Air di Kolam Ini Hitam Pekat Tapi Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Sabtu, 13 Mei 2017 11:18 Penulis: Agista Rully
Air di Kolam Ini Hitam Pekat Tapi Dipercaya Sembuhkan Penyakit
© Bangkok Post

Kapanlagi Plus - Ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan warna dalam air. Mulai dari intensitas cahaya yang masuk, kedalaman, kandungan yang terseret oleh air, hingga ganggang. Semua hal sejatinya dapat dijelaskan secara ilmiah, hanya saja ada suatu kolam unik di Thailand yang belum diteliti lebih lanjut.

Terdapat sebuah kolam air berwarna hitam di desa Ai Kasae, Thailand, yang jadi primadona masyarakat setempat. Sebab air berwarna mengerikan ini justru dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit. Bermula dari kesembuhan penyakit kulit hingga seluruh penyakit seperti yang dikutip dari Bangkok Post.

Terdapat dua kolam air berwarna hitam pekat yang dipercaya dapat menyembuhkan © Bangkok PostTerdapat dua kolam air berwarna hitam pekat yang dipercaya dapat menyembuhkan © Bangkok Post

Seorang warga bernama Jormae Jaema mengatakan bahwa ada dua kolam air berwarna hitam. Kedua mata air tersebut berasal dari sumber mata air alami dan telah eksis sejak 40 tahun lalu. Awalnya hanya ada satu mata air hitam saja, tak lama kemudian muncul mata air kedua.

Kepercayaan masyarakat setempat bahwa air berwarna hitam ini dapat menyembuhkan tak lepas dari para hewan yang juga menggunakannya. Menurut penuturan Jormae, hewan yang mengalami penyakit kulit akan berendam di kolam air berwarna hitam tersebut dan sembuh di kemudian hari.

Warna hitam yang terdapat pada air ini pun masih belum diketahui penyebabnya © Bangkok PostWarna hitam yang terdapat pada air ini pun masih belum diketahui penyebabnya © Bangkok Post

Rumor ini akhirnya menyebar dengan cepat dan sampai ke telinga warga lain di luar provinsi. Namun ada juga yang menyebarkan rumor bahwa warna mata air Ai Kasae berasal dari kotoran manusia. Hal ini dibantah oleh warga lokal.

Meski diterpa isu negatif dan dilarang untuk dikonsumsi langsung oleh pakar kesehatan, mata air ini tetap dipercaya sebagai penyembuh. Terbukti ratusan orang mendatangi mata air ini tiap akhir pekan sembari membawa berbagai macam wadah. Nah, kalau KLovers percaya tidak?

(ban/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI