8 Wisata Kuliner Lezat di Jogja 2020, Sudah Murah Rekomendasi Para Foodies Pula

Senin, 03 Februari 2020 20:36 Penulis: Iwan Tantomi
8 Wisata Kuliner Lezat di Jogja 2020, Sudah Murah Rekomendasi Para Foodies Pula
ilustrasi ©Shutterstock


Kapanlagi Plus - Liburan ke Jogja memang nggak pernah ada bosan-bosannya. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Jogja juga kaya wisata kuliner lezat. Nggak sedikit yang legendaris, lantaran sudah ada sejak lama, dan uniknya masih dipertahankan citarasa aslinya.

Enaknya lagi, wisata kuliner di Jogja terbilang murah. Sepuas apapun kamu mau makan, rasanya nggak pernah bikin kantong jebol saat wisata kuliner di Kota Gudeg tersebut. Terlebih banyak kuliner lezat di Jogja justru bertempat di warung sederhana, bukan restoran mewah.

Konsep merakyat itulah yang malah bikin wisata kuliner di Jogja nggak pernah sepi wisatawan. Sampai-sampai ada yang rela mengantre, demi menikmati seporsinya. Nah, di bawah ini adalah wisata kuliner lezat di Jogja 2020 yang wajib banget kamu nikmati. Saking enak dan murahnya, wisata kuliner lezat di Jogja ini jadi incaran, sekaligus rekomandasi para foodies lho.

1. Mangut Lele Mbah Marto

Jika kamu mengira Jogja hanya punya gudeg, tentu salah besar. Sebab, Mangut Lele Mbah Marto menjadi salah satu wisata kuliner lezat di Jogja yang nggak boleh kamu lewatkan. Seperti namanya, kuliner ini berbahan dasar ikan lele yang diasap, kemudian dimasak dalam bumbu kuah kuning.

Keunikan dari wisata kuliner lezat di Jogja ini adalah kamu perlu datang langsung ke lokasi yang berada di Jalan Parangtritis km 6.5, Dusun Sewon, Bantul. Di sana kamu akan diajak melihat langsung proses memasak mangut lele.

Seporsi hidangan ini, berisikan sepiring nasi dan mangut lele. Kamu juga bisa memilih aneka lauk lainnya yang tersedia di sana. Cukup rogoh kocek Rp20 ribu saja, kelezatan Mangut Lele Mbah Marto sudah bisa kamu nikmati sampai puas.

2. Angkringan Lik Man

Malam-malam memang paling enak mampir ke angkringan kalau lagi di Jogja. Meski ada banyak pilihan angkringan, tetapi kamu bisa menjatuhkan pilihan ke Angkringan Lik Man.

Selain sudah ada sejak 1960, Angkringan Lik Man ini memiliki kelezatan hidangan yang nggak perlu diragukan lagi. Di samping itu, Angkringan Lik Man boleh dibilang menjadi salah satu pelopor hadirnya banyak angkringan di Jogja lho.

Salah satu menu andalan yang kerap diburu para foodies adalah Kopi Joss, yang bisa kamu santap dengan beragam sajian, seperti sate usus, sate telur puyuh, hingga anek gorengan.

Rata-rata sajiannya dibanderol dari Rp2 ribu hingga Rp5 ribu saja. Kunjungi Angkringan Lik Man di Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Kota Jogja.

 

3. Bakmi Mbah Mo

Jogja juga terkenal akan kelezatan bakminya. Salah satunya yang jadi incaran para foodies adalah Bakmi Mbah Mo. Wisata kuliner lezat di Jogja yang beralamat di Jalan Parangtritis km 11 tersebut nggak hanya enak, tetapi juga kelezatannya nggak pernah berubah selama 30 tahun lamanya berjualan.

Ciri khas dari Bakmi Mbah Mo adalah penggunaan telur bebek untuk campuran bakminya. Selain itu, masaknya terus dipertahankan di atas tungku, sehingga aroma khas dan rasa yang gurih dari Bakmi Mbah Mo benar-benar bikin siapapun yang menciumnya langsung pengin cepat-cepat makan.

Nggak hanya bakmi goreng dan rebus, Bakmi Mbah Mo juga menyediakan bakmi nyemek atau sedikit kuah. Seporsi Bakmi Mbah Mo bisa dibeli mulai Rp15 ribu sampai Rp20 ribu saja.

 

4. Sate Klatak Pak Bari

Ngehits gara-gara film Ada Apa dengan Cinta 2 pada 2016 silam, Sate Klatak Pak Bari menjadi salah satu wisata kuliner lezat di Jogja yang nggak boleh sampai dilewatkan saat liburan ke sana. Apalagi Sate Klatak Pak Baru ini termasuk legend juga lho, karena sudah ada sebelum 1945.

Buat kamu yang belum tahu sate klatak itu seperti apa, sebenarnya adalah sate kambing muda berusia 8-9 bulan yang dibumbui dengan garam, lalu dipanggang dengan jeruji besi. Bukan hanya dagingnya yang empuk, penggunaan jeruji besi yang bersifat konduktor ini pun bikin sate klatak matang luar-dalam.

Seporsinya dibanderol seharga Rp20 ribu, dengan hidangan lengkap berupa dua tusuk sate klatak, sepiring nasi, gulai kambing serta minum. Sate Klatak Pak Bari ini sendiri bisa kamu temukan di Pasar Wonokromo, yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur No 5, Bantul.

5. Sambal Belut Pak Sabar

Jogja juga punya kuliner pedas yang nggak boleh dilewatkan, seperti Sambal Belut Pak Sabar. Salah satu wisata kuliner lezat di Jogja ini begitu ramai pembeli, nggak terkecuali para foodies.

Pasalnya, selain enak, Sambal Belut Pak Sabar juga legendaris banget, karena sudah ada sejak 1990. Belut yang digoreng diulek bersama garam, cabai, bawang putih, plus kencur yang makin menambah kesedapan sajian satu ini.

Enaknya lagi Sambal Belut Pak Sabar ini bebas tulang, karena dibersihkan lebih dulu sebelum digoreng. Selain itu, jika kamu kurang suka belut, bisa mencoba menu ikan lele dan ikan gabus.

Cukup siapkan Rp20 ribu saja, seporsi Sambal Belut Pak Sabar plus nasi sudah bisa kamu nikmati di warung yang beralamat di Jalan Imogiri Barat km 6, Dokaran, Bantul.

6. Gudeg Mbah Lindu

Belum ke Jogja rasanya kalau nggak mencoba lezatnya gudeg. Apalagi di Jogja ada banyak banget wisata kuliner yang menyajikan gudeg enak sebagai hidangan utamanya. Salah satunya adalah Gudeg Mbah Lindu.

Percaya atau nggak, Gudeg Mbah Lindu sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang lho. Gokilnya, mbah Lindunya sendiri masih aktif berjualan gudeg. Bahkan, Mbak Lindu pula yang meracik dan membumbui sendiri semua hidangan gudegnya.

Rasa manis dan rempah yang begitu kaya, menjadi ciri khas kelezatan gudeg buatan Mbah Lindu. Ada beberapa varian lauk yang bisa kamu pilih. Mulai gudeg, krecek, tahu, tempe, dan tentu saja telur ayam.

Kamu bisa menikmati lezatnya Gudeg Mbah Lindu dengan mengunjungi warungnya yang berlokasi di kawasan Sosrowijayan, Kota Jogja, mulai jam 5 sampai 10 pagi. Seporsinya cukup dinikmati dari harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu saja.

7. Sego Godog Pak Pethel

Selain enak, Jogja juga punya kuliner yang unik seperti Sego Godog alias Nasi Rebus. Salah satunya yang terkenal adalah Sego Godog Pak Pethel. Keunikan hidangan ini terdapat pada sajiannya, yaitu nasi disajikan dalam mangkuk, dengan tambahan suwiran daging ayam, irisan telur, kubis, wortel dan taburan seledri.

Nasi kemudian disiram dengan kuah panas yang begitu gurih dan menggugah selera. Wisata kuliner lezat di Jogja ini bisa kamu jumpai di kawasan Pendowoharjo, Bantul. Selain itu seporsi Sego Godog Pak Pethel yang sudah ada sejak 1986 cukup dibayar sebesar Rp15 ribu saja.

8. Mie Ayam Tumini

Jogja juga punya wisata kuliner lezat berbahan mie yang cukup legendaris banget. Namanya Mie Ayam Tumini Sari Rasa Jati Ayu atau yang populer di kalangan foodies sebagai Mie Ayam Tumini.

Sudah ada sejak 1990 ini memiliki rasa yang lezat banget. Ini karena mienya bikin sendiri, sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal. Selain itu, saat dipadukan dengan kuahnya, rasanya jadi gurih.

Kelezatannya pun kian menggoyang lidah, dengan tambahan ceker, ekstra ayam, maupun mie ayam porsi jumbo yang bisa kamu pesan sesuai selera. Warung mie ayam yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur No 187 ini pun dapat kamu nikmati dengan harga Rp8 ribu saja lho.

Itulah beberapa wisata kuliner lezat di Jogja yang wajib banget saat pelesiran ke Jogja di tahun 2020. Selain benar-benar enak, harganya juga ramah di kantong. Jadi, nggak bakal tekor meski kamu coba satu per satu menu-menu di wisata kuliner Jogja 2020 tersebut. Selamat mencoba, ya!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI