9 Wisata Jogja Paling Hits 2020, Bakal Nyesel Kalau Nggak Masuk Agenda Liburanmu

Sabtu, 08 Februari 2020 13:58 Penulis: Iwan Tantomi
9 Wisata Jogja Paling Hits 2020, Bakal Nyesel Kalau Nggak Masuk Agenda Liburanmu
(c)Shutterstock


Kapanlagi Plus - Wisata Jogja paling hits 2020 mulai banyak bertebaran di media sosial. Nggak sedikit yang membicarakan, hingga berencana untuk mengunjunginya. Menariknya, destinasi wisata tersebut hadir dengan bermacam bentuk. Bukan cuma wisata tematik dengan warna-warni yang begitu menyolok mata, tetapi hadir dengan ragam atraksi.

Ada yang bentuknya sangat unik, ada yang lokasinya tersembunyi, hingga ada juga yang bisa memicu adrenalin saat mencobanya. Apapun bentuknya, yang jelas wisata Jogja paling hits 2020 ini benar-benar layak dikunjungi dan wajib masuk agenda liburanmu.

Kira-kira mana saja tempat-tempat yang masuk wisata jogja paling hits 2020?

1. Watu Giring

Namanya memang terdengar unik, tetapi jangan salah destinasi ini termasuk wisata Jogja paling hits 2020. Dulunya tempat ini hanya area penambangan batu.

Namun, proses tersebut rupanya meninggalkan pahatan alami, hingga membuat batu-batu di sana jadi tampak bertingkat-tingkat. Lokasi wisata Watu Giring ini berada di Sambirejo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski sudah dikelola secara swadaya oleh karang taruna setempat, tetapi pengunjung yang datang cukup membayar semampunya.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Percaya atau nggak, di Jogja kamu bisa menikmati gurun pasir yang hits banget di kalangan wisatawan. Kamu bisa menemukannya di Pantai Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasalnya, tempat tersebut memiliki bibir pantai yang cukup lebar. Kerennya lagi, pasir pantai yang terhempas angin laut, membentuk gundukan, atau gumuk-gumuk menyerupai padang pasir.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini pun makin diminati wisatawan karena sudah dikelola dengan sangat baik. Bahkan, kamu bisa menikmati beragam atraksi wisata yang tersedia di sana, seperti sand boarding hingga berfoto ala-ala liburan di Timur Tengah.

3. Kawasan Malioboro

Hampir nggak ada yang pernah melewatkan untuk mampir ke Malioboro saat berkunjung ke Jogja. Bahkan, banyak yang setuju jika ikon Kota Jogja ini layak dimasukkan ke daftar wisata Jogja paling hits 2020.

Ini karena Malioboro baru saja mengalami renovasi besar-besaran. Selain makin ramah wisatawan dan pejalan kaki, kini Malioboro juga menghadirkan banyak sekali instalasi seni yang di pasang di kawasan tersebut.

Menariknya lagi, penataan tempat duduk, taman, hingga para pedagang menjadi lebih rapi, sehingga siapapun yang datang ke kawasan Malioboro pada 2020 ini bisa nyaman dan betah berlama-lama di sana.

4. Kereta Gantung Pantai Timang

Buat kamu yang suka wisata adrenalin, datanglah ke Pantai Timang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Jogja paling hits 2020 tersebut benar-benar super terkenal, bahkan ke mancanegara.

Pasalnya, di Pantai Timang ada kereta gantung yang melewati deburan ombak ganas, menuju Bukit Karang Pantai Timang. Nah, yang bikin jantung berdebar-debar adalah kereta gantung tersebut dikaitkan dengan tali-tali biasa, dan ditarik menggunakan tenaga manusia.

Meski sudah dilengkapi standar keamanan yang cukup baik, tetapi saat menaiki kereta gantung yang hanya bisa ditumpangi satu orang, kerap bikin nyali kembang-kempis. Belum lagi ditambah terpaan angin dan hembusan ombak yang bikin kereta gantung naik-turun, makin degdegan sekaligus bikin penasaran.

5. Lava Bantal

Fenomena alam kadang melahirkan banyak tempat-tempat wisata baru yang begitu menakjubkan. Salah satunya adalah Lava Bantal yang berada di Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Jogja paling hits 2020 ini memiliki keunikan pada bentang alam, berupa lava yang membeku dan membentuk serupa bantal yang bertumpuk. Uniknya, di tengah tumpukan Lava Bantal tersebut ada sebuah sungai bersih, yang juga diapit pepohonan yang begitu rindang.

Wisatawan pun dibikin makin nyaman, karena di Lava Bantal sudah tersedia fasilitas wisata yang begitu lengkap, termasuk toilet yang bersih, musala, taman bermain, hingga joglo untuk istirahat selepas lelah berjelajah.

6. Ayunan Langit Watu Jaran

Selain Kereta Gantung Pantai Timang, wisata Jogja paling hits 2020 yang juga wajib kamu masukkan ke dalam agenda liburanmu adalah Ayunan Langit Watu Jaran. Kedua wisata tersebut sama-sama menguji adrenalin.

Bedanya, kalau kereta gantung berada di atas laut, ayunan langit ini berada di atas tebing Watu Jaran. Sambil berayun di atas ketinggian 800 meter, kamu bisa melihat indahnya Bukit Menoreh dari atas.

Kerennya, ayunan ini dibuat dari baja, sehingga tahan korosi dan mampu menampung bobot maksimal 500kg. Kerennya, pengelola ayunan langit Watu Jaran ini telah bekerja sama dengan SAR, sehingga terjamin keamanannya.

7. Hutan Pinus Pengger

Jika tahun lalu Jogja diramaikan dengan kehadiran Hutan Pinus Mangunan yang begitu hits, di tahun 2020 Jogja kembali memiliki destinasi wisata Hutan Pinus Pengger yang tengah hits banget.

Wisata Jogja paling hits 2020 ini berlokasi di Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nggak hanya ramai dikunjungi wisatawan saat siang hari, di malam hari Hutan Pinus Pengger juga ramai pengunjung.

Apalagi pengunjung bukan hanya bisa berfoto di tengah pepohonan pinus, tetapi juga tersedia beragam spot foto menarik. Hutan Pinus Pengger pun makin lengkap dengan kehadiran fasilitas wisata yang memadai, seperti gazebo, tempat makan, hingga musala.

8. Bukit Bintang

Beberapa waktu terakhir wisata perbukitan yang menampilkan gemerlap kota di malam hari populer di berbagai daerah, nggak terkecuali Jogja. Kamu bisa menemukannya di Bukit Bintang yang beralamat di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat sore menjelang malam hari, Bukit Bintang yang lagi hits banget di Jogja biasanya makin ramai pengunjung. Ini karena dari atas puncak Bukit Bintang, kamu bisa melihat indahnya Kota Jogja di malam hari.

Selain itu, di Bukit Bintang juga tersedia rooftop dengan aneka kudapan dan minuman tradisional yang ramah di kantong, seperti kopi hitam dan gorengan. 

9. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Wisata Jogja paling hits 2020 lainnya yang layak banget kamu kunjungi adalah Hutan Mangrove Pasir Kadilangu, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, yang bikin wisatawan berbondong-bondong ke sana bukan sekadar keasrian hutan mangrove saja, melainkan hadirnya jembatan bambu hingga replikasi Menara Eiffel yang dibuat dari bambu.

Bukan itu saja, kamu juga bisa menjumpai pura hingga lorong heksagonal. Menariknya semua bangunan tersebut dibuat dari bambu semua, sehingga benar-benar unik dan begitu menarik saat dijadikan latar berfoto.

Itulah beberapa wisata Jogja paling hits 2020. Meski ini masih permulaan tahun, tetapi wisata-wisata tersebut sudah menyedot perhatian banyak wisatawan.

Tentu saja seiring berjalannya waktu, akan muncul-muncul wisata Jogja hits 2020 lainnya. Paling nggak, dengan ada beberapa daftar wisata Jogja paling hits 2020 tersebut, kamu nggak lagi bosan saat liburan ke Jogja. Sebab, bisa mengunjungi tempat-tempat baru, dan bukan destinasi wisata yang itu-itu saja.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI