60 Kata-Kata Dewasa Bermakna Sebagai Bahan Renungan untuk Menjadi Pribadi Lebih Baik

Sabtu, 12 Juni 2021 11:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
60 Kata-Kata Dewasa Bermakna Sebagai Bahan Renungan untuk Menjadi Pribadi Lebih Baik
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Menjadi manusia dewasa memang bukan hal mudah. Apalagi, makna dewasa bagi setiap orang pun berbeda-beda. Hal tersebut membuat seseorang bingung dalam memahami patokan sebuah kedewasaan. Belum lagi dengan kata-kata dewasa bermakna yang sering dilontarkan banyak orang, membuat kalian makin sulit untuk mengikutinya.

Padahal sesungguhnya, kalian tak perlu mengikuti semua kata-kata dewasa bermakna tersebut. Kalian hanya perlu merenung dan menyadari perjalanan hidup kalian dari kecil hingga sekarang. Bercermin, kemudian bertanya apakah diri kalian sekarang ini sudah dewasa?

Kedewasaan sering kali ditandai dengan matangnya pola pikir dan keadilan dalam memandang sesuatu. Dengan begitu, kalian bisa lebih berani untuk menghadapi kehidupan dewasa yang tentunya berisi lebih banyak tantangan.

Jika kalian masih membutuhkan kata-kata motivasi untuk bahan renungan dan menemukan makna dewasa versi kalian sendiri, itu hal wajar. Kalian bisa menyimak kata-kata dewasa bermakna yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini sebagai pelajaran.

 

1. Kata-Kata Dewasa Bermakna

Kebingungan mengenai makna dewasa biasanya akan terasa jika kalian terhantam masalah yang sangat sulit dipecahkan. Pada momen seperti itu, kalian bisa istirahat sejenak, meluangkan waktu untuk belajar, dan membaca kata-kata dewasa bermakna berikut ini.

1. "Masa muda berakhir ketika egoisme berakhir; kedewasaan dimulai ketika seseorang hidup untuk orang lain." - Hermann Hesse

2. "Aku memang menjadi dewasa dengan mendadak karena kondisi. Jadi, kuputuskan untuk mengolah masalahku sendiri dengan dialog-dialog yang kubentangkan dengan diri sendiri." - Merry Riana

3. "Kedewasaan dilihat dari bagaimana seseorang mengelola rasa marahnya, bahkan kepada orang yang membuatnya begitu kecewa."

4. "Beranjak tua itu pasti, tetapi menjadi dewasa, bijaksana, dan berprestasi itu pilihan." - Bambang Pamungkas

5. "Sudah biasa menghadapi penyesalan dan sudah siap menghadapi penyesalan penyesalan berikutnya, yang Insyaallah mendewasakan."

6. "Kejadian besar selalu bisa membuat orang cepat dewasa. Mereka tidak bisa menghindar, tidak bisa melawan. Mereka hanya bisa memeluk semua kesedihan, memeluknya erat-erat." - Tere Liye

7. "Kedewasaan seseorang tidak diukur dalam cara berbicara dan tindakannya. Tapi, kedewasaan seseorang dapat diukur sampai sejauh mana dia bisa setia dan tulus hanya pada satu orang saja. Itulah arti kedewasaan dalam percintaan."

8. "Dewasa memang satu proses pertemuan (kadang pahit) dengan diri sendiri." - Goenawan Mohamad

9. "Aku yakin setiap masalah yang pernah terjadi memberikan kita kedewasaan yang lebih. Dari situ aku belajar bahwa kebersamaan itu penting."

10. "Dewasa adalah hanya anak-anak usang." - Dr. Seuss

11. "Cobaan, tekanan dan penderitaan adalah proses menuju mental tangguh dan dewasa, sebagai modal berjuang lagi, meraih hidup yang lebih berkualitas.Cobaan, tekanan dan penderitaan adalah proses menuju mental tangguh dan dewasa, sebagai modal berjuang lagi, meraih hidup yang lebih berkualitas." - Andrie Wongso

12. "Menjadi dewasa adalah kehilangan beberapa ilusi, untuk memperoleh yang lain." - Virginia Woolf

13. "Berhenti menyalahkan masa lalu, cobalah untuk menerimanya dan memahami bahwa itu hanya buatmu lebih kuat dan dewasa." - Nazril Irham

14. "Karena, yang menyenangkan dari menjadi orang dewasa adalah berbagi cerita dan pengalaman pada generasi muda." - Fiersa Besari

15. "Pada setiap awal pertumbuhan, katanya, semua hanya meniru. Setiap kita semasa kanak-kanak juga hanya meniru. Tetapi kanak-kanak itu pun akan dewasa, mempunyai perkembangan sendiri." - Pramoedya Ananta Toer

16. "Anda tumbuh dewasa pada hari Anda menertawakan diri Anda sendiri." - Ethel Barrymore

17. "Saat menjadi tua kita menjadi lebih bodoh dan lebih bijaksana." - François de La Rochefoucauld

18. "Kedewasaan: melakukan apa yang penting dan mengabaikan apa yang tidak penting." - Maxime Lagace

19. "Ketahuilah, kebahagiaan bukanlah milik mereka yang masih berharap, meski terus terluka serta masih berusaha, meski terus kecewa."

20. "Jangan memaksakan diri untuk bertahan yang terus-terusan membuatmu kecewa karena bisa jadi kamu sangat berharga bagi orang lain."

 

2. Kata-Kata Dewasa Bermakna Sebagai Bahan Renungan

Ketika kalian merasa kelelahan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang dewasa, kalian pun harus sadar untuk segera mengatasinya. Salah satu cara yang bisa kalian tempuh yaitu, merenungkan makna kehidupan yang kalian jalani melalui kata-kata dewasa bermakna seperti berikut ini.

21. "Tanda pertama kedewasaan adalah tidak bereaksi terhadap ketidakdewasaan orang lain." - D. Muthukrishnan

22. "Kedewasaan adalah saat kamu menjalani hidup dengan komitmen, bukan dengan perasaanmu." - Rick Warren

23. "Hidup tak pernah lepas dari masalah karena masalah adalah satu cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa."

24. "Kami tidak tumbuh dewasa dengan kisah Poseidon. Kami tumbuh dengan aturan dan logika. Kami memiliki kehidupan yang nyata dan normal di suatu tempat, dengan seorang ayah dan ibu yang mencintai dan membutuhkan kami. Kami harus kembali ke mereka." - Chris Columbus

25. "Pengetahuan diri adalah langkah pertama menuju kedewasaan." - Jane Austen

26. "Kedewasaan adalah kemampuan untuk menunda kepuasan." - Sigmund Freud

27. "Kita tidak menjadi dewasa karena usia, kita dewasa dalam kesadaran." - Byron Katie

28. "Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia sudah mulai bersikap dewasa."

29. "Kesepian itu menyakitkan ketika seseorang masih muda, tetapi menyenangkan ketika seseorang dewasa." - Albert Einstein

30. "Dewasa itu bukan berapa umurnya, tapi seberapa bisa ia mengontrol, mengendalikan, dan bertanggung jawab atas dirinya dan orang lain."

31. "Sikap dewasa atau kekanak-kanakan seseorang akan terlihat ketika dia sedang menghadapi suatu masalah, bukan dari tua atau mudanya usia."

32. "Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu kuat dalam menjalani kehidupan."

33. "Jangan pernah kamu menghina masa lalu seseorang karena kamu tidak tahu bagaimana masa depannya nanti."

34. "Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal."

35. "Permintaan maaf tidak selalu membuktikan kita salah, tapi itu menunjukkan kedewasaan kita."

36. "Waktu adalah jalan yang akan menuntun kita menjadi lebih dewasa."

37. "Terkadang Tuhan mengenalkan padamu orang yang membuatmu menangis agar engkau mensyukuri orang yang membuatmu tertawa."

38. "Aku hidup dalam kesendirian yang menyakitkan di masa muda, tetapi nikmat di tahun-tahun kedewasaan." - Albert Einstein

39. "Kedewasaan adalah kemampuan untuk menuai tanpa permintaan maaf dan tidak mengeluh ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik." - Jim Rohn

40. "Kadang kala seseorang menilai kedewasaan seseorang dari kata-kata yang keluar dari mulutnya, padahal dewasa sesungguhnya tersimpan di pikirannya."

 

3. Kata-Kata Dewasa Bermakna untuk Menjadi Pribadi Lebih Baik

Dewasa bukan berarti tidak melakukan kesalahan dalam perjalanan hidupnya. Hanya saja, diperlukan sikap yang tidak kekanak-kanakan untuk mengatasi kesalahan tersebut. Misalnya, segera minta maaf dan mencari media belajar seperti kata-kata dewasa bermakna untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

41. "Dewasa itu mengajarkan kita sesuatu yang benar dan tidak akan mengulangi hal-hal yang salah sebelumnya."

42. "Kedewasaan adalah saat semua cerminmu berubah menjadi jendela." - Henry David Thoreau

43. "Orang yang bijaksana berusaha untuk bebas dari rasa sakit, bukan kesenangan." - Aristoteles

44. "Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah dan teruslah melangkah."

45. "Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau buruknya."

46. "Lakukan sesuatu yang tidak enak sekarang untuk merasa nyaman di kemudian hari." - Shane Parrish

47. "Kedewasaan adalah keberanian untuk menggunakan kecerdasan sendiri." - Immanuel Kant

48. "Kedewasaan kadang mengajarkanmu bahwa hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan."

49. "Dewasa adalah saat kita disakiti orang lain, namun berusaha memahami situasi mereka, bukan malah membalasnya."

50. "Dibutuhkan kedewasaan untuk memahami pemikiran orang dewasa. Dan masalah adalah jalan untuk mendewasakan diri."

51. "Kedewasaan adalah proses mengabaikan ukuran kesuksesan orang lain untuk kamu sendiri. Tentunya tidak banyak orang yang tertarik melakukan hal ini." - Angela Jiang

52. "Kedewasaan adalah kemampuan untuk hidup dalam damai dengan apa yang tidak dapat kita ubah." - Ann Landers

53. "Tanda kedewasaan pribadi secara utuh jika kita berhasil menentukan pilihan berdasarkan iman dan cinta."

54. "Kualitas sebuah pembicaraan adalah tidak dinilai dari seberapa banyak kamu berbicara. Namun, seberapa banyak orang yang memahami apa yang kamu bicarakan."

55. "Jangan pernah membenci Tuhan karena tidak memenuhi apa yang kamu inginkan. Bersyukurlah kepada-Nya karena Dia mampu memberikan apa yang kamu butuhkan selama ini."

56. "Mendoakan orang yang mencintai dan mengasihimu, itu ketulusan. Mendoakan orang yang menyakiti dan membencimu, itu kedewasaan."

57. "Kedewasaan, caraku memahaminya, adalah mengetahui apa keterbatasan kamu." - Kurt Vonnegut

58. "Biarkan luka yang mendewasakanku. Biarkan perih yang melatih kesabaranku."

59. "Semakin aku tumbuh dewasa, semakin aku kurang mempedulikan apa yang orang katakan. Aku hanya memperhatikan apa yang mereka lakukan." - Andrew Carnegie

60. "Harus punya harga diri. Harga diri untuk menunjukkan bahwa kita sudah dewasa, tak membebani orang lain." -Silvarani

KLovers, itulah kata-kata dewasa bermakna yang bisa kalian baca dan jadikan bahan renungan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI