10 Rekomendasi Anime Sad Ending Terbaik yang Bisa Bikin Nyesek, Sediakan Tisu Sebelum Menonton

Kamis, 09 Juni 2022 21:11
10 Rekomendasi Anime Sad Ending Terbaik yang Bisa Bikin Nyesek, Sediakan Tisu Sebelum Menonton
Rekomendasi anime sad ending (credit: idmb)


Kapanlagi Plus - Anime atau kartun Jepang jadi salah satu tontonan yang cukup digemari. Bukan saja untuk anak-anak, anime juga digemari oleh orang dewasa. Pasalnya, anime tak selamanya menghadirkan cerita fantasi yang digemari anak-anak kecil. Ada juga anime dengan cerita yang serius, realistis, bahkan berakhir dengan sad ending. Malahan, rekomendasi anime sad ending cukup banyak yang menyukai.

Tak kalah dengan film atau series yang diperankan manusia, karakter anime juga bisa menarik simpati penonton. Cerita anime yang sedih bisa membawa perasaan penonton ikut jadi campur aduk, bahkan sampai menangis terseduh-seduh. Seperti beberapa rekomendasi anime sad ending berikut ini, yang tentunya bisa bikin penonton baper dan nyesek sekaligus.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi anime sad ending yang sayang untuk dilewatkan.

 

 

1. GRAVE OF THE FIREFLIES

GRAVE OF THE FIREFLIES sering kali disebut-sebut sebagai salah satu anime tersedih. Cerita GRAVE OF THE FIREFLIES berputar pada kehidupan dua tokoh kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang hidup di Jepang pada masa Perang DUnia II. Seita dan Setsuko merupakan anak-anak korban perang yang menjadi yatim piatu setelah peristiwa jatuhnya bom atom. 

Meski berkisah tentang masa lampau, GRAVE OF THE FIREFLIES mampu menggetarkan hati setiap orang yang menontonnya. Hubungan kakak beradik antara Seita dan Setsuko yang saling menyayangi dan melindungi dijamin bikin terenyuh dan terharu.

Momen-momen sedih yang dilalui Seita dan Setsuko dari awal hingga akhir akan membawa penonton merasa iba sekaligus simpati. Tak heran, jika film ini masuk dalam salah satu rekomendasi anime sad ending paling wajib ditonton.  

 

 

2. 5 CENTIMETERS PER SECOND

Rekomendasi anime sad ending yang kedua yaitu 5 CENTIMETERS PER SECOND. Anime ini berkisah tentang tokoh bernama dua sahabat, Tono Takaki dan Shinohara Akari. Keduanya telah bersahabat sejak masih di bangku sekolah dasar. Namun hubungan persahabatan mereka semakin merenggang ketika beranjak dewasa. 

5 CENTIMETERS PER SECOND merupakan salah satu karya dari Makoto Shinkai. Seorang pembuat anime yang tentunya sudah tak begitu asing lagi di kalangan pecinta anime. Pasalnya, Makoto Shinkai pernah begitu populer dan dikagumi berkat karyanya YOUR NAME. Jika menonton YOUR NAME sudah cukup membuat kalian sedih, itu artinya kalian perlu menonton 5 CENTIMETERS PER SECOND karena dijamin bakal merasakan kesedihan yang berlipat-lipat.

 

 

3. I WANT EAT YOUR PANCREAS

I WANT EAT YOUR PANCREAS djuga wajib ditonton para penggemar anime. Tak sedikit yang menyebut I WANT EAT YOUR PANCREAS dalam jajaran salah satu anime dengan sad ending terbaik. Anime I WANT EAT YOUR PANCREAS berkisah tentang karakter bernama Haruki Shiga. Dia merupakan yang merasa terkucilkan.

Haruki merasa tak ada satu orangpun yang peduli dengan keberadaannya. Namun suatu ketika, dirinya menemukan buku diary milik seorang murid perempuan yang populer di sekolahnya. Dari buku itu, Haruki mengetahui bahwa Sakura, nama murid perempuan itu tengah mengalami mengidap penyakit pankreas.

Bermula dari sini, Haruki lyang semula cuek lantas tergerak dan menjadi dekat dengan Sakura. Cerita persahabatan Haruki dan Sakura inilah yang akan membawa penonton merasakan kesedihan demi kesedihan hingga akhir.

 

 

 

4. HOTARUBI NO MORI E

Rekomendasi anime sad ending berikutnya yaitu HOTARUBI NO MORI E. Anime HOTARUBI NO MORI E berkisah tentang pertemuan seorang tokoh bernama Hotaru Takegawa dengan roh hutan bernama Gin saat usianya 6 tahun. Pada waktu itu, Gin merupakan roh yang membantu Hotaru keluar dari hutan saat tersesat. Setelah momen itu, Gin berpesan agar Hotaru tidak kembali lagi ke hutan.

Namun, ternyata Hotaru tidak mengindahkan pesan Gin. Sebaliknya, Hotaru justru terus datang ke hutan untuk mencari Gin. Hubungan Hotaru dan Gin terhalang fakta bahwa manusia dan roh hutan tak bisa saling bersentuhan. Sebab, setiap kali Hotaru menyentuh Gin, maka Gin akan menghilang dengan sendirinya. Karena itu, setiap pertemuan Gin dan Hotaru akan terasa bahagia sekaligus sedih dan memilukan.

 

 

 

5. ASSASSITION CLASSROOM

ASSASSITION CLASSROOM menambah panjang daftar rekomendasi anime sad ending terbaik. ASSASSITION CLASSROOM berkisah tentang seorang alien berwarna kuning yang siap menghancurkan bumi. Untuk melancarkan aksinya itu, si alien mengajar di sebuah kelas yang berisi anak-anak terpinggirkan.

Di kelas tersebut, si alien justru menantang murid-muridnya agar membunuh dirinya. Namun alih-alih tertantang, para murid si alien justru semakin dekat dan simpati terhadap gurunya. Penasaran bagaimana kelanjutannya? Langsung saja tonton ASSASSITION CLASSROOM dan rasakan kesedihan di bagian ending-nya!

 

 

6. YOUR LIE IN APRIL

Rekomendasi anime sad ending terbaik selanjutnya adalah YOUR LIE IN APRIL. Anime YOUR LIE IN APRIL berkisah tentang Kousei Arima yang berhenti bermain piano setelah ibunya meninggal. Sampai suatu hari, Kousei Arima berjumpa dengan seorang pemain biola bernama Kaori Miyazono yang memendam keinginan bisa bermain musik bersama Kousei Arima.

Sayangnya ketika Kousei Arima dan Kaori Miyazono semakin dekat, terungkap fakta bahwa ternyata Kaori memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Padahal, selama ini  Kousei adalah dia selalu mengatakan pada Kousei bahwa dirinya baik-baik saja. Akhirnya Kousei harus kehilangan orang yang dia sayangi untuk kedua kalinya. Jika akan menonton anime yang satu ini, jangan lupa untuk siap-siap sediakan tisu ya!

 

7. WHITE ALBUM 2

Rekomendasi anime sad ending berikutnya adalah WHITE ALBUM 2. Anime ini dirilis tahun 2013 silam mengangkat genre musik dan romance. Sementara itu sinopsis WHITE ALBUM 2 berkisah tentang Kitahara Haruki, Touma Kazusa, dan Setsuna Ogiso. Ketiganya terlibat dalam kisah cinta segitiga yang cukup rumit.

Di mana Touma Kazusa dan Setsuna Ogiso menyukai seorang laki-laki yang sama bernama Kitahara Haruki. Apalagi keduanya memiliki karakter mereka masing-masing yang menarik sebagai seorang pianis sekaligus siswa populer. Kitahara Haruki sendiri tidak dapat menyadari perasaannya untuk menyukai satu orang perempuan. Sehingga membuat keduanya baper hingga jatuh hati pada pria yang sama. Karena itu saat kalian menyaksikan anime WHITE ALBUM 2 bakalan dibuat baper sekaligus jengkel dengan karakter para pemainnya. Jalan cerita WHITE ALBUM 2 memang cukup rumit.

 

8. FULLMETAL ALCHEMIST: BROTHERHOOD

Rekomendasi anime sad ending lainnya berjudul FULLMETAL ALCHEMIST: BROTHERHOOD. Anime ini dirilis pada tahun 2009 silam. Mengangkat genre aksi dan petualangan, FULLMETAL ALCHEMIST: BROTHERHOOD juga memiliki akhir yang cukup memilukan.

Sinopsis FULLMETAL ALCHEMIST: BROTHERHOOD berkisah tentang kakak beradik yang menyesali kejadian masa lalunya. Elric kemudian berusaha untuk memperbaiki kesalahannya dengan berbagai bentuk pengorbanan. Keduanya merencanakan eksperimen untuk membangkitkan sang ibu yang telah meninggal. Namun hal tersebut justru menjadi awal mala petaka keduanya. Kegagalan penelitian menyebabkan Edward kehilangan kaki bahkan lengannya. Di sinilah awal perjalanan keduanya dimulai dengan berbagai kisah mengharukan serta menegangkan.

 

9. OOKAMI KODOMO NO AME TO YUKI

OOKAMI KODOMO NO AME TO YUKI juga menjadi rekomendasi anime sad ending yang wajib kalian tonton. Anime berjudul OOKAMI KODOMO NO AME TO YUKI dirilis pada tahun 2012 silam. Anime tersebut mengangkat genre drama dan keluarga. Selain itu, sinopsis OOKAMI KODOMO NO AME TO YUKI menyajikan kisah cinta tragis yang menyayat hati.

Seorang perempuan bernama Hana jatuh hati dengan pria setengah serigala. Memutuskan untuk menikah, namun sang suami justru meninggal dalam kecelakaan. Hana menjadi single mother untuk kedua anaknya. Mau tahu keseruan kisah OOKAMI KODOMO NO AME TO YUKI? Kalian dapat menyaksikan anime ini melalui sejumlah saluran streaming.

 

10. 5 CENTIMETERS PER SECOND

5 CENTIMETERS PER SECOND juga menjadi rekomendasi anime sad ending dengan alur cerita bikin baper. Dirilis tahun 2007 silam, 5 CENTIMETERS PER SECOND berkisah mengenai persahabatan Tono Takaki dan Shinohara Akari.

Keduanya merupakan sahabt dekat sejak kecil. Sayangnya keduanya harus terpisah jarak setelah salah satu di antara mereka pindah. Hubungan persahabatan tersebut lambat laun semakin menjauh meskipun sempat saling berkirim surat. Mau tahu akhir kisah dalam anime 5 CENTIMETERS PER SECOND? Kalian tentu akan dibuat baper sekaligus haru melihat persahabatan dua orang tersebut.

Itulah di antaranya sederet rekomendasi anime sad ending yang dijamin bikin nyesek. Gimana, kira-kira tertarik nonton yang mana?

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI