8 Wisata Pantai di Lombok Yang Sayang Untuk Dilewatkan number

Jum'at, 19 Juli 2019 08:36 Penulis: Editor KapanLagi.com
8 Wisata Pantai di Lombok Yang Sayang Untuk Dilewatkan number
Cr: Ksmtour.com/ Tempatwisataseru.com, Diambil 19 Juli 2019


Kapanlagi Plus - Wisata Lombok terkenal dengan destinasi wisata pantai yang sangat terkenal. Pulau Lombok menyimpan objek wisata pantai yang sangat mengagumkan. Jajaran pantai yang memiliki pesona yang memiliki daya tarik tersendiri menarik perhatian bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Bagi Klovers yang berencana berwisata ke Lombok atau sudah singgah di Lombok, berikut ini kami sajikan rekomendasi  wisata pantai populer di Pulau Lombok yang telah dirangkum dari berbagai sumber yang harus kamu kunjungi saat pelesiran ke Lombok. Yuk simak!

 

1. Pantai Senggigi

Salah satu pantai favorit para wisatawan adalah Pantai Senggigi. Seperti yang dilansir dolanyok.com, pantai ini berada di Kecamatan Batu Layar, pantai ini mudah ditempuh dengan segala model transportasi. Ombak yang cukup tinggi dan air jernih menjadi incaran pencinta surfing. Selain berselancar, Pantai Senggigi juga akan memanjakan kamu dengan aktivitas menarik lainnya, seperti snorkeling, bermain kano, dan jogging.

Tidak rugi jika KLovers ingin berlama-lama di pantai ini, mengingat pemandangan matahari tenggelam di Pantai Senggigi luar biasa indahnya. Pemandangan sunset semakin sempurna dengan latar belakang Gunung Arjuna di Bali yang terlihat kecil dari kejauhan. Lokasinya berada di Desa Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombok Timur. Harga tiketnya sangat murah, hanya Rp15.000,- / Orang.

2. Pantai Kuta Lombok

Ketika mendengar kata Kuta, mungkin KLovers akan berpikir tentang Pantai Kuta di Bali. Jangan salah, Lombok Tengah ternyata memiliki pantai dengan nama serupa yang tak kalah cantik. Dilansir dari artikel yang sama, pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan masih sangat alami. Pantai Kuta Lombok sering disebut “Pantai Merica” karena memiliki tekstur butiran pasir yang menyerupai merica. Selain keindahan alam, di pantai yang dikelilingi perbukitan ini pun KLovers bisa mengenal legenda suku Sasak, suku asli Lombok. Lokasinya berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk masuknya tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja membayar parkir sebesar Rp10.000,- untuk mobil dan Rp5000,- untuk motor.

3. Pantai Selong Belanak

Bagi peselancar pemula, Pantai Selong Belanak menjadi tempat latihan surfing terbaik. Ombak yang tidak terlalu besar dan masih sepi pengunjung, membuat KLovers bisa lebih bebas berlatih. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi perbukitan hijau yang melengkapi keindahan pemandangan.

Dilansir dari artikel yang sama, Pantai Selong Belanak berada di Desa Pujut, Lombok Tengah. Datanglah sore hari untuk merasakan pengalaman unik melihat kawanan kerbau yang digiring pulang ke kandang oleh sang penggembala. Pengalaman unik ini membuat banyak pengunjung antusias untuk melihat dan memotret kerbau-kerbau tersebut. Untuk lebih detail, lokasinya berada di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Harga tiketnya hanya Rp2.000,- / Orang.

4. Pantai Gili Trawangan Lombok

Gili trawangan adalah tempat yang pas dan cocok dikunjungi, selain keindahan alam sekitarnya yang sangat eksotik, ditempat ini juga banyak sekali aktivitas seru yang dapat dilakukan. Dilansir dari artikel yang sama, KLovers dapat menikmati alam bawah lautnya dengan bersenorkeling dan juga dapat menikmati keindahan disekitar gili trawangan dengan menggunakan kendaraan tradisional setempat yakni cimodo, dan masih banyak lagi hal seru yang dapat Klovers lakukan disini. Lokasinya berada di Jalan Pantai Gili Trawangan, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Harga tiket masuknya Rp.10.000,- / Orang.

5. Pantai Batu Payung

Berada di satu garis pantai yang sama dengan Pantai Tanjung Aan. Dialnsir dari firstlomboktour.com, pantai ini terkenal unik karena memiliki sebuah karang besar berbentuk mirip payung di tengah laut. Banyaknya karang di pantai ini tak memungkinkan wisatawan untuk berenang. Keberadaan Pantai Batu Payung tidak sulit untuk dicari. Lokasinya hanya berada di balik bukit sebelah timur dari Pantai Tanjung Aan. KLovers bisa berjalan kaki menelusuri batu-batu karang dan pecahan koral di kala air surut. Jika air sedang pasang, KLovers harus menyewa perahu menuju pantai ini. Lombok Tengah dekat dengan Pantai Tanjung Aan. Kalau dari Mataram akan memerlukan waktu sekitar 1,5-2 jam tergantung dengan kecepatan melaju. KLovers dapat ke Batu payung dengan menggunakan akses jalur laut hanya dengan 15 menit saja dari pantai Tanjung Aan. Tetapi kita juga dapat melalui jalur darat yang memerlukan waktu sekitar 30 menit. Lokasi Pantai Batu Payung berada di Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Harga untuk sewa kapal sekitar Rp200.000,- per kapal.

6. Pantai Kerandangan

Tak jauh dari Pantai Senggigi para wisatawan dapat menemukan sebuah pantai yang memiliki pesona yang tak kalah cantik dengan Pantai Senggigi, yakni Pantai Kerandanagan. Dilansir dari artikel yang sama, lokasi pantai ini berjarak sekitar 3 km di bagian utara Pantai Senggigi. Salah satu daya pikat dari Pantai Kerandang ini adalah lingkungannya yang masih sangat rindang, dengan pemandangan tebing-tebing yang khas dan memukau.

Pantai Kerindangan masih tergolong sepi, tidak banyak pengunjung yang datang kecuali di akhir pekan. Oleh sebab itu, banyak yang menjadikan objek wisata yang satu ini sebagai tempat untuk bersantai, melepaskan penat dan membuat pikiran rileks. Selain pemandangannya yang elok, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cocok sekali untuk olahraga berselancar. Deburan ombak putih yang menggulung dengan ketinggian mencapai 3,5 meter menjadi sebuah pemandangan yang biasa di sini. Tentu hal ini yang diburu oleh para peselancar lokal dan manca negara. Pantai Kerandangan memiliki tiga pantai dengan karakter yang berbeda. Tinggal pilih saja, Kerandangan 1, 2, atau 3. Lokasinya berada di Jalan Raya Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Harga tiket untuk wisatawan lokal Rp5.000,- / Orang, wisatawan asing Rp30.000,- / Orang.

7. Pantai Goa Landak

Pantai Goa Landak, namanya yang unik membuat banyak orang penasaran dan ingin melihat keunikan pantai yang berada di Lombok Barat ini. Walaupun namanya Goa Landak namun di sini para wisatawan tidak akan menemukan mamalia dengan tubuh berduri tersebut. Goa Landak hanya sebutan saja bagi salah satu spot di pantai ini yang membentuk sebuah lorong sempit. Di Pantai ini terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi yang biasanya dimanfaatkan untuk menikmati panorama laut lepas yang damai dan bikin rileks.

Dilansir dari artikel yang sama, salah satu keunikan Pantai Goa Landak ini adalah adanya sebuah bukit karang yang menyerupai ombak atau yang disebut sebagai bukit ombak. Bukit ombak terbentuk secara alami dari ombak yang menggerus karang selama puluhan hingga ratusan tahun. Melalui proses biologis, karang yang kokoh tersebut tergerus dan terkikis hingga membentuk lengkungan mirip sekali dengan ombak. Tentu bagian ini menjadi spot yang sangat cocok untuk berfoto. Nah, pantai yang berlokasi di Desa Mandar, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat ini tergolong cukup sepi. Karena akses menuju ke objek wisata cukup menantang, para wisatawan harus melewati daerah dengan jalan terjal tanpa aspal yang memacu adrenalin. Harga tiket masuknya Rp5.000,- / Orang.

8. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong merupakan salah satu objek wisata yang sangat patut untuk dikunjungi saat liburan ke Pulau Lombok, khususnya Lombok Barat. Dilansir dari artikel yang sama, lokasi objek wisata ini di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Sekitar 1,5-2 jam perjalanan darat dari Kota Mataram dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Pantai Sekotong memiliki karakter ombak yang tenang, sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang menginginkan kedamaian, ketenangan dan relaksasi.

Pantai Sekotong adalah paket komplit bagi liburan panjang keluarga. Karena pantai ini memiliki panorama pantai yang begitu indah. Para wisatawan bisa menikmati kemilau cahaya matahari terbit yang mengagumkan serta kilau keemasan cahaya matahari terbenam yang syahdu. Tak hanya itu, Pantai Sekotong juga memiliki panorama bawah laut yang begitu indah dan jarang kita temukan di daerah lainnya. Lokasinya berada di Jalan Raya Mekaki, Pelangan, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Tiket masuknya setiap orang dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-. Untuk biaya parkir kendaraan, motor sebesar Rp 5.000,- mobil Rp 10.000,- dan bus sebesar Rp 20.000,-.  

Nah, 8 wisata pantai Lombok diatas wajib banget buat dikunjungi. Sungguh, sebuah objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selamat berlibur!

Penulis: Diah Arizona

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI