7 Rekomendasi Buku Tafsir Mimpi dari Berbagai Perspektif Bidang, Islami, Psikologi - Jawa

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Rekomendasi Buku Tafsir Mimpi dari Berbagai Perspektif Bidang, Islami, Psikologi - Jawa
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Bermimpi jadi satu fenomena yang biasa dialami seseorang saat tidur. Saking biasanya, banyak orang yang menganggap mimpi semata-mata bunga tidur. Meski begitu, banyak juga yang percaya bahwa mimpi bisa jadi sebuah pertanda.  Apalagi, ada kalanya sebuah mimpi juga bisa bikin penasaran. Buku tafsir mimpi ada untuk menjawab rasa penasaran tersebut.

Tafsir mimpi dahulu mungkin identik dengan hal yang klenik, kuno, dan sulit dipahami. Namun kini, buku tafsir mimpi justru ditulis dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Selain itu, setiap buku tafsir mimpi kini juga ditulis berdasarkan perspektif dari keyakinan atau kepercayaan tertentu. Sehingga, pembaca bisa memilih tafsir mimpi sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan yang dianut.

Lantas, apa saja rekomendasi buku tafsir mimpi yang mudah dipahami? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

 

 

 

 

1. Buku Tafsir Mimpi Psikologi

Mimpi ternyata bisa dikaji secara ilmiah dengan perspektif psikologi. Nah dalam ranah psikologi, suatu mimpi muncul dipengaruhi kondisi mental seseorang pada saat itu. Singkatnya, mimpi bisa menunjukkan kondisi mental seseorang. Berikut beberapa rekomendasi buku tafsir mimpi dengan pendekatan psikologi.

1. Bahasa yang Terlupakan: Pengantar Tafsir Mimpi, Dongeng, dan Mitos

Rekomendasi buku psikologi pertama yang membahas tafsir mimpi adalah Bahasa yang Terlupakan: Pengantar Tafsir Mimpi, Dongeng, dan Mitos. Buku ini ditulis oleh seorang psikolog sosial asal Jeman bernama Erich Fromm.

Sesuai dengan judulnya, buku teori praktis ini banyak membahas tentang simbol-simbol yang kerap muncul dalam mimpi. Berdasarkan simbol-simbol itu, suatu mimpi kemudian coba diinterpretasikan artinya.

2. Interpretation of Dreams

Sigmund Freud dikenal sebagai salah satu tokoh psikologis dunia. Freud ternyata juga membuat kajian tentang interpretasi mimpi secara psikologis. Menariknya, dalam buku ini dijelaskan bahwa arti suatu mimpi bisa jadi bahan dalam menganalisis kondisi psikologis seseorang yang alami gangguan jiwa.

Sama seperti buku yang sebelumnya, Interpretation of Dreams juga merinci arti dari simbol-simbol yang sering muncul dalam mimpi.

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Buku Tafsir Mimpi Islami

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada berbagai perspektif yang dipakai dalam buku tafsir mimpi. Selain dari sisi psikologi, tafsir mimpi ternyata juga bisa dilakukan dari sudut pandang agama termasuk Islam. Ada beberapa buku tafsir mimpi yang disampaikan secara islami, berikut beberapa di antaranya.

1. Tafsir Mimpi Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah New

Bagi umat Islam, ayat Al Quran dan As Sunnah jadi pegangan dalam hidup. Dalam Al Quran dan As Sunnah ternyata juga ada beberapa bahasan yang menyinggung tafsir dari suatu mimpi. Bahasan-bahasan itulah yang coba diterangkan oleh ulama tabiin, Muhammad Ibnu Sirin.

Tafsir mimpi Muhammad Ibnu Sirin kemudian di kenal dengan istilah al-Ahlam al-Kabir. Karya ini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Tafsir Mimpi Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah New.

2. Kitab Islam Tafsir Mimpi Umar Khayyam

Berikutnya, rekomendasi buku tafsir mimpi islami ada Kitab Islam Tafsir Mimpi Umar Khayyam. Buku tafsir mimpi islami ini diterbitkan oleh penerbit Turos Pustaka. Buku ini banyak membahas arti mimpi secara lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami.

Menariknya, buku ini dipercaya bisa jadi pedoman untuk pembaca dalam mengambil keputusan terbaik untuk hidup, setelah mengetahui pertanda yang tersimpan di suatu mimpi.

3. Kitab Rahasia Tidur

Kitab Rahasia Tidur jadi rekomendasi buku tafsir mimpi menurut Islam yang ketiga. Buku Kitab Rahasia Tidur ditulis oleh seorang akademisi bernama Prof. Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim. Buku ini menampilkan tafsir mimpi dari sudut pandang agama dan juga sains.

Tak hanya membahas tentang mimpi dan tafsirnya, buku Kitab Rahasia Tidur juga menjelaskan tentang manfaat dari tidur. Jadi tak hanya menjawab rasa penasaran, buku ini juga dijamin akan menambah ilmu pengetahuan.

 

 

 

 

3. Buku Tafsir Mimpi Jawa

Masyarakat Jawa yang kental akan tradisi juga mempunyai pandangan terkait mimpi. Dalam keyakinan Jawa tradisional, setiap mimpi dipercaya bisa jadi membawa berbagai pertanda baik maupun buruk. Ada beberapa buku yang membahas tafsir mimpi dari perspektif kebudayaan Jawa. Berikut beberapa rekomendasi buku tafsir mimpi Jawa.

1. Kitab Primbon Jawa Serbaguna: Tetap Relevan Sepanjang Masa

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya orang Jawa, Primbon jadi hal yang tak asing lagi. Buku berisi ramalan ini menjelaskan berbagai hal di balik suatu fenomena, termasuk mimpi. Salah satu buku Primbon Jawa yang membahas tafsir mimpi adalah Kitab Primbon Jawa Serbaguna.

Buku karya penulis R. Gunasasmita ini akan menjelaskan pertanda yang tersimpan dari suatu mimpi. Sebagaimana judulnya, buku ini tak saja membahas tentang mimpi, melainkan juga berbagai pertanda yang ditunjukkan lewat fenomena lain seperti alam, binatang, tumbuhan dari perspektif keyakinan Jawa tradisional.

2. 1001 Tafsir Mimpi Joyo Boyo

Selain Pimbon, Joyo Boyo juga jadi satu ramalan Jawa yang cukup fenomenal. Nama Joyo Boyo diambil dari namah seorang prabu dari Keraton Kediri. Beliau diyakini bisa meramal tentang masa depan bangsa Indonesia yang beberapa di antaranya dipercaya akurat.

Namun bukan saja berisi ramalan-ramalan fenomenal, Joyo Boyo juga mengulas beberapa tafsir dari mimpi. Kalian bisa membaca buku 1001 Tafsir Mimpi Joyo Boyo. Buku ini bisa jadi bacaan yang seru untuk kalian yang penasaran dengan ramalan dan tafsir mimpi.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi buku tafsir mimpi dari berbagai perspektif. Gimana tertarik baca yang mana?

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending