6 Jenis Asuransi Wajib Buat Kaum Milenial, Nomor 3 Nggak Kalah Penting!

Jum'at, 06 September 2019 14:58 Penulis: Wuri Anggarini
6 Jenis Asuransi Wajib Buat Kaum Milenial, Nomor 3 Nggak Kalah Penting!
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Salah satu karakter yang tampak jelas dari generasi millennial adalah pergeseran gaya hidup yang signifikan dan memicu tingkat konsumtif yang tinggi. Mereka yang lahir di antara tahun 80an hingga 2000 ini lebih suka menghabiskan uang untuk berbelanja atau traveling ketimbang menabung.

Nggak sedikit juga yang masih belum melek akan pentingnya asuransi yang dapat melindungi keuangan dari risiko-risiko seperti gangguan kesehatan, kehilangan pekerjaan hingga kematian. Jangan sampai masa muda berubah jadi berantakan, yuk miliki 6 jenis asuransi ini sedini mungkin yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kaum milenial.

Asuransi Kesehatan

Berada di urutan pertama, asuransi kesehatan penting dimiliki generasi milenial untuk mengantisipasi kemungkinan mengeluarkan biaya besar akibat gangguan kesehatan. Orang-orang yang rentan stres akibat tumpukan pekerjaan atau sering traveling wajib memiliki asuransi kesehatan. Ketimbang tabungan terkuras habis atau keuangan yang terganggu karena sering sakit, nggak ada salahnya memproteksi diri dengan asuransi yang tepat.

Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga wajid dikantongi oleh generasi milenial untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, yaitu meninggal dunia. Hal ini akan menghilangkan beban pada pihak keluarga yang ditinggalkan, misalnya saat pemegang polis mengalami kecelakaan. Ada dua jenis asuransi, yaitu term life yang terjangkau dengan masa pertanggungan 5-20 tahun sedangkan whole life menawarkan premi mahal dengan pertanggungan seumur hidup.

Asuransi Pendidikan

Selama ini, asuransi pendidikan hanya dikaitkan dengan kebutuhan anak saja. Padahal pendidikan juga bisa jadi salah satu faktor penting yang akan membantu perkembangan karir, misalnya menjalani pendidikan S2.

Biaya pendidikan kini memang semakin mahal, kalau tak punya asuransi pendidikan, bisa-bisa masa depan terancam karena putus kuliah di tengah jalan. Oleh karena itu, tak ada salahnya memiliki asuransi pendidikan agar dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin.

Asuransi Kendaraan

Pekerjaan atau aktivitas yang menuntut untuk mobile membuat mayoritas kaum milenial memiliki kendaraan bermotor sendiri, baik mobil atau sepeda motor. Untuk mengganti kerugian yang timbul selama pemakaian kendaraan, miliki asuransi kendaraan yang menawarkan dua pilihan.

Ada asuransi all risk yang mengganti kerugian sebagian atau keseluruhan pada kendaraan, atau total loss only (TLO) yang baru mendapat ganti rugi jika kerusakan mencapai 75 persen. Melihat kendaraan sudah jadi kebutuhan sehari-hari, asuransi kendaraan wajib dimiliki agar aktivitas tak sampai terganggu dan keuangan pun tetap stabil saat harus melakukan perbaikan berbiaya tinggi.

Asuransi Properti

Memang nggak semua milenial sudah memiliki properti sendiri. Padahal bukan hanya jadi tempat tinggal saja, apartemen, rumah, maupun tanah juga bisa jadi investasi jangka panjang.

Untuk melindungi aset yang dimiliki, jangan lupa untuk melengkapinya dengan asuransi properti. Jenis asuransi ini akan melindungi properti dari kebakaran, risiko huru-hara, hingga terkena bencana alam.

Asuransi Perjalanan

Traveling seakan jadi bagian dari gaya hidup generasi milenial. Buat yang suka jalan-jalan terutama ke luar negeri, ada baiknya memiliki asuransi perjalanan yang akan memberikan ganti rugi kecelakaan bahkan saat terjadi delay atau pembatalan pesawat.

Dana yang dikeluarkan pun bervariasi. Seperti premi 60 ribuan per perjalanan dengan jumlah uang yang dapat diklaim mencapai RP250 juta atau pertanggungan yang lebih besar hingga Rp1,5 miliar dengan membayar Rp300 ribu.

Sebagai salah satu generasi milenial yang ingin menjamin kondisi keuangan, mana jenis asuransi yang sudah kamu miliki?

(kpl/eth)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI