7 Rekomendasi Kuliner Pedas Solo yang Rasanya Juara Banget, Siap-Siap Ketagihan!

Senin, 13 Januari 2020 16:31 Penulis: Wuri Anggarini
7 Rekomendasi Kuliner Pedas Solo yang Rasanya Juara Banget, Siap-Siap Ketagihan!
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Destinasi wisata Solo memang nggak sepopuler kota lain di sekitarnya. Tapi jangan pandang sebelah mata kota yang satu ini. Selain dikenal sebagai salah satu destinasi wisata heritage di Indonesia, Solo juga punya sederet spot wisata kekinian yang banyak menarik perhatian para traveler masa kini. Selain itu, satu hal yang nggak boleh dilupakan saat mampir ke kota yang satu ini adalah kulinernya. Siapa sangka kalau ada kuliner pedas Solo yang wajib dicobain selama liburan ke sana?

Yup, kuliner Solo dan sekitarnya memang identik dengan rasa pedas. Tapi khusus buat para pecinta pedas, rekomendasi kuliner pedas Solo yang satu ini wajib banget dicicipi. Berikut ini rangkumannya untuk kamu, KLovers!

1. Killing Mie Solo

(c) Instagram/killingmie(c) Instagram/killingmie

Kalau sedang mencari tempat berburu kuliner pedas Solo yang asyik dan cozy buat nongkrong, Killing Mie Solo bisa jadi rekomendasi utamanya nih. Lokasinya berada di daerah Jalan Kenanga, Laweyan, Solo. Tempatnya sendiri dibuat sesantai mungkin, sehingga bisa jadi rekomendasi yang pas buat yang ingin bersantai bareng teman atau keluarga.

Sesuai namanya, Killing Mie Solo menyediakan beragam kuliner pedas Solo yang berbahan dasar mie. Menunya sendiri cukup bervariasi, mulai dari Mie Godhok Kebab, Mie Karbonara, Mie Blackpepper, Mie Kari, Mie Bolognaise, dan Mie Teriyaki. Selain varian mie, ada juga berbagai menu nasi goreng aneka rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Untuk porsinya sendiri bisa dimakan 2-3 orang, lho. Siap-siap deh kepedesan sambil nikmatin kelezatan Killing Mie Solo!

2. Tengkleng Rica Pak Manto

Mau mencoba wisata kuliner pedas Solo yang legendaris? Datang saja ke Tengkleng Rica Pak Manto. Konon, warung sederhana ini sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu. Saking legendarisnya, warung tengkleng ini nggak pernah sepi pelanggan! Nggak heran sih karena sang penjual berusaha mempertahankan cita rasanya dengan cara pengolahan yang masih menggunakan arang.

Ada sensasi menyenangkan tersendiri saat mencicipi kuliner pedas Solo yang satu ini. Berbahan dasar tulang kambing, sensasi rasa gurih dan lezat karena dimasak lama dengan kuah begitu menggugah selera. Bahkan, kedai yang satu ini adalah langganan dari Presiden Joko Widodo. Sensasi rasa pedas karena dimasak dengan bumbu rica-rica dijamin bikin nagih! Dijamin bikin ketagihan waktu menghisap sumsum tulangnya deh!

3. Warung Rica Bu Sartini

Jadi salah satu rekomendasi kuliner pedas Solo, Warung Rica Bu Sartini ini ternyata punya keistimewaan tersendiri. Letaknya dekat dengan kampus ISI dan jadi favorit mahasiswa karena harganya yang ramah di kantong. Percaya nggak kalau seporsi nasi rica bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 10 ribuan saja? 

Biarpun murah, tapi soal cita rasa kuliner pedas Solo yang satu ini dijamin memanjakan lidah banget. Sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu, Warung Rica Bu Sartini ternyata menjadi pelopor masakan nasi ayam rica pedas yang menggugah selera. Soal rasa pedasnya juga nggak perlu diragukan lagi. Kuah merah bertabur bumbu rempah dan cabe menciptakan cita rasa pedas yang nendang. Dijamin bakal ketagihan sampai keringetan!

4. Cekerdazz Spesial Ceker Pedas

(c) Instagram/cekerdazz(c) Instagram/cekerdazz

Popularitas ceker pedas memang nggak bisa dipandang sebelah mata. Kalau kebetulan lagi pengen mencicipi kuliner pedas Solo berbahan dasar ceker, mampir saja ke Cekerdazz yang ada di Jalan Halilintar.

Dalam satu porsi ceker pedas, kamu bisa memilih salah satu dari 5 varian level pedas. Buat yang ngaku pecinta pedas sejati, level 5 pastinya jadi tantangan tersendiri. Nggak hanya menghadirkan sensasi pedas yang nendang, bumbu rempah lainnya juga terasa begitu menggoda selera. Dikombinasikan dengan daun kemangi dan tulang ceker yang empuk saat digigit, kuliner yang satu ini bisa dbilang juara banget deh!

5. Kikil Bu Cilik

Spot yang satu ini jadi salah satu kuliner pedas Solo yang terkenal kelezatannya. Kikil Bu Cilik menghadirkan ciri khas tersendiri. Masakannya terkenal bersih, enak, dan pastinya nendang banget pedasnya. Kikil Bu Cilik berada di sekitar Jalan Dr. Setiabudi, Banjarsari, Solo. Tempatnya memang sederhana, tapi soal rasa sudah pasti juara.

Ada beragam olahan kikil yang bisa dinikmati di kuliner pedas Solo yang satu ini. Kamu bisa mencicipi nikmatnya oseng-oseng sambel goreng dan asem-asem yang ditemani dengan lauk seperti wader goreng, tumis daun papaya, ayam goreng dan masih banyak lagi. Bayangkan saja gimana nikmatnya kikil dengan cita rasa super pedas yang nendang. Dijamin ketagihan!

6. Galeri Pedas Solo

(c) Galeri Pedas Solo(c) Galeri Pedas Solo

Sesuai namanya, kuliner pedas Solo yang satu ini hanya menyajikan menu super pedas yang jadi favorit para pecinta makanan. Lokasinya berada di kawasan Laweyan, Solo. Menunya sendiri cukup bervariasi, mulai dari aneka seafood hingga ayam goreng yang menawarkan cita rasa pedas menggigit. Tiap gigitannya sudah pasti terasa banget cita rasa pedas dan bumbu rempah yang bikin keringetan sekaligus ketagihan. Soal harga juga nggak perlu khawatir karena Galeri Pedas Solo ini menawarkan harga yang ramah di kantong. Nggak perlu khawatir bikin kantong bolong selama liburan!

7. Sosis Naga Solo

Jelajah kuliner pedas Solo rasanya kurang pas kalau nggak mampir ke tempat yang satu ini. Yup, Sosis Naga Solo jadi salah satu rekomendasi yang wajib dikunjungi saat liburan di kota tersebut. Tempat ini adalah spot jajanan kaki lima yang berlokasi di kawasan Jebres, Solo. Menu yang disajikan adalah aneka frozen food seperti sosis bakar dan fishball dengan tingkat rasa pedas yang bisa kamu request sendiri. Selain itu, ada juga menu jajanan lain yang jadi favorit waktu lagi nongkrong sambil minum kopi, seperti jagung bakar dan roti bakar.

Seri banget deh wisata kuliner pedas Solo dengan mengunjungi rekomendasi yang sudah tim KapanLagi rangkum buat kamu. Yuk, segera rancang daftar destinasi yang ingin dikunjungi saat liburan ke Solo, KLovers!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI