7 Rekomendasi Novel Motivasi dan Inspiratif yang Menyentuh Hati, Tak Boleh Dilewatkan!

Sabtu, 05 November 2022 11:33
7 Rekomendasi Novel Motivasi dan Inspiratif yang Menyentuh Hati, Tak Boleh Dilewatkan!
Rekomendasi Novel Motivasi (Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Terkadang, sebuah karya sastra bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembacanya. Indonesia sendiri memiliki banyak rekomendasi novel motivasi dengan kisah menyentuh hati.

Entah itu berisi kisah dari realitas orang yang lemah, perjuangan dalam kesakitan, hingga usaha penerimaan, rekomendasi novel motivasi ini akan memberi kalian inspirasi. Saat membacanya, kalian akan mendapatkan hiburan dengan sensasi yang berbeda.

Nah, jika penasaran dengan apa saja judul rekomendasi novel motivasi dan inspiratif yang dimaksud, yuk simak ulasan berikut ini.

 

1. Lebih Senyap dari Bisikan - Andina Dwifatma

Lebih Senyap dari Bisikan berisi kisah sekaligus kritik sosial tentang dunia perempuan. Saat menikah, tokoh Amara dan Baron tidak berencana memiliki anak. Sayangnya, mereka mendapatkan tekanan dari orang sekitar yang selalu bertanya "Kapan punya anak?". Perlahan, pertanyaan itu menjadi tuntutan, terutama bagi Amara sebagai seorang perempuan.

Amara pun hamil dan melahirkan. Namun, tugas pengasuhan bayi diserahkan kepada Amara. Alasannya, Baron harus bekerja. Kisah semacam itu sangat sering ditemui di masyarakat. Tak sekadar menjadi rekomendasi novel motivasi, isi buku ini sekaligus menyajikan realitas perempuan dengan cukup kritis.

 

2. Almond - Sohn Won-Pyung

Selanjutnya, ada rekomendasi novel motivasi yang diterjemahkan dari bahasa Korea. Tokoh dalam novel ini adalah seorang penderita alexithymia. Dia merupakan anak laki-laki bernama Seon Yoon-Jae yang tidak bisa merasakan emosi, seperti senang, sedih, marah, takut, dan seterusnya.

Karena mengalami disfungsi emosi, dia pun jadi sulit menjalani kehidupan sosial. Disfungsi itu terjadi karena amigdala yang berbentuk almon, berukuran terlalu kecil sehingga jaringan komunikasi tidak lancar. Kalian akan melihat bagaimana stereotip dan perundungan yang melekat dengan nasib tokoh ini. Tentu, kisah perjuangannya akan menyentuh hati para pembaca.

 

3. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa - Alvi Syahrin

Melalui Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa, kalian akan menemukan ungkapan kegelisahan yang mungkin relate dengan kehidupan dewasa. Sebagai seseorang yang baru menginjak dewasa, banyak keresahan yang timbul. Tak jarang, seseorang pun membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain.

Saat kalian sedang berada di fase tersebut, buku karya Alvi Syahrin ini cocok menjadi rekomendasi novel motivasi yang tak boleh kalian lewatkan. Berisi kekhawatiran akan masa depan, buku ini seolah mengajak kalian agar tak selalu terburu-buru. Tentu saja, banyak pula inspirasi yang bisa kalian dapatkan.

 

4. Kami (Bukan) Sarjana Kertas - J.S Khairen

Jika kalian membutuhkan rekomendasi novel motivasi, silakan baca Kami (Bukan) Sarjana Kertas. Secara garis besar, novel ini berkisah tentang para mahasiswa di kampus UDEL. Kampus yang punya reputasi buruk itu menjadi pilihan terakhir banyak orang. Saking buruknya, nama kampus itu tak bisa ditemukan di mesin pencari.

Melalui kisah-kisah ini, kalian akan menemukan banyak motivasi dan inspirasi, terutama bagi yang masih di bangku kuliah. Kalian akan tersadar bahwa menjadi mahasiswa bukan hanya datang, mendengarkan, dan pulang. Kalian akan menyadari bahwa tindakan yang lebih bijak sebagai mahasiswa itu perlu diambil.

 

5. Negeri 5 Menara - Ahmad Fuadi

Bicara soal rekomendasi novel motivasi dan inspiratif, Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi jelas perlu dibahas. Secara garis besar, novel ini menyajikan kehidupan persahabatan di pesantren. Kalian akan menemukan enam santri yang berbeda latar belakang. Justru, perbedaan suku dan kebiasaan khas masing-masing justru memberi warna tersendiri.

Diceritakan pula bahwa enam santri ini punya kebiasaan unik, yakni menunggu waktu ibadah di bawah menara masjid sambil menatap awan. Mereka pun berimajinasi mengenai mimpi masing-masing. Dari mereka, kalian bisa belajar bahwa mimpi sebesar apa pun itu perlu diperjuangkan.

 

6. Guru Aini - Andrea Hirata

Selanjutnya, ada rekomendasi novel motivasi dan inspiratif berjudul Guru Aini. Novel karya Andrea Hirata ini berkisah tentang perjalanan guru dan murid dalam mencapai tujuan. Melalui tokoh-tokoh ini, potret pendidikan di Indonesia pun akan terbuka.

Kalian juga akan menemukan sentilan-sentilan tentang pendidikan yang bisa jadi bahan refleksi bagi setiap pembaca. Bagi guru, refleksi ini bisa membuatnya kembali idealis di tengah kesulitan dalam pengajaran. Sementara bagi murid, rasa semangat pun akan makin berkobar setelah menyelesaikan novel ini.

 

7. Laskar Pelangi - Andrea Hirata

Masih ada satu lagi rekomendasi novel motivasi dan inspiratif yang tak boleh dilewatkan. Novel Laskar Pelangi sempat begitu populer hingga diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2008. Kalian akan tersentuh saat mengikuti kisah perjuangan anggota Laskar Pelangi dalam menempuh pendidikan dengan segala keterbatasan.

Kisah persahabatan mereka pun diwarnai dengan emosi haru, sedih, semangat perjuangan, dan lain sebagainya. Paket lengkap ini bisa mengajak kalian untuk mengenang masa kecil di sekolah bersama teman-teman.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi novel motivasi dan inspiratif yang bisa kalian baca.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI