6 Kuliner Jepang yang Wajib Dicoba Langsung di Negara Asalnya

Rabu, 06 Maret 2019 13:00 Penulis: Wuri Anggarini
6 Kuliner Jepang yang Wajib Dicoba Langsung di Negara Asalnya
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Makanan Jepang memang sudah banyak masuk ke Indonesia. Bahkan varian makanan yang dijual juga semakin beragam. Nggak melulu sushi, maupun ramen. Di Jakarta saja, banyak restoran Jepang yang dapat dengan mudah dicoba. Jumlahnya bisa mencapai ratusan, dari versi kaki lima hingga sajian bintang lima.

Namun, apa kamu nggak penasaran dengan rasa asli dan ambience resto Jepang di negara asalnya? Sebab, sesering apapun kamu memakannya di Indonesia, bakal beda saat mencobanya langsung di Jepang. Makanya, saat liburan ke Negeri Sakura, 6 kuliner ini wajib banget kamu coba.

Ramen

© shutterstock© shutterstock

Ramen menjadi salah satu kuliner Jepang paling populer dan wajib coba banget saat ke sana. Salah satu ramen yang paling terkenal berada di daerah Shinjuku. Sekalipun tampilannya sekadar mie yang disiram kuah berbumbu kecap asin dan disajikan dengan irisan tipis daging, rebung, dan nori, tetapi rasanya benar-benar sangat lezat.

Sushi

© shutterstock© shutterstock

Selain lebih fresh, penyajian sushi di Jepang amatlah unik. Pengunjung bisa melihat dan merasakan langsung, bagaimana kedekatan pembeli dan chef. Apalagi banyak sushi enak disajikan di kedai kecil, dengan pelayanan yang lebih kasual. Inilah yang sulit ditemukan pada penyajian sushi di Indonesia. Salah satu sushi terlezat di Jepang yang wajib banget kamu coba adalah kedai Sukiyabashi Jiro dan Hinatomaru di Tokyo.

Sashimi

© shutterstock© shutterstock

Berbeda dengan sushi yang menyajikan potongan ikan menggunakan nasi, sashimi hanya menyajikan potongan ikan saja. Di Jepang sendiri sashimi banyak jenisnya. Kamu bisa mencoba irisan ikan salmon, tuna, kerang, cumi, udang, makarel, gurita dan masih banyak lainnya. Semuanya disajikan mentah, tetapi kelezatan sashimi kedai Sukiyabashi Jiro di Tokyo patut kamu coba. Saking lezatnya, Barack Obama pun menyukainya.

Tonkatsu

© shutterstock© shutterstock

Tonkatsu merupakan daging babi yang digoreng pakai tepung roti. Makanan ini disajikan dengan setumpuk kol iris, tomat dan lemon. Selain daging babi, biasanya juga tersedia daging sapi dan udang, terutama buat wisatawan Muslim yang ingin mencobanya. Salah satu kedai yang cukup ramai karena kelezatan tonkatsunya adalah Marugo yang terletak di Akihabara, Tokyo.

Wagyu Beef

© shutterstock© shutterstock

Belum afdol rasanya ke Jepang sebelum mencoba wagyu beef. Kelezatannya tak hanya memberikan sensasi gurih, tetapi juga sangat lembut dan empuk hingga bisa lumer di lidah. Wagyu beef biasanya disajikan dalam irisan tipis lalu dipadukan dengan saus wijen kental untuk menikmatinya. Salah satu tempat untuk menikmati wagyu beef terbaik di Jepang adalah Hanasakaji-san di Tokyo. Di kedai tersebut, kamu bisa mencoba makan wagyu beef dengan saus khas dengan citarasa pedas, bernama bonito dipping sauce.

Udon

©shutterstock©shutterstock

Banyak yang berpikir udon itu mie, padahal hidangan satu ini benar-benar berbeda lho di Jepang. Bahan bakunya saja yang sama, tetapi udon lebih tebal dengan tekstur lebih kenyal. Selain itu, kuahnya bening dengan isian dashi, soy sauce dan mirin. Salah satu tempat makan udon paling enak di Jepang adalah berada di Owariya, yang juga terkenal akan kelezatan soba dan tempuranya. Bisa juga mencobanya di Omen Shijo Pontocho, Kyoto, udon kaldu tomatnya sangat juara.

Bagaimana, sudah tak sabar menikmati beragam kuliner lezat Jepang di negara asalnya? Yuk wujudkan keinginanmu liburan ke Jepang gratis dengan ikutan Relaxa Vacation to Japan. Caranya gampang banget. Kamu cukup membeli permen Relaxa di toko terdekat. Kemudian foto dengan gaya unik dan kreatif dengan bungkus Relaxa. Lalu upload dan share fotomu ke Facebook dengan hashtag #RelaxaVacationToJapan dan tag 5 orang teman melalui microsite www.relaxavacationtojapan.co.id

Bakal ada 9 tiket liburan ke Jepang sebagai hadiah utama. Selain itu, kamu juga berkesempatan memenangkan 18 HP Samsung Note 9, serta uang tunai ratusan juta rupiah. Kompetisi ini bakal berlangsung hingga 31 Maret 2019, jadi ayo segera ikutan, ya!

 

 

 

(adv/tmi)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI