60 Kata-Kata Tentang Kematian yang Penuh Makna, Jadi Pengingat Terbaik Kehidupan Akhirat

Sabtu, 13 Februari 2021 10:44 Penulis: Dhia Amira
60 Kata-Kata Tentang Kematian yang Penuh Makna, Jadi Pengingat Terbaik Kehidupan Akhirat
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Tak ada yang bisa menghindari sebuah kehidupan, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya di dunia ini. Dalam setiap agama juga sering diingatkan tentang adanya kematian. Sehingga tidak heran bila banyak sekali kata-kata tentang kematian yang penuh makna, untuk mengingatkan kita bahwa tak ada kehidupan yang abadi di dunia ini.

Perlu disadari bahwa kehidupan di akhirat adalah abadi. Pada hakikatnya, makin hari kita makin menjauh dari alam dunia untuk menuju alam akhirat. Keyakinan ini harus ditanamkan sejak dini agar manusia bisa menyiapkan kehidupannya dengan baik di akhirat kelak. Untuk mengingat akan kematian, sepertinya kita perlu banyak meresapi kata-kata tentang tentang kematian.

Kata-kata penuh makna tentang tentang kematian ini bisa menjadi pengingat sederhana yang mengharapkan kita untuk menyiapkan bekal saat menghadap Sang Pencipta. Untuk kalian yang sedang mencari kata-kata tentang kematian, maka berikut ini 60 kata-kata tentang kematian yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kata-Kata Tentang Kematian yang Penuh Makna

Inilah kata-kata tentang kematian yang penuh makna dan bisa menjadi pengingat terbaik untuk kehidupan akhirat. Berikut ini beberapa kata-kata tentang kematian tersebut:

  1. "Bagi dunia. Kamu mungkin adalah seorang miliarder, selebritas atau tokoh penting. Tapi, bagi Malaikat Maut, Kamu tidak lain hanyalah sebuah nama yang sudah ada dalam daftar."
  2. "Mungkin hari ini kita masih di sini, tapi besok belum tentu. Maka jalanilah hidup ini dengan benar."
  3. "Semua orang pasti akan kembali kepada Allah ketika mati, tapi yang berbahagia adalah orang yang dekat dengan Allah semasa hidupnya." - Sayyid Qutb
  4. "Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu." - Imam Syafi'i
  5. "Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walau sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita." - Ali Mustafa Tanthowi
  6. "Demi Allah, seandainya jenazah yang kalian tangisi bisa berbicara sekejap lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut dan mulai menangisi diri kalian sendiri." - Imam Al Ghazali
  7. "Ingatlah kematian dalam salatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam salatnya, maka ia akan memperbagus salatnya." - HR. Ad Dailami
  8. "Tidak ada jaminan sama sekali dalam hidup ini. Tapi kematianlah yang benar-benar menjamin segalanya. Tapi, mengapa kita masih saja terlalu sibuk memperhatikan hidup daripada kematian?" - Mufti Ismail Menk
  9. "Bukankah kematian terlahir dari kehidupan dan bukankah kematian itu sendiri hidup?"
  10. "Hidup bukan cuma urusan bernapas. Jadi pergunakanlah sebaik-baiknya".
  11. "Kematian satu orang adalah tragedi, kematian jutaan orang adalah statistik." - Joseph Stalin
  12. "Kematian adalah yang terakhir dalam waktu tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan." - Mohammad Hatta
  13. "Aku tak kan menyia-nyiakan hidupku untuk memikirkan bagaimana cara untuk memperpanjangnya."
  14. "Cinta dan kematian adalah dua hal yang pasti akan dihadapi oleh setiap insan, oleh karenanya jangan pernah takut untuk menghadapinya."
  15. "Ya Allah. Jadikanlah kalimat terakhir yang terucap dariku adalah La Ilaha illallah Muhammadur Rasulullah."

2. Kata-Kata Tentang Kematian yang Penuh Makna

Inilah kata-kata tentang kematian yang penuh makna dan bisa menjadi pengingat terbaik untuk kehidupan akhirat. Berikut ini beberapa kata-kata tentang kematian tersebut:

  1. "Setiap jiwa manusia akan kembali kepada Allah ketika sudah mati dan beruntunglah buat mereka yang dekat dengan Allah sepanjang hidupnya."
  2. "Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuniny." - Ibn al-Qayyim
  3. "Semua orang pasti akan kembali kepada Allah ketika mati, tapi yang berbahagia adalah orang yang dekat dengan Allah semasa hidupnya." - Sayyid Qutb
  4. "Harapan adalah sebuah kehidupan di mana orang yang hidup tanpa harapan adalah orang orang yang lebih dahulu mati daripada kematian itu."
  5. "Bagi dunia, kamu mungkin seorang miliarder, selebritas atau tokoh penting. Tapi, bagi malaikat maut, kamu tidak lain hanyalah sebuah nama yang sudah ada dalam daftar."
  6. "Cinta dan kematian ialah dua hal yang pasti akan dihadapi oleh setiap manusia, oleh karenanya jangan pernah takut untuk menghadapinya dan persiapkan amal terbaik."
  7. "Hidup di dunia tidak ada jaminan sama sekali, namun kematianlah yang betul-betul menjamin segalanya kita menjadi jaminan. Tapi, mengapa banyak orang belum menyadari kematian."
  8. "Di mana pun engkau berada, kematian pasti akan mendatangi, walau kamu berlindung di dalam lautan maupun gua, pasti tetap akan mengalami kematian."
  9. "Setelah kematian tiba, hancurlah segala harta yang kita miliki di dunia ini. Hanyalah amal kebaikan yang dapat dibanggakan nanti."
  10. "Mungkin hari ini kita masih di sini, tapi besok belum tentu. Maka jalanilah hidup ini dengan benar."
  11. "Ya Allah, jadikanlah kalimat terakhir yang terucap dariku adalah La Ilaha illallah Muhammadur Rasulullah."
  12. "Kematian bisa datang kapan pun, maka agar bisa meninggal sebagai seorang muslim, kamu juga harus selalu menjalani hidup setiap saat sebagai seorang muslim. Tidak ada waktu untuk nanti."
  13. "Kuburan penuh dengan orang-orang yang dahulu berpikir bahwa mereka akan mengamalkan Islam saat mereka tua. Usia tua tidak dijanjikan kepada siapapun."
  14. "Kehidupan tanpa para sahabat seperti kematian tanpa para saksi."
  15. "Lebih banyak orang menghadapi kematian di atas tempat tidur daripada orang yang mati di atas pesawat. Tetapi, kenapa lebih banyak orang yang takut mati ketika menaiki pesawat daripada orang yang takut menaiki tempat tidur." - Buya Hamka

3. Kata-Kata Tentang Kematian yang Penuh Makna

Inilah kata-kata tentang kematian yang penuh makna dan bisa menjadi pengingat terbaik untuk kehidupan akhirat. Berikut ini beberapa kata-kata tentang kematian tersebut:

  1. "Hidup dan mati ada dalam genggaman Illahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalaupun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan." - Pangeran Diponegoro
  2. "Sesungguhnya kita semua hanyalah milik Allah dan barang maupun harta itu hanyalah titipan dan kepada-Nya lah tempat kembali."
  3. "Hari ini dunia menjadi sebuah kenyataan, akhirat hanyalah cerita. Namun, setelah kematian, dunia hanya cerita dan akhiratlah yang menjadi kenyataan."
  4. "Tidak ada yang lebih penting dalam kehidupan ini, kecuali mempersiapkan amal kebaikan, amal saleh dan ibadah pasti akan bersedih hati ketika mengingat kematian."
  5. "Dalam pengabdian memberi rasa aman, polisi menabung risiko kematian." - Najwa Shihab
  6. "Kita tidak pernah tahu kapan kematian akan menjemput kita, namun yang pasti kita tahu berapa banyak bekal yang kita miliki untuk menghadapNya."
  7. "Sebagian besar orang menganggap kematian masih jauh, jauh sekali. Namun, ketahuilah, saat hari itu tiba, maka sudah terlambat untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini."
  8. "Orang bilang berpikir tentang kematian adalah tanda depresi. Saya seorang muslim, dan bagi saya, mengingat mati itu adalah sebuah inspirasi."
  9. "Hidup ini seperti buku. Cover depan adalah tanggal lahir, cover belakang adalah tanggal kematian. Tiap lembar adalah hari-hari dalam hidup kita."
  10. "Kematian adalah jembatan yang menghubungkan orang yang mencintai dengan yang dicintainya." - Jalaluddin Rumi
  11. "Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup."
  12. "Bertobatlah sebelum terlambat, bukan nunggu sampai tua maupun menunda-nundanya."
  13. "Perbanyaklah amal kebaikan sebelum kematian menjemput, bukan sediakan payung sebelum hujan."
  14. "Manusia memang aneh. Dia berlari ke arah dunia yang tidak dapat dia tangkap dan melarikan diri dari kematian yang takkan pernah bisa dia hindari."
  15. "Hanya karena kamu masih muda dan sehat bukan berarti kematian tidak akan datang kepadamu karena kematian tidak memandang usia."

4. Kata-Kata Tentang Kematian yang Penuh Makna

Inilah kata-kata tentang kematian yang penuh makna dan bisa menjadi pengingat terbaik untuk kehidupan akhirat. Berikut ini beberapa kata-kata tentang kematian tersebut:

  1. "Sebagian besar orang menganggap kematian masih jauh, jauh sekali. Namun ketahuilah saat hari itu tiba, maka sudah terlambat untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini."
  2. "Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu." - Nelson Mandela
  3. "Mati tanpa cinta adalah kematian terburuk dari segala kematian." - Jalaluddin Rumi
  4. "Setiap jiwa pasti akan merasakan yang namanya kematian." (Q.S Ali Imran: 185)
  5. "Di mana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meski kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kukuh." - (Q.S An-Nisa': 78)
  6. "Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kita semua pasti akan kembali." (Q.S Al-Baqarah: 156)
  7. "Menyia-nyiakan waktu itu jauh lebih berbahaya daripada kematian; karena menyia-nyiakan waktu itu akan memutuskan seseorang dari Allah dan hari akhirat, sementara kematian hanyalah memutuskan seseorang dari kehidupan dunia dan penghuninya." - Ibn al-Qayyim
  8. "Orang bilang berpikir tentang kematian adalah tanda depresi. Saya seorang muslim, dan bagi saya, mengingat mati itu adalah sebuah inspirasi."
  9. "Cinta adalah sebuah racun yang mematikan yang dipatukan ular hitam berbisa, dengan gerak pelan sekali dari gua-gua neraka. Racun tampak segar laksana embun. Jiwa-jiwa kehausan melahapnya dengan tidak sabar, namun setelah itu jiwa-jiwa itu akan keracunan, sakit dan mati. Kematian yang perlahan-lahan." - Khalil Gibran
  10. "Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." (Q.S Al-A’raf: 162)
  11. "Jangan melulu pusing mikirin jodoh karena kita lebih pasti berjodoh dengan kematian."
  12. "Jodoh itu misteri, namun kematian itu pasti. Jangan terlalu sibuk mempersiapkan diri untuk pujaan hati, tapi malah lupa mempersiapkan diri untuk mati."
  13. "Terlalu serius kau menanti, menunggu hadirnya pujaan hati, hingga terlupa persiapan mati, padahal ia datangnya lebih pasti."
  14. "Kematian tidaklah menunggu kita bertobat, tapi kitalah yang menunggu kematian dengan bertobat."
  15. "Mungkin hari ini, jam ini dan detik ini kita masih bertemu serta dalam keadaan sehat di sini. Namun, besok belum tentu kita masih hidup."
Itulah 60 kata-kata tentang kematian yang bijak dan penuh dengan makna mendalam. Semoga kata-kata tentang kematian di atas dapat memberikan kita kesadaran untuk menyiapkan bekal terbaik di akhirat kelah. Dan semoga kita menyadari bahwa tak ada yang abadi di dunia ini.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI