60 Kata-Kata Ketika Sakit, Ucapan Penuh Makna untuk Saling Menguatkan

Minggu, 11 Juli 2021 11:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
60 Kata-Kata Ketika Sakit, Ucapan Penuh Makna untuk Saling Menguatkan
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Musibah bisa datang kapan saja. Kebanyakan orang, biasanya akan sulit bersikap saat dihadapkan dengan berita duka. Padahal, jika merasa tak bisa memberi bantuan, kalian bisa mengucapkan kata-kata ketika sakit sebagai penguat.

Kata-kata ketika sakit bisa mendatangkan energi positif bagi orang terdekat atau bahkan diri kalian sendiri saat dihadapkan pada situasi yang kurang menyenangkan. Selain itu, bisa juga jadi doa berisi harapan-harapan baik agar sakit segera hilang.

Pada masa pandemi seperti ini, di mana kabar duka sering berdatangan, kata-kata ketika sakit ini bisa jadi obat untuk menenangkan jiwa. Paling tidak, bisa menimbulkan keyakinan bahwa masa sulit ini bisa segera berlalu.

 

1. Kata-Kata Ketika Sakit

Saat kalian sedang sakit, membaca kata-kata ketika sakit bisa menjadi salah satu kegiatan yang dipilih. Meski tak bisa menghilangkan rasa tak nyaman yang dirasakan, paling tidak kalian mendapatkan sesuatu yang bisa menguatkan seperti beberapa kutipan berikut ini.

1. "Dalam hidup ini ada saatnya kita terbaring, di mana merasakan keinginan untuk bangkit dengan nyata dan tidak hanya sekadar di dalam mimpi."

2. "Ketika aku berpikir bahwa hanya ada kata 'kuat' maka yang akan datang adalah kekuatan untuk segera sembuh."

3. "Terkadang Tuhan menggunakan rasa sakit untuk mengingatkan, mengoreksi, mengarahkan, dan menyempurnakan hidup kita."

4. "Apa pun sekarang ini yang aku rasakan, harus bisa melawan semua rasa sakit itu dan aku harus segera bangkit."

5. "Aku yakin rasa sakit ini hanyalah sementara dan semoga aku bisa mengambil hikmahnya."

6. "Aku akan berjuang apa pun demi kesembuhanku ini karena tidak ada yang penting bagiku selain keinginan untuk bangkit kembali."

7. "Rasa sakit ini memang menyedihkan, namun aku percaya bahwa ini hanyalah sementara."

8. "Bersyukurlah ketika jiwa dan raga kita mendapatkan kesehatan, ikhlas dan bersabarlah ketika diri kita mendapatkan cobaan."

9. "Kekhawatiran tidak membuatmu sedih esok hari, tapi bisa melemahkanmu hari ini."

10. "Kesembuhan memang butuh waktu dan kerja keras, tapi kamu tidak sendiri. Kami selalu memikirkanmu dan berdoa untuk kesembuhanmu."

11. "Kesembuhanmu tergantung dari mood, jadi selalu berpikir positif ya."

12. "Menjadi sakit itu terasa sangat nggak adil, tetapi kamu harus tahu berapa banyak orang di luar sana yang memikirkanmu dan mengirimkan doa buatmu."

13. "Sabar, jangan menyerah, dan terus lawan penyakit itu. Tidak lama lagi kamu akan melihat ke belakang dan bilang, 'semuanya sudah kulalui'. Aku tahu kamu pasti bisa, karena kamu kuat."

14. "Sakit ini bukan penghalang untukmu. Kamu harus percaya bisa melewati semuanya ya."

15. "Semua cobaan akan berlalu jika kita selalu bersabar."

16. "Semua orang berjuang untuk melawan sesuatu. Nah, kamu sedang melawan sakit, jadi bersemangatlah!"

17. "Percayalah bahwa setiap penyakit selalu ada obatnya. Kamu hanya perlu berpikir positif dan bangkit dari keputusasaan."

18. "Setiap hari aku memikirkan keadaanmu, aku sangat khawatir, cepatlah sembuh, aku tahu kamu kuat."

19. "Orang yang sehat, memiliki ribuan keinginan, orang yang sakit hanya memiliki satu keinginan yaitu sembuh."

20. "Aku punya banyak alasan untuk menyerah padamu dan pergi begitu saja. Tetapi aku memilih untuk tetap tinggal. Kamu punya banyak alasan untuk tetap tinggal, tetapi kamu memutuskan untuk menyerah dan pergi."

 

2. Kata-Kata Ketika Sakit Penuh Makna

Kehidupan berisi banyak rasa tak tak semuanya menyenangkan. Oleh karena itu, wajar saja jika terkadang kalian mengalami sakit entah itu fisik atau perasaan. Namun, kalian bisa memilih untuk memaknainya sebagai sesuatu yang positif. Cara pandang seperti itu memang tak mudah dilakukan, tapi kalian bisa mempelajarinya lewat kata-kata ketika sakit berikut ini.

21. "Hidup bukanlah tentang menunggu badai berlalu, ini tentang belajar menari di tengah hujan.

22. "Jika seseorang memutuskanmu, itu adalah kesempatan untuk mengubah dirimu; akan lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya."

23. "Engkau tidak bisa memulai bab selanjutnya dalam hidup, jika engkau terus membaca kembali halaman sebelumnya."

24. "Bernafas itu sulit. Ketika engkau sangat menangis, itu membuatmu menyadari bahwa bernafas itu sulit."

25. "Akan ada saatnya kau membiarkan seseorang pergi dari hidupmu, meski kau tahu kehilangan dirinya bukanlah perihal mudah untuk dilalui."

26. "Mengingatmu membangkitkan pusara kesedihan, membuat tetes demi tetes air mata jatuh dan begitu menyesakkan dada."

27. "Cinta itu buta, tetapi hati yang hancur melihat segalanya."

28. "Jangan buang waktumu untuk melihat kembali apa yang telah hilang. Maju terus, hidup tidak dimaksudkan untuk berjalan mundur."

29. "Tidak peduli seberapa baik diri Anda, Anda pasti tidak akan pernah cukup baik untuk orang yang tidak siap memegang komitmennya."

30. "Kesedihan adalah pendidik terbaik kita. Seorang pria bisa melihat lebih jauh melalui air mata daripada teleskop."

31. "Jika penantian ini tak berujung, maka namamu akan tetap kusanjung, meskipun hanya dengannya engkau bernaung."

32. "Dalam interval waktu ini, aku mungkin menyesal telah mencintaimu. Tapi untukmu, engkau akan menyesal telah kehilangan diriku sepanjang hidupmu."

33. "Dari setiap detak jantungku, yang kuingat hanya namamu, meski kamu bukan milikku."

34. "Waktu tidak menyembuhkan semua luka; hanya jarak yang bisa mengurangi sengatannya."

35. "Aku akan meresapi semua makna di balik kenangan pahit yang kau berikan itu, dan akan kujadikan pelajaran untuk menuju masa depan yang lebih baik."

36. "Dengar, sudah waktunya untuk berhenti menjernihkan kepalamu. Yang perlu sekarang dilakukan adalah membersihkan hatimu dari puing-puing masa lalu."

37. "Akhir dari cinta bukanlah akhir dari kehidupan, itu akan menjadi awal dari pemahaman bahwa cinta pergi karena suatu alasan, tetapi juga pergi dengan pelajaran."

38. "Hati yang terluka tidak bisa disembuhkan sekaligus. Itu lebih buruk lagi jika luka yang datang berasal dari seseorang yang engkau cintai."

39. "Terkadang aku berharap aku tak pernah bertemu denganmu. Karena dengan begitu aku bisa tidur nyenyak di malam hari tanpa tahu ada orang sepertimu di luar sana."

3. Kata-Kata Ketika Sakit Islami untuk Menguatkan Sesama

Berita duka bisa datang kapan saja, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Jika orang di sekitar kalian dinyatakan positif covid-19 atau sedang menderita penyakit lain, alangkah baik jika kalian berusaha menguatkannya melalui kata-kata ketika sakit berikut ini.

40. "Tidak ada satu musibah yang menimpa setiap muslim, baik rasa capek, sakit, bingung, sedih, gangguan orang lain, resah yang mendalam, sampai duri yang menancap di badannya, kecuali Allah jadikan hal itu sebagai sebab pengampunan dosa-dosanya." - (HR. Bukhari dan Muslim)

41. "Kesehatan adalah mahkota yang dipakai orang sehat, tetapi hanya orang sakit yang dapat melihatnya." - Imam Syafi'i

42. "Untuk setiap rasa sakit yang kau rasakan di dunia ini, ada balasan pahala untuk itu di akhirat kelak."

43. "Seorang pria tidak akan pernah takut akan sesuatu selain Allah kecuali itu disebabkan oleh adanya penyakit di hatinya."  - Ibnu Taimiyah

44. "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya." - (HR. Abu Dawud)

45. "Penyakit hati itu lebih buruk daripada penyakit fisik." - Ali bin Abi Thalib

46. "Tidaklah seorang muslim laki-laki ataupun perempuan atau mukmin laki-laki ataupun mukmin perempuan yang terkena penyakit kecuali Allah menghapus kesalahannya." - HR. Ahmad)

47. "Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan, yang ada hanyalah kurangnya kemauan. Tidak ada herbal yang tidak berharga, yang ada hanyalah kurangnya pengetahuan." - Ibnu Sina

48. "Sesungguhnya sakit seorang mukmin menghilangkan dosa-dosanya sebagaimana api menghilangkan kotoran emas dan perak." - (HR. Abu Dawud)

49. "Tidaklah Allah menurunkan satu penyakit melainkan Allah telah menurunkan untuknya obat penyembuh." - (HR.Bukhari)

50. "Orang-orang sudah menunggumu pulang. Suasana di rumah sakit pasti membuatmu penat, jadi cepatlah sembuh, semoga Allah SWT senantiasa memberimu kekuatan, amin"

51. "Percayalah bahwa setiap penyakit selalu ada obatnya. Allah SWT tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya. Kamu hanya perlu berpikir positif dan bangkit dari keputusasaan."

52. "Aku yakin kamu baik-baik saja. Segeralah pulih, aku tak sabar ingin membawamu kembali pulang. Allah bersama kamu"

53. "Mungkin ini adalah cara Allah SWT membersihkan dosa-dosamu. Sabarlah sebentar lagi, kamu akan segera sembuh."

54. "Apa yang kau rasakan sekarang? Aku benar-benar tak bisa melihatmu sakit. Cepatlah sembuh."

55. "Aku harap kamu menemukan kekuatan setiap hari. Semoga cepat sembuh ya."

56. "Aku menyadari betapa kita semua sangat membutuhkanmu. Jadi, cepat sembuh ya."

57. "Hal terpenting adalah jangan pernah putus asa. Aku selalu berdoa, dekatkan diri pada sang pencipta Allah SWT! Semoga cepat sembuh."

58. "Hal yang berat biasa dialami oleh orang-orang biasa untuk satu tujuan yang luar biasa."

59. "Ingatlah suatu hari, tidak lama lagi, kamu akan benar-benar sehat dan tersenyum kembali, Allah tidak akan ingkar janji jika kamu mau terus berusaha."

60. "Janganlah kamu takut dengan rasa sakit, sebab dengan semangatmu itu akan hilang. Aku akan menemanimu dan merawatmu sampai kamu pulih dan sembuh, lekas pulih ya."

KLovers, sejumlah kata-kata ketika sakit di atas bisa kalian gunakan sebagai penyemangat saat kalian atau orang terdekat tertimpa musibah berupa rasa sakit.

(Sumber: Merdeka.com, Bola.com)

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI