Arti Boikot di KBBI Beserta Sinonimnya, Ketahui Sejarah dan Jenis-Jenisnya

Diterbitkan:

Arti Boikot di KBBI Beserta Sinonimnya, Ketahui Sejarah dan Jenis-Jenisnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Istilah boikot seringkali dipakai dalam sejumlah peristiwa yang dinilai mengandung putusan dan tindakan yang tidak adil atau tidak benar. Sementara itu, arti boikot di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat disebut juga dengan penolakan.

Boikot biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang protes karena hal tertentu bertujuan untuk memperbaiki sesuatu yang semestinya harus berubah . Namun seperti diketahui, tindakan boikot ini hanya dilakukan dengan pencegahan, penolakan, atau penutupan terhadap suatu bisnis, kebijakan, atau isu tertentu.

Dengan kata lain, arti boikot bentuk protes dan tidak setuju terhadap tindakan suatu kelompok, perusahaan, ataupun organisasi tertentu. Tindakan boikot juga dilakukan secara terorganisir dan melibatkan masa.

Namun, untuk tahu penjelasan lebih lengkap mengenai apa arti boikot berikut ini ulasannya yang perlu kalian pahami. Adapun ulasan mengenai apa arti boikot dapat kalian simak sebagai berikut yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Boikot di KBBI

Mendengar kata boikot tentunya tidak asing lagi. Apalagi, ada sejumlah peristiwa populer menggunakan kata boikot untuk menunjukkan mengenai bentuk protes sekelompok orang terhadap sebuah isu, kebijakan, aturan, atau situasi tertentu dengan mencegah untuk tidak menggunakannya, berurusan, ataupun menolak semua kebijakannya.

Dengan kata lain, arti boikot sebenarnya merupakan bentuk penolakan terhadap sesuatu hal yang dinilai tidak sesuai, tidak adil, ataupun bermasalah. Namun apa arti boikot jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)?

Arti boikot sebenarnya dalam KBBI dimaknai dengan tolak kerja sama. Selain itu, dengan kata lain arti boikot dapat juga bermakna dengan bersepakat, bersekongkol menolak kerja sama. Penolakan kerja sama ini dapat terjadi dalam berbagai bidang mulai dari perdagangan, bisnis, aktivitas, partisipasi, pihak tertentu dan lain sebagainya. Contoh penerapan arti boikot yakni boikot produk X.

Arti boikot seperti contoh tersebut dapat diartikan sebagai tindakan untuk mencegah agar tidak menggunakan, membeli, atau menjual produk X. Inilah yang disebut dengan boikot yang dapat dilakukan oleh sekelompok orang, sekelompok organisasi, ataupun lembaga tertentu.

Arti boikot dapat juga diartikan sebagai bentuk protes dan penolakan terhadap suatu kejadian tertentu. Sedangkan, orang yang memboikot dikenal juga dengan sebutan pemboikot. Sehingga dampaknya dapat memunculkan apa yang disebut dengan pemboikotan yakni proses perbuatan boikot. Itulah arti boikot di KBBI yang perlu kalian ketahui.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Boikot dan Sinonimnya

Arti boikot adalah bentuk penolakan serta perwujudan dari protes terhadap sesuatu. Tujuan dari diadakannya boikot ini umumnya adalah memaksa agar suatu kebijakan atau aturan tertentu bisa dirubah. Namun selain arti boikot, kata ini memiliki beberapa sinonim atau persamaan kata. Adapun ulasan mengenai sinonim dari boikot dapat kalian simak sebagai berikut. Ini arti boikot dan sinonimnya yang perlu kalian ketahui.

- Menolak atau penolakan.

- Mencegah.

- Memblokir.

- Memotong.

- Menutup.

- Mengecualikan.

- Penjahat.

- Tidak setuju.

Itulah beberapa arti boikot dan sinonimnya yang perlu kalian ketahui. Sehingga dapat memudahkan kalian memahami penggunaan kata selain arti boikot.

3. Jenis-Jenis Boikot

Umumnya tindakan boikot berkaitan dengan berbagai bentuk perdagangan. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa jenis dari tindakan boikot yang bisa terjadi dalam berbagai bidang. Karena itulah di bawah ini ulasan mengenai jenis-jenis boikot yang perlu kalian ketahui.

- Boikot Konsumen: Arti boikot ini adalah tindakan boikot untuk mengimbau agar masyarakat umum tidak membeli atau menggunakan produk dari perusahaan tertentu. Sejumlah sumber menyebutkan kalau jenis boikot ini bisanya dilakukan oleh sekelompok aktivis sosial akibat dampak dari suatu kejadian, kebijakan, atau peristiwa tertentu yang dinilai tidak adil, tidak benar, ataupun bermasalah. Sehingga menimbulkan bentuk protes agar mencegah pembelian produk tertentu.

- Boikot Business to Business: Arti boikot ini adalah tindakan memboikot suatu bisnis tertentu dengan mengunggulkan bisnis lainnya. Dengan kata lain arti boikot ini adalah melindungi satu bisnis terhadap lainnya. Misalnya saja karena terjadi perang dagang antara negara A dan B, maka sekelompok orang dari negara A memboikot produk dagang dari negara B. Selain itu memberi hadiah bagi seseorang yang akan membeli produk dari negara A itu sendiri.

- Boikot Employee Walkout: Arti boikot ini adalah tindakan boikot yang dilakukan sekelompok karyawan atau buruh sebagai dampak aksi protes terhadap perusahaannya karena suatu kebijakan atau aturan yang diterbitkan dinilai tidak adil dan tidak sesuai. Misalnya saja boikot dengan cara mogok kerja.

Itulah beberapa jenis-jenis boikot yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami apa arti boikot beserta jenis-jenisnya.

4. Sejarah Berkembangnya Boikot

Munculnya istilah boikot ternyata memiliki sejarah tersendiri. Di mana istilah ini bermula dari seorang tokoh bernama Charles Cunningham Boycott. Melansir dari britannica.com, awalnya tindakan boikot ini merupakan bentuk protes para petani yang kala itu mendapatkan harga sewa yang tak sebanding dengan permintaan mereka. Pasalnya para petani ingin harga sewa diturunkan sebesar 25% namun hanya dikurangi 10% oleh pihak pengelola tanah pertanian di County Mayo yang managernya adalah Charles Cunningham Boycott.

Penurunan harga sewa ini dilakukan lantaran kala itu para petani mengalami gagal panen. Namun para petani yang tidak mau membayar justru diusir hingga membuat Charles mendapatkan berbagai penolakan dari penduduk di wilayah sekitar. Selanjutnya memunculkan aksi protes yakni seperti mogok kerja.

Selanjutnya di tahun 1950 hingga 1960-an istilah boikot juga populer digunakan di Amerika. Di mana istilah tersebut seringkali dipakai dalam gerakan untuk memperjuangkan hak-hak sipil Amerika. Istilah ini juga dipakai dalam berbagai bidang tidak hanya sektor bisnis saja melainkan juga bentuk protes terhadap suatu aturan ataupun kebijakan suatu negara dengan negara lainnya.

Itulah penjelasan mengenai arti boikot yang perlu kalian ketahui. Sehingga dapat memudahkan kalian dalam memahami makna dan arti boikot.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending