7 Rekomendasi Buku Hadits dan Buku Islami yang Cocok Jadi Referensi

Rabu, 23 November 2022 19:33
7 Rekomendasi Buku Hadits dan Buku Islami yang Cocok Jadi Referensi
(Credit: Sophee.com)


Kapanlagi Plus - Bagi umat Islam, belajar merupakan suatu kewajiban. Meski begitu, kalian tak perlu merasa kesulitan karena sekarang sudah banyak rekomendasi buku hadits dan buku islami di pasaran.

Kalian bisa mempelajari ilmu-ilmu yang diturunkan langsung oleh Rasulullah SAW melalui berbagai rekomendasi buku hadits ini. Beberapa di antaranya juga dikemas secara sederhana agar lebih mudah dipahami.

Nah, jika kalian sedang mencari rekomendasi buku hadits dan buku islami, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini.

 

1. Al - Wafi Syarah Hadits Arbain

Jika kalian mencari rekomendasi buku hadits, Al - Wafi Syarah Hadits Arbain bisa menjadi jawabannya. Al Arba'in An Nawawiyyah dikenal sebagai himpunan hadits yang populer. Hadits-hadits yang dipilih Imam An Nawawi memiliki keunggulan berupa tema yang sederhana, tapi memiliki kandungan makna yang mendalam. Mudah dipahami, tapi juga mampu menjawab banyak persoalan dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

Hadist-hadits yang bisa dibilang merakyat ini jelas memerlukan kajian untuk mengupas seluk-beluknya. Melalui buku ini, kalian pun bisa bisa mengurai makna dan berbagai hal penting yang menjadi hikmah atau intisari hadits yang telah dirangkum oleh penulis.

 

2. Mukhtashar Shahih Al-Bukhari

Selanjutnya, ada Mukhtashar Shahih Al-Bukhari sebagai rekomendasi buku hadits yang cocok kalian jadikan referensi. Shahih al-Bukhari merupakan kitab paling shahih setelah al-Qur'an, kemudian disusul Shahih Muslim. Oleh karena itu, Shahih Bukhari perlu diprioritaskan setelah Al Quran jika kalian ingin mengkaji Islam secara fundamental dan baik, bahkan secara akademis.

Sayangnya, Shahih al-Bukhari yang asli terkesan sulit dinikmati oleh banyak kalangan karena memuat riwayat-riwayat hadits lengkap dengan sanad dan pengulangan. Namun, buku ini seolah muncul jadi jawaban karena hadir dengan lebih sederhana dengan menghapus sanad-sanadnya, menghapus pengulangan-pengulangan, dan mempertahankan judul-judul "kitab" serta susunan hadits sebagaimana yang diletakkan oleh Imam al-Bukhari.

 

3. Ilmu Hadits - Munzier Suparta

Bagi pemula atau pelajar, terdapat rekomendasi buku hadits yang cocok dijadikan referensi, yakni Ilmu Hadis karya Munzier Suparta. Buku ini membahas beberapa dasar ilmu hadits, seperti pengertian, bentuk-bentuk, hingga pengertian ilmu hadits menurut ulama.

Dalam rekomendasi buku hadits yang satu ini, ilmu hadits dapat dipahami sebagai ilmu pengetahuan yang membicarakan tentang cara-cara persambungan hadits sampai kepada Rasul SAW dari segi ihwal bersambung tidaknya sanad dan sebagainya. Jadi bagi kalian yang baru mulai mempelajari tentang hadits, buku ini layak dibaca pertama sebagai pengantar.

 

4. 99 Hadits Pedoman Hidup Muslim - Fatiha

Masih ada rekomendasi buku hadits yang berjudul 99 Hadits Pedoman Hidup Muslim untuk kalian baca. Buku setebal 354 halaman memuat berbagai ilmu secara ringkas dan praktis. Kalian akan menemukan beragam disiplin ilmu yang bermanfaat, seperti ilmu tauhid, ushul, akidah, ilmu suluk (adab) menuju Allah, akhlak, adab dalam agama dan dunia, fikih, dan lain sebagainya.

Materi tersebut juga dilengkapi dengan penjelasan seputar dasarnya, sumber pengambilan, dan kaidah-kaidahnya. Kalian akan menemukan sejumlah hadits yang menghimpun beragam pembahasan umum atau berbagai bab ilmu yang disertai tentang maksud dan kandungannya.

 

5. Kompilasi Hadis Sahih Populer - Ismail H.M

Seperti judulnya, rekomendasi buku hadits yang satu ini memang berisi hadis-hadis sahih dari beberapa kitab hadis penting, seperti Shahih Bukhari dan Muslim, Musnad Ahmad, Riyadhush Shalihin, Bulughul Maram, dan sebagainya.

Oleh karena itu, selain judul-judul yang sudah disebutkan di atas, buku ini juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin lebih mengakrabkan diri dengan hadis-hadis sahih Rasulullah. Dengan begitu, kalian bisa menjadikannya tuntunan atau pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

6. Cahaya dari Madinah - Syekh Ali Jaber

Tak hanya rekomendasi buku hadits, ada pula jenis buku islami lain yang bisa kalian jadikan referensi. Salah satunya adalah buku Cahaya dari Madinah yang ditulis oleh Syekh Ali Jaber. Melalui buku ini, kalian akan mendapatkan penjelasan dari pandangan penulis tentang Islam yang mendamaikan, Islam yang memberikan kemajuan dan kemakmuran bagi segenap umat muslim, khususnya umat muslim di Indonesia.

Materi dalam buku ini berasal dari ceramah-ceramah Syekh Ali Jaber yang diharapkan bisa menjadi cahaya bagi hati melalui hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya.

 

7. Tuhan Ada di Hatimu - Husein Jafar Al-Hadar

Selanjutnya, ada rekomendasi buku islami yang berjudul Tuhan Ada di Hatimu. Saat membaca buku ini, pikiran kalian akan kembali terbuka hingga sadar bahwa Islam bukan sekadar ritual. Ditulis oleh Husein Jafar Al-Hadar yang cukup dekat dengan anak muda, gaya bahasa buku ini pun cukup mudah dipahami karena seperti pembicaraan sehari-hari.

Kalian seolah akan diajak merenungkan makna Tuhan dalam diri. Kalian juga seperti diingatkan untuk terus membawa Islam dalam kehidupan. Selain itu, buku ini juga mengandung penjelasan mengenai permasalahan umat muslim dan isu sosial yang terjadi di masa kini. Oleh karena itu, buku ini begitu relevan dibaca oleh siapa saja.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku hadits dan buku islami yang bisa kalian baca sebagai referensi.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI