8 Rekomendasi Baca Buku Online via Browser dan Aplikasi, Dijamin Lebih Praktis

Diterbitkan:

8 Rekomendasi Baca Buku Online via Browser dan Aplikasi, Dijamin Lebih Praktis
Rekomendasi Baca Buku Online (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Penggemar buku bacaan wajib banget tahu apa saja situs dan aplikasi untuk baca buku online. Karena ada sejumlah rekomendasi baca buku online yang praktis banget diakses bahkan legal.

Rekomendasi baca buku online memang bisa jadi pilihan terbaik buat kalian yang ingin menikmati layanan baca buku kapanpun, di mana pun bahkan gratis. Karena ada sejumlah platform buat baca buku online menawarkan layanan secara free untuk baca buku ataupun mengunduh eBook. Ada pula layanan berlangganan untuk mendapat penawaran menarik dan lebih premium.

Oleh karena itu, di bawah ini ada rekomendasi baca buku online melalui browser dan aplikasi yang wajib pengguna ketahui. Yuk cek apa saja rekomendasi baca buku online yang praktis banget membantu pembaca menemukan buku favoritnya baik non fiksi, buku pelajaran, ataupun fiksi seperti novel dan komik.

 

1. iPusnas

Rekomendasi baca buku online yang mudah diakses salah satunya adalah iPusnas. untuk mengakses iPusnas bisa dilakukan melalui browser ataupun ponsel. Sementara itu iPusnas menjadi platform untuk baca buku secara online. Platform ini langsung dikelola oleh pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Jika ingin menggunakan aplikasi iPusnas, kalian dapat mengunduhnya melalui playstore. Setelah berhasil terpasang, dapat membuat akun iPusnas terlebih dahulu agar memudahkan kalian membaca buku keinginan secara online. Ada banyak fitur ditawarkan di aplikasi iPusnas, mulai dari eReader, ePustaka, Books Category, Book Detail, Status Badges dan lainnya. Kalian juga bisa meminjam buku di iPusnas secara online. Praktis banget bukan?

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Wattpad

Rekomendasi baca buku online selanjutnya adalah Wattpad. Kalian tentu sangat familiar dengan platform untuk baca buku online kategori fiksi yakni novel di Wattpad. Pembaca dapat mengakses Wattpad melalui browser ataupun memasang aplikasi di ponsel. Di mana untuk bisa baca buku online di Wattpad, diperlukan pembuatan akun terlebih dahulu.

Setelah membuat akun maka kalian dapat menikmati berbagai fitur di Wattpad mulai dari membaca novel di Wattpad. Bahkan pembaca juga dapat menulis cerita sendiri dan menerbitkannya di Wattpad. Selain bisa baca free di Wattpad, pengguna dapat berlangganan untuk menikmati akses premium. Sangat recommended buat kalian penggemar novel.

 

3. EPerpusdikbud

EPerpusdikbud juga masuk dalam jajaran rekomendasi baca buku online via aplikasi. Ya, hampir serupa dengan iPusna, EPerpusdikbud juga dikelola oleh salah satu instansi pemerintah. Di mana, EPerpusdikbud merupakan platform perpustakaan digital yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Melalui platform ini pengguna dapat membaca berbagai jenis buku secara free. Apalagi, buku bacaannya juga cukup lengkap mulai dari non fiksi hingga fiksi. Untuk bisa mengakses EPerpusdikbud, pengguna dapat terlebih dulu memasang dan membuat akun agar bisa meminjam dan membaca buku secara online.

 

4. Gramedia Digital

Rekomendasi baca buku online melalui aplikasi yang juga bisa diakses adalah Gramedia Digital. Pastinya kalian sudah sangat familiar dengan platform bernama Gramedia Digital yang mana sering jadi rujukan setiap orang buat cari buku favorit mereka. Selain dapat diakses melalui browser, kini Gramedia hadir dalam bentuk aplikasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna mencari dan membaca buku secara online.

Ada berbagai koleksi di Gramedia Digital bisa pengguna akses. Nggak hanya buku saja, aplikasi ini juga menyediakan aneka jenis media cetak seperti majalah ataupun koran. Berbagai fitur yang ditawarkan juga bakalan memudahkan kalian buat menikmati bacaan di aplikasi Gramedia Digital.

 

5. Google Play Books

Google Play Books merupakan rekomendasi baca buku online besutan Google. Melalui platform ini pengguna dapat membaca buku secara online di ponsel. Ada banyak sekali koleksi buku di Google Play Books mulai dari non fiksi hingga fiksi. Menariknya pengguna dapat mengunduh secara free sejumlah koleksi buku di Google Play Books.

Selain dapat menikmati layanan secara free, pengguna dapat pula berlangganan untuk sejumlah judul buku atau eBook. Fitur-fitur di Google Play Books juga cukup lengkap sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya. Tertarik menggunakan Google Play Books?

 

6. ManyBooks

Rekomendasi baca buku online lainnya adalah ManyBooks. Pengguna dapat menikmati layanan buat baca buku online melalui browser dari situs ManyBooks. Ada berbagai genre buku yang dapat pengguna cari di ManyBooks. Sebut saja mulai dari petualangan, horor, romansa, bahkan sejarah.

Platform ini sangat cocok buat kalian yang mencari koleksi buku secara online dengan dari yang klasik hingga modern. Karena ManyBooks cukup lengkap bahkan bisa dinikmati secara free. Meski begitu, kalian dapat juga berlangganan untuk menikmati layanan secara premium.

 

7. Nook

Nook juga termasuk rekomendasi baca buku online via aplikasi yang dapat pengguna pasang di ponsel. Platform ini menyediakan banyak jenis buku mulai dari novel, komik, eBook, dan lainnya. Apalagi, pengguna juga dapat menikmati layanan secara gratis untuk membaca eBook online.

Cara menggunakan aplikasi Nook untuk baca buku online sangatlah praktis dan mudah. Selain itu, platform ini juga menawarkan banyak fitur untuk memberikan pengalaman dan kenyamanan terbaik bagi pembaca. Misalnya saja fitur untuk beli buku secara online, bookmark, notes bahkan share ke orang terdekat. Kalian juga dapat mengubah font, warna latar, margin, spasi dan lainnya. Sangat mudah dipakai dan lengkap banget.

 

8. Goodreads

Penggemar buku bacaan pastinya setuju kalau Goodreads juga masuk dalam jajaran rekomendasi baca buku online. Pasalnya platform ini menyediakan banyak koleksi buku lengkap terutama untuk buku bertemakan klasik. Ada pula buku-buku modern dan terbaru di Goodreads yang dapat pengguna baca.

Akses Goodreads juga sangat mudah bisa dilakukan melalui browser. Apalagi ada layanan untuk baca buku online secara free alias gratis di Goodreads. Pastikan kalian login dulu ke Goodreads menggunakan Gmail, email atau akun media sosial.

Itulah rekomendasi baca buku online via browser dan aplikasi yang praktis banget. Selamat membaca KLovers.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending