105 Kata-Kata untuk Keluarga Penuh Makna dan Menyentuh Hati, Bikin Makin Harmonis

Senin, 16 Agustus 2021 10:19
105 Kata-Kata untuk Keluarga Penuh Makna dan Menyentuh Hati, Bikin Makin Harmonis
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Keluarga jadi satu bagian penting dalam kehidupan seseorang. Pasalnya, dari keluarga seseorang pertama kali bisa merasakan cinta kasih yang tulus. Keluarga juga jadi tempat pertama kali seseorang belajar makna kehidupan. Hidup bersama keluarga yang harmonis jadi sebuah nikmat yang patut disyukuri. Kata-kata untuk keluarga bisa jadi satu ungkapan syukur atas nikmat yang tak terkira tersebut.

Kehangatan bersama keluarga jadi hal yang akan selalu dirindukan, terlebih bagi seseorang yang tinggal di perantauan. Apalagi di saat merasa lelah dan susah, hanya keluarga yang bisa jadi tempat paling nyaman untuk melepas penat dan menenangkan diri. Tak salah, jika kemudian banyak yang meletakkan kebahagiaan keluarganya di atas segala-galanya.

Di kala susah dan senang, keluarga akan selalu ada untuk memberikan dukungan terbaiknya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata untuk keluarga yang menyentuh dan penuh makna, bisa jadi ucapan terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan.

 

1. Kata-Kata untuk Keluarga Harmonis

Setiap orang tentu ingin punya keluarga yang harmonis, rukun, dan bahagia. Pasalnya, keluarga bahagia dan harmonis mampu menjadi tempat ternyaman di dunia ini. Berikut kata-kata untuk keluarga yang bahagia dan harmonis.

1. "Kebersamaan dengan keluarga moment penting dalam menggapai rumah tangga bahagia."

2. "Kebersamaan keluarga menjadi sempurna, manakala senyuman tiap orang di dalamnya penuh dengan keikhlasan dan saling menyayangi."

3. "Hari terindah adalah selalu ada waktu untuk keluarga."

4. "Bukan kemewahan, keluarga yang utuh jauh lebih membahagiakan."

5. "Kesenangan bermula dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat, terutama keluarga."

6. "Sesibuk apapun, sejauh apapun pergi, keluarga merupakan tempat pulang. Uang dan popularitas tak mampu membayar kebersamaan dengan keluarga."

7. "Bersama keluarga, selalu saja terasa ramai dan damai, menyenangkan dan menenangkan."

8. "Kehangatan dalam keluarga tidak diukur dari ukuran luas rumahnya, tapi luasnya kebahagiaan yang menempati."

9. "Keluarga yang baik dibangun dengan cinta, dimulai dengan kasih sayang, dan dipelihara dengan kesetiaan."

10. "Bahagia itu sederhana. Saat melihat keluarga masih diberi kesehatan dan masih bisa berkumpul bersama mereka."

11. "Keharmonisan keluarga terletak pada sikap tanggung jawab dan terbangunnya komunikasi yang sehat di antara ahli keluarga."

12. "Ketika kamu benar-benar peduli pada keluarga, maka kebahagiaan mereka lebih penting daripada kebahagiaanmu."

13. "Kesederhanaan dalam keluarga adalah sumber kedamaian dalam hidup."

 

2. Kata-Kata untuk Keluarga Menyentuh

Keluarga jadi lingkaran terkecil dalam kehidupan seseorang. Keluarga jadi tempat pertama untuk berbagi perhatian cinta kasih. Oleh sebab itu, segala hal tentang keluarga terasa begitu menyentuh dan bermakna di hati. Berikut kata-kata untuk keluarga yang mampu menyentuh hati terdalam.

14. "Pulang adalah kata terindah untuk mereka yang sudah berhasil menemukan jalan pulang."

15. "Bahagiakan dahulu keluarga kita, sebelum membahagiakan orang lain."

16. "Bisa membuat keluarga bahagia adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup ini."

17. "Bahagia itu sederhana. Melihat keluarga masih diberi kesehatan dan masih bisa berkumpul bersama mereka."

18. "Tunjukkan senyum di hadapan orang banyak, tangis di hadapan sahabat, pengorbanan di hadapan keluarga, rasa bersyukur di hadapan Tuhan."

19. "Jangan pernah menyerah. Apalagi untuk keluarga. Selalu ada jalan selama itu berusaha dan berdoa."

20. "Zaman memang sudah berubah tapi manusia tetap sama. Kita tetap butuh cinta, kebahagiaan, dan kehangatan sebuah keluarga."

21. "Cintai keluarga, karena keluarga adalah kesatuan jiwa yang penuh dengan rasa saling menyayangi, saling mempercayai dan saling memahami."

22. "Lebih baik hidup sederhana tapi bermakna, daripada hidup mewah tapi mengorbankan cinta keluarga."

23. "Untuk apa memiliki keluarga banyak kalau hanya yang dicari itu harta tahta, bukan kebersamaan bersama."

24. "Liburan terbaik bukanlah soal kemewahan, tetapi soal kebersamaan di tengah keluarga tercinta."

25. "Banyak yang sibuk mengejar harta hingga melupakan keluarga. Padahal tanpa kita sadari keluarga ialah harta yang tak ternilai, indahnya kebersamaan."

26. "Sukses itu tak selamanya berkenaan dengan materi, namun yang terpenting adalah bermanfaatnya kita bagi orang lain, terutama keluarga."

27. "Keluarga adalah ikatan jiwa yang penuh kasih, saling mempercayai dan saling memahami. Tak ada yang lebih penting selain menjaga keluarga."

28. "Karena mereka bilang rumah adalah tempat hatimu berada, tempat Anda tuju saat Anda sendiri, tempat Anda pergi untuk mengistirahatkan tulang Anda. Bukan hanya tempat di mana Anda meletakkan kepala, bukan hanya tempat Anda merapikan tempat tidur. Selama kita bersama, apakah penting ke mana kita pergi?" - Gabrielle Aplin

 

3. Kata-Kata untuk Keluarga Bijak

Tak sekadar jadi tempat berbagi dan saling menyayangi, keluarga juga ibarat sekolah pertama bagi seorang anak. Dari keluarga, seorang anak bisa belajar banyak hal hingga kemudian tumbuh dewasa dengan kebijaksanaan. Berikut kata-kata untuk keluarga dengan pesan bijaksana.

29. "Tak peduli dimana pun kita berada, keluarga tetap selalu mendoakan untuk kebaikan agar kita dijauhkan dari keburukan."

30. "Jika kita ikhlas dalam berupaya untuk kebahagiaan hidup keluarga. Tuhan akan memudahkan dan menunjukan jalan."

31. "Surga yang nyata saat ini yang bisa kita rasakan adalah rumah kita yang dipenuhi kehangatan dari keluarga kita."

32. "Satu-satunya hal yang tidak bisa didaur ulang ialah waktu yang terbuang sia-sia tanpa adanya keluarga."

33. "Aku bersyukur oleh karena keluarga yang Kau berikan ini, meski bukan sebuah kerajaan, setidaknya gubuk ini penuh dengan kebahagiaan."

34. "Keluarga akan selalu berada di dekatmu hingga kamu bisa bergerak berhasil ataupun terjatuh, karena memang mereka selalu mencintaimu apa adanya."

35. "Jangan pernah merasa sendiri ketika ditinggalkan. Karena kamu masih memiliki sahabat, dan keluarga yang akan selalu ada."

36. "Tuhan, terima kasih Engkau telah memberi kami rezeki yang luas, halal dan baik serta tidak memberatkan bagi keluarga kami."

37. "Tidak ada keraguan bahwa berada di sekitar keluarga dan rumah dengan semua kebajikan terbesar, kebajikan manusia yang paling mendominasi, diciptakan, diperkuat dan dipelihara."

38. "Ketegasan untuk menghentikan kebiasaan buruk, sangat ditentukan oleh besarnya cinta kita kepada keluarga."

39. "Jika kita ikhlas dalam berupaya untuk kebahagiaan kehidupan keluarga, Tuhan akan memudahkan dan menunjukkan jalan."

40. "Kedamaian adalah keindahan hidup. Itu adalah sinar matahari. Itu adalah senyuman seorang anak, cinta seorang ibu, kegembiraan seorang ayah, kebersamaan sebuah keluarga. Itu adalah kemajuan manusia, kemenangan sebab yang adil, kemenangan kebenaran." - Menacheim Begin

 

4. Kata-Kata untuk Keluarga Penuh Makna

Segala hal tentang keluarga akan terasa begitu berharga dan bermakna.Oleh karena itu, hanya kata-kata penuh makna yang bisa menggambarkan keindahan dan kehangatan keluarga. Berikut kata-kata untuk keluarga yang punya makna mendalam.

41. "Hal-hal lain mungkin mengubah kita, tapi kita mulai dan berakhir dengan keluarga." - Anthony Brandt

42. "Keluarga adalah tempat pertama dan terakhir untuk kita berbagi."

43. "Percayalah, keluarga adalah tempat terbaik untuk berbagi."

44. "Puisi yang paling indah adalah keluarga."

45. "Keluarga ialah, anugerah dari keindahan yang ada di semesta."

46. "Mencintai keluarga menjadi amanah untuk setiap insan manusia."

47. "Ohana artinya keluarga. Keluarga artinya tak ada orang yang ditinggal atau dilupakan." - Lilo and Stitch

48. "Keluarga adalah salah hal terpenting yang kita miliki, yang tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan."

49. "Keluarga adalah tempat terbaik bagi kita untuk belajar tentang sebuah pengorbanan."

50. "Keluarga ialah sahabat yang selalu ada di samping untuk kita pada keadaan yang paling amat sangat buruk sekali pun."

51. "Bekerja keras dan pantang menyerah saat muda adalah investasi kebahagiaan bagi keluarga di hari tua kita nanti."

52. "Setiap orang membutuhkan rumah untuk ditinggali, tetapi keluarga yang suportiflah yang membangun rumah." - Anthony Liccione

53. "Keluarga adalah satu-satunya tempat kita belajar arti kebahagiaan dalam kebersamaan."

54. "Keluarga adalah tempat terbaik untuk kita belajar tentang sebuah pengorbanan."

55. "Keluarga adalah rasa bahagia yang tak akan sirna, tempat yang nyaman untuk berbagi canda tawa dan suasana terbaik yang pernah ada."

56. "Keluarga adalah salah hal terpenting yang kita miliki, yang tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan."

57. "Keluarga adalah harta yang tak perlu kamu cari, karena keluarga akan selalu ada untukmu. Lindungi dan sayangi keluargamu!"

58. "Keluarga adalah jaket pelampung di tengah lautan badai kehidupan." - J.K Rowling

59. "Keluarga adalah kompas yang membimbing kita. Mereka adalah inspirasi untuk mencapai ketinggian yang luar biasa dan kenyamanan saat kita sesekali goyah."

60. "Keluarga adalah hadiah unik yang perlu dihargai dan disimpan, bahkan ketika membuat Anda gila. Walau mereka membuat Anda marah, mengganggu, mengerecoki, mengutuk, dan mencoba untuk mengendalikan Anda, inilah orang-orang yang paling mengenal Anda dan yang mencintai Anda." - Jenna Morasca

 

5. Kata-Kata untuk Keluarga Sederhana

Keluarga mengajarkan banuyak hal dalam hidup, salah satunya tentang kesederhanaan. Saat bersama keluarga kita bisa merasakan ketenangan yang tiada tara. Pada saat itulah, kita tersadar bahwa kebahagiaan tak terpancang pada harta benda. Berikut kata-kata untuk keluarga yang sederhana tapi bahagia.

61. "Bahagia itu sederhana; istirahat sejenak dari aktivitas sahari-hari, lalu berkumpul meluangkan waktu bersama keluarga."

62. "Bahagia itu sederhana, saat kita bisa melihat senyuman orang tua."

63. "Bahagia itu sederhana, sesederhana hari-hari yang kita lalui bersama dilingkupi tawa yang terbalut dalam rasa semesta, cinta."

64. "Tidak masalah seberapa besar rumah kita, yang penting bahwa ada cinta di dalamnya."

65. "Banyak yang sibuk mengejar harta hingga melupakan keluarga. Padahal tanpa kita sadari, keluarga ialah harta yang tak ternilai, indahnya kebersamaan."

66. "Kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mampu membelinya. Yaitu orang-orang yang peduli pada kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekatnya."

67. "Nikmatilah kebersamaan ini sebelum semuanya hanya menjadi sebuah kenangan."

68. "Banyak yang sibuk mengejar harta hingga melupakan keluarga. Padahal tanpa kita sadari, keluarga ialah harta yang tak ternilai, indahnya kebersamaan.

69. Kebersamaan membuat kita bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien."

70. "Kebersamaan adalah memahami. Maka yang tak sabar mendengar dan mengerti, harus sabar dengan sepi dan sendiri."

71. "Kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik."

72. "Kebersamaan dengan keluarga akan membuatmu bahagia. Maksimalkan moment dengan keluargamu sebaik-baiknya."

73. "Keluarga adalah satu-satunya tempat kita belajar tentang arti sebuah kebersamaan."

74. "Sesibuk apa pun kamu, sejauh apa pun kamu pergi, keluarga merupakan tempat pulang. Uang dan popularitas tak mampu membayar kebersamaan dengan keluarga."

75. "Jangan pernah melupakan orang-orang yang sudah membantu saat kita sedang mengalami masalah yang besar. Mereka itu ialah keluarga."

6. Kata-Kata untuk Keluarga Islami

Dalam agama Islam, keluarga dipandang sebagai suatu hal yang berharga. Karenanya, setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa berbakti pada orangtua dan juga keluarga. Berikut kata-kata untuk keluarga yang bernuansa islami.

76. "Keluarga, sebuah nikmat yang sangat indah yang Allah tahu bahwa kamu butuh itu."

77. "Memiliki sebuah tempat untuk dituju, itu adalah rumah. Memiliki seseorang yang dicintai, itu adalah keluarga. Memiliki keduanya, itu adalah sebuah anugerah."

78. "Kamu tidak bisa memilih keluargamu. Mereka adalah hadiah Tuhan untukmu, seperti kamu juga hadiah untuk mereka."

79. "Mencitai dan menyayang keluarga anda adalah amanah Tuhan berikan."

80. "Allah mencintai orang-orang yang selalu berjuang memperbaiki diri, keluarga, dan masyarakat."

81. "Meskinya ku rindu pada keluargaku, namun ku tahu mereka juga rindu padaku. Hanya doa dapat dapat kuucap padamu."

82. "Ya Allah persatukanlah keluargaku, aku rindu mereka...aku rindu bersama sama mereka."

83. "Tunjukkan senyum di hadapan orang banyak, tangis di hadapan sahabat, pengorbanan di hadapan keluarga, rasa bersyukur di hadapan Tuhan."

84. "Apa pun yang aku hadapi, seberat itu pekerjaanku. Aku ikhlas kerja karena semua untuk keluarga tercinta."

85. "Tidak ada yang mengurus ketika sakit. Itu adalah hal yang pahit di perantauan. Ayah, ibu, anakmu yang lajang ini sedang sakit. Aku butuh doa kalian."

86. "Komunikasi dalam keluarga akan senantiasa terpelihara selama komunikasi dengan Allah pun tetap terjaga."

87. "Doaku hari ini: Tuhan, aku bersyukur karena Engkau masih memberiku kesempatan tuk menikmati hari ini bersama keluarga dan sahabatku."

88. "Jika kita ikhlas dalam berupaya untuk kebahagiaan kehidupan keluarga, Tuhan akan memudahkan dan menunjukkan jalan."

89. "Mahkota orangtua adalah anak cucunya dan kehormatan anak-anak adalah karena nenek moyang mereka."

90. "Demi keluarga dan demi cita-citaku, maka akan aku akan bekerja dengan sepenuh hati."

7. Kata-Kata untuk Keluarga Bahasa Inggris

Tak saja dalam bahasa Indonesia, kata-kata untuk keluarga juga bisa dijumpai dalam bahasa Inggris. Malahan, kata-kata keluarga dalam bahasa Inggris juga punya makna yang tak kalah mendalam dengan dalam bahasa Indonesia. Berikut kata-kata untuk keluarga dalam bahasa Inggris.

91. "Sunday, for me, is all about being home with the family with no plans." (Minggu, bagi saya, adalah tentang berada di rumah bersama keluarga tanpa rencana)

92. "One father of more than one hundred school teachers." (Satu ayah lebih dari seratus guru sekolah)

93. "The strength of a nation derives from the integrity of the home." - Confucius (Kekuatan suatu bangsa berasal dari keutuhan rumah)

94. "You leave home to seek your fortune and, when you get it, you go home and share it with your family." (Kamu meninggalkan rumah untuk mencari keberuntungan dan, ketika mendapatkannya, kamu pulang dan berbagi dengan keluargamu)

95. "I believe family first. Blood is thicker than water." (Saya percaya keluarga. Darah lebih kental dari air)

96. "I don't think quantity time is as special as quality time with your family." (Saya tidak berpikir bahwa quantity time sama istimewanya dengan quality time bersama keluargamu)

97. "Family is not an important things. It’s everything." (Keluarga bukanlah hal penting. Ia adalah segalanya)

98. "For me, family always comes first; I would do anything to protect them." (Bagiku, keluarga selalu diutamakan, aku akan melakukan apa saja untuk melindungi mereka)

99. "I think togetherness is a very important ingredient to family life." (Saya pikir kebersamaan adalah unsur yang sangat penting bagi kehidupan keluarga)

100. "Family and God - that is what’s important. Money, cars, those are things that come and go." (Keluarga dan Tuhan - itulah yang penting. Uang, mobil, itu adalah hal-hal yang datang dan pergi)

101. "The most important thing in the world is family and love." (Hal terpenting di dunia adalah keluarga dan cinta)

102. "Without a family, man, alone in the world, trembles with the cold." (Tanpa keluarga, manusia, sendirian di dunia, gemetar karena kedinginan)

103. "The only rock I know that stays steady, the only institution I know that works, is the family." (Satu-satunya batu yang aku tahu tetap kokoh, satu-satunya institusi yang aku tahu berfungsi, hanyalah keluarga)

104. "Family. Where life begins and love never ends." (Keluarga. Di mana kehidupan dimulai dan cinta tidak pernah berakhir)

105. "Work is work, but family is for life. That’s what really matters to me." (Pekerjaan adalah pekerjaan, tetapi keluarga adalah untuk hidup. Itulah yang benar-benar penting bagi saya)

Itulah di antaraya 105 kata-kata untuk keluarga yang menyentuh dan penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian untuk lebih menghargai kebersamaan dengan keluarga!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI