7 Arti Ular Weling Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Bisa Jadi Pertanda Baik Atau Buruk

Diterbitkan:

7 Arti Ular Weling Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Bisa Jadi Pertanda Baik Atau Buruk
Arti Ular Weling Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Ular weling jadi salah satu hewan liar yang kehadirannya kerap mengejutkan. Pasalnya, ular weling yang biasa ada di kebun atau hutan sering kali tanpa sengaja masuk ke pekarangan atau bahkan ke dalam rumah. Di masyarakat, ada begitu banyak mitos seputar ular weling masuk ke dalam rumah. Arti ular weling masuk rumah menurut primbon Jawa pun sering kali jadi bahasan masyarakat umum.

Pasalnya, dalam budaya masyarakat Jawa tradisional, ada keyakinan bahwa ular weling sering dikaitkan dengan kekuatan supranatural. Karenanya, kehadiran ular weling terutama saat masuk rumah diyakini sebagai suatu pertanda yang tak boleh diabaikan begitu saja.

Beberapa orang percaya bahwa ular weling adalah penjaga gerbang antara dunia manusia dan dunia gaib. Oleh karena itu, kehadirannya dianggap sebagai pertanda mistis atau suatu pesan dari alam semesta. Menurut primbon Jawa pun, ada beberapa arti ular weling masuk ke rumah. Tak hanya satu, ada beberapa pertanda yang dibawa ular weling masuk rumah.

Untuk mengetahui, arti ular weling masuk rumah menurut primbon Jawa, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Ular Weling Masuk Rumah Pertanda Baik

1. Akan Dapat Keberuntungan atau Rezeki

Beberapa orang percaya bahwa ular weling adalah makhluk mistis yang membawa keberuntungan dan rejeki. Karenanya, arti ular weling masuk rumah bisa jadi pertanda baik bagi penghuninya. Kehadirannya di dalam rumah dipercaya sebagai tanda bahwa rumah tersebut akan diberkahi dengan kekayaan dan kemakmuran. 

Mitos ini mungkin berasal dari bentuk ular weling yang panjang dan berwarna cerah, yang dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran. Banyak orang melakukan persembahan atau ritual tertentu untuk mendapatkan berkah dari ular weling.

2. Tanda Spiritual Sedang Stabil

Catatan dalam primbon Jawa juga mengatakan bahwa ular weling dapat menjadi penjaga spiritual. Dalam primbon Jawa, ular weling sering dianggap sebagai penjaga rumah yang memiliki kekuatan gaib. Oleh sebab itu, tak sedikit yang meyakini ular weling masuk rumah sebagai tanda spiritual penghuni rumah yang sedang stabil. 

3. Keamanan Terjaga

Ular weling masuk ke dalam rumah jelas jadi satu peristiwa yang sering kali mengejutkan bagi banyak orang. Selain membuat ketakutan, kehadiran ular weling di dalam rumah juga dapat menjadi ancaman bagi keselamatan penghuninya.

Menariknya, dalam Primbon Jawa, ternyata dipercaya bahwa ular weling dapat menjadi pelindung manusia sekaligus dapat dijadikan sebagai teman yang setia. Kehadiran ular weling justru bisa jadi tanda bahwa rumah dalam keadaan aman.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ular Weling Masuk Rumah Pertanda Buruk

1. Kehancuran Rumah Tangga

Banyak juga yang mempercayai bahwa kehadiran ular weling di dalam rumah merupakan pertanda malapetaka yang akan menimpa penghuninya. Mereka percaya bahwa ular ini membawa sial. Tak tanggung-tanggung, kesialan tersebut bahkan diyakini dapat menyebabkan kehancuran bagi rumah tangga. 

2. Akan Ada Musibah

Ada juga kepercayaan tradisional yang menyebut bahwa ular weling punya kemampuan untuk meramal atau memprediksi kemunculan bala bencana. Dalam Primbon Jawa, jika ular weling terlihat muncul di lingkungan manusia, hal tersebut dianggap sebagai pertanda akan terjadi bencana atau malapetaka.

3. Adanya Gangguan Bersifat Sihir

Masyarakat Jawa tradisional juga sering mengaitkan ular weling dengan ilmu hitam atau sihir. Dalam beberapa kepercayaan di masyarakat Jawa, dipersepsikan bahwa hewan ini memiliki hubungan dengan praktik-praktik tersebut. Sehingga, datangnya ular weling sering diartikan bahwa penghuni rumah sedang mengalami gangguan sihir.

4. Kehilangan Anggota Keluarga

Kehilangan anggota keluarga adalah pengalaman yang paling sulit dihadapi dalam kehidupan. Kepergian seseorang yang kita cintai, entah itu karena kematian atau perpisahan, meninggalkan luka yang mendalam dalam hati dan kehidupan kita. Nah, ada kepercayaan bahwa kedatangan ular weling masuk rumah berarti bahwa penghuni rumah akan kehilangan anggota keluarga. Kehilangan yang dimaksud pun bisa berarti berbagai hal mulai dari pergi atau meninggal dunia.

Itulah beberapa arti ular weling masuk rumah menurut primbon Jawa. Semoga menjawab rasa penasaran kalian selama ini!

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending