnya menang dalam bertarung. Dalam film ini juga kita akan disuguhkan dengan banyak adegan komedi yang dilakukan oleh Robert Downey Jr dengan sangat apik. Itulah mengapa film SHARLOCK HOLMES (2009) ini wajib sekali kalian tonton.

2. DETECTIVE DEE AND THE MYSTERY OF THE PHANTOM FLAME (2010)

Film detektif selanjutnya ada film DETECTIVE DEE AND THE MYSTERY OF THE PHANTOM FLAME pada tahun 2010. Film ini merupakan salah satu film detektif dari Hong Kong yang cukup terkenal dan juga cukup sukses di Hong Kong. Film DETECTIVE DEE AND THE MYSTERY OF THE PHANTOM FLAME ini merupakan film yang mencampurkan unsur kerajaan dan juga detektif di dalamnya, tak hanya itu saja film ini juga memberikan unsur kungfu serta mitos-mitos yang terjadi pada jaman kerajaan saat itu. Hampir sama dengan film SHARLOCK HOLMES, film DETECTIVE DEE AND THE MYSTERY OF THE PHANTOM FLAME ini akan menunjukkan kehebatan seorang detektif Dee yang memecahkan sebuah kasus kutukan.

Detektif Dee akan memecahkan bagaimana tak ada kutukan mengerikan di dunia ini, semua adalah trik dari seorang penjahat yang hanya ingin menjatuhkan ratu yang saat itu sedang memerintah kerajaan. Di film ini kita akan disuguhkan cerita menarik, komedi, kerajaan, dan juga ilmu pengetahuan yang tentu saja akan menghibur.

3. DETEKTIF K: SECRET OF THE VIRTUOUS WIDOW (2011)

Kembali diangkat dari sebuah novel terkenal di Korea Selatan, film detektif selanjutnya yaitu ada DETEKTIF K: SECRET OF THE VIRTUOUS WIDOW pada tahun 2011. Film ini mengisahkan tentang seorang raja dengan gelar Jeongjo yang menyewa seorang detektif bernama detektif K untuk mencari tahu tentang pembunuhan yang banyak terjadi saat pemerintahan raja tersebut. Walaupun film ini merupakan film detektif, tetapi film ini banyak sekali menyuguhkan cerita komedi. Film DETEKTIF K: SECRET OF THE VIRTUOUS WIDOW mendapat banyak sambutan hangat dari para penonton, bahkan film ini telah dibuat sampai bagian ke 3 dan selalu sukses mendapatkan perhatian penonton.

Bila kalian menonton film ini, maka kalian akan disuguhkan bagaimana kehidupan yang terjadi pada zaman kerajaan Korea. Tak hanya itu saja, dalam film ini kalian akan dibuat bingung dengan kejadian yang terjadi, dan mungkin akan salah menebak mana musuh yang sebenarnya dan mana teman. Film DETEKTIF K: SECRET OF THE VIRTUOUS WIDOW ini akan lebih banyak menghibur bagi kalian yang hanya ingin menonton film detektif dengan cerita ringan.

4. MAIGRET: SETS A TRAP (2016)

Lalu film detektif selanjutnya ada MAIGRET: SETS A TRAP tahun 2016. Merupakan serial televisi dari Inggris, film MAIGRET: SETS A TRAP merupakan salah satu film detektif terbaik yang ada. Berlatar belakang tahun 50-an, film ini bercerita tentang pembunuhan yang terjadi pada para perempuan yang pulang bekerja di malam hari. Para perempuan yang akan di serang memiliki kriteria khusus seperti potongan rambut hingga pakaian yang dipakai.

Film MAIGRET: SETS A TRAP ini akan membawa kamu melihat langsung kejadian, bagaimana seorang detektif polisi dalam menangani sebuah kasus yang terjadi di dunia nyata. Berbeda dengan SHARLOCK HOLMES yang akan sedikit menyuguhkan adegan action dan juga komedi, tetapi film MAIGRET: SETS A TRAP hanya menggunakan pikirannya dengan menjebak tersangka untuk keluar. Kita akan disuguhkan dengan konflik yang dilalui oleh Chief Inspektur Jules Maigret dengan para wartawan yang penasaran pada kasus tersebut, lalu kita juga dipacu oleh waktu dengan mempertaruhkan jabatan dari inspektur Maigret.

Diperankan oleh aktor serta komedian terkenal Rowan Atkinson kalian akan diperlihatkan sisi berbeda dari sang aktor tersebut. Biasanya kita akan melihat ia bermain dalam adegan konyol, maka kali ini kalian akan diperlihatkan bagaimana sisi tegas, berwibawa, tetapi tetap tenang dari Rowan Atkinson. Dan hal inilah yang membuat film MAIGRET: SETS A TRAP menjadi sebuah film wajib yang harus kamu tonton bagi kamu pecinta film detektif.

5. MURDER ON THE ORIENT EXPRESS (2017)

Detektif yang terkenal selanjutnya selain Sharlock Holmes adalah Hercule Poirot yang memiliki sifat dan kepribadian terbalik dengan Sharlock Holmes. Hercule Poirot merupakan seseorang yang sangat rapi serta perfectionis, ia akan mengetahui detail yang salah sekecil apapun dalam kehidupannya serta kasus yang ia tangani. Di ambil dari novel karya Agatha Christie pada tahun 1934 dengan nama yang sama, film MURDER ON THE ORIENT EXPRESS akan membuat kamu tercengang dengan akhir ceritanya. Kamu tak akan berpikir bahwa pembunuhan yang terjadi akan dilakukan dengan strategi yang matang dan telah dipersiapkan selama bertahun-tahun.

Dalam film ini kalian akan diperlihatkan bahwa Hercule Poirot mengalami kesulitan yang membuat dirinya hilang kendali tak seperti biasanya dengan ada kasus ini. Film MURDER ON THE ORIENT EXPRESS akan memperlihatkan bagaimana dahulu perlakuan rasis masih terjadi. Kalian juga akan diperlihatkan bagaimana lokasi syuting hingga kostum ala bangsawan tahun 1930-an secara detail.

Bagi kalian pecinta novel Hercule Poirot maka film ini merupakan salah satu film wajib yang harus kalian tonton. Walaupun sudah pernah di adaptasi pada tahun 1974, 2001, serta 2010, tetapi film adaptasi tahun 2017 ini lebih memperlihatkan secara detail dan baik dalam segi lokasi syuting hingga kostum yang dikenakan. Diperankan oleh Kenneth Branagh yang merupakan aktor sekaligus seorang sutradara dari Irlandia Utara, ia sangat baik dalam memerankan perannya sebagai seorang detektif dari Belgia. Tak hanya itu saja, ada aktor terkenal dari Amerika Serikat, yaitu Johnny Depp yang merupakan korban dari pembunuhan yang terjadi di Orient Express.

6. KNIVES OUT (2019)

Dan film detektif terakhir yaitu ada KNIVES OUT pada tahun 2019. Film yang menceritakan tentang pembunuhan yang terjadi pada seorang penulis kaya raya bernama Harlan Thrombey diperankan oleh Christopher Plummer di saat seluruh keluarganya datang ke rumah untuk acara pesta kecil keluarga. Lalu ada detektif swasta yang diperankan oleh aktor Daniel Craig yang menangani kasus ini dengan ketegangan yang terjadi di sekitar.

Film yang diperankan oleh banyak sekali aktor dan aktris terkenal seperti Ana de Armas, Don Johnson, Chris Evans, Katherine Langford, dan Jaeden Martell ini akan membuat kalian semakin tertarik dengan film KNIVES OUT. Walaupun terlihat seperti film detektif yang serius, tetapi film KNIVES OUT merupakan film drama Komedi yang akan membuat kalian merasa terlalu terhibur saat menontonnya.

Mendapatkan respon positif oleh para kritikus film di festival film internasional Toronto, dan juga mendapatkan rating sebesar 97% membuat film ini menjadi salah satu film detektif baru yang wajib banget untuk kalian tonton.

Itulah 6 film detektif yang memiliki cerita menarik di dalamnya. Tak akan ada yang menyangka akhir dari kisah dalam film tersebut, serta bagaimana para detektif tersebut dapat berhasil memecahkan setiap teka-teki dan masalah yang terjadi. Memiliki karakter yang berbeda-beda, akan membuat kalian terhibur di setiap cerita detektif yang disuguhkan.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI