Adiwastra Nusantara 2019 Siap Gaet Hati Para Generasi Milenial

Kamis, 14 Maret 2019 23:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Adiwastra Nusantara 2019 Siap Gaet Hati Para Generasi Milenial
Adiwastra Nusantara 2019 © KapanLagi/Akrom Sukarya


Kapanlagi Plus - Pameran kain adati terbesar di Indonseia, Adiwastra Nusantara bakal kembali hadir tahun ini, tepatnya pada 20 hingga 24 Maret 2019. Seperti diketahui, Wastra berarti kain, sementara itu Adi berarti unggul atau terbaik, sehingga Adiwastra Nusantara berarti pameran kain-kain tradisional unggulan dari seluruh wilayah Indonesia.

Pameran yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2008 ini ini digagas oleh komunitas pecinta dan pegiat promosi kain adati nusantara yang dimotori oleh Edith Ratna Soeryosoeyarso dan kawan-kawan. Tujuan dari pameran ini antara lain untuk terus mengobarkan semangat pelestarian serta pengembangan kain adati nusantara sebagai kekayaan bangsa yang beragam dan memiliki keindahan serta nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal yang tinggi.

Adiwastra Nusantara 2019 bakal digelar di Balai Sidang Jakarta (JCC), Lebih dari 400 peserta pameran UKM atau perajin wastra dari seluruh wilayah Indonesia akan menggelar aneka ragam produk wastra seperti batik, tenun ikat, songket dan sulam serta aneka produk fesyen berbasis wastra adati. Jumlah pengunjung Adiwastra Nusantara 2019 diperkirakan sekitar 40.000 orang dengan jumlah transaksi mencapai 45 hingga 50  miliar rupiah.

Adiwastra Nusantara didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait yang membina dan menaungi UKM perajin wastra serta pegiat ekonomi kreatif berbasis wastra, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Badan Ekonomi Kreatif serta beberapa lembaga pemerintah dan swasta lainnya.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI