Ajaib, Gadis Berusia 11 Tahun Selesaikan Studi Sarjana Hukum!

Sabtu, 17 Juni 2017 06:18 Penulis: Agista Rully
Ajaib, Gadis Berusia 11 Tahun Selesaikan Studi Sarjana Hukum!
© World of Buzz

Kapanlagi Plus - Belum lama ini pengumuman SBMPTN telah turun. Dari hasil tersebut, diketahui ada seorang peserta termuda yang masih berusia 14 tahun berhasil masuk ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB. Remaja tersebut bernama Musa Izzanardi Wijanarko atau kerap disapa Izzan.

Menariknya, Izzan justru menggunakan ijazah Paket C dan belajar homeschooling untuk berhasil lolos dalam SBMPTN ini. Rupanya semakin lama, anak-anak zaman sekarang semakin cerdas saja bukan? Sebab ada lagi seorang bocah berusia 11 tahun asal Thailand berhasil menyelesaikan 6 mata kuliah Sarjana Hukum. Wow!

Gadis cilik bernama Supanida Apaiwong in imenghadiri kelas di sebuah universitas Thailand, Sukhothai Thammathirat Open University. Yang membuat netizen geger adalah kenyataan bahwa gadis ini berhasil lulus dalam mata kuliah Hukum Publik dan Pengantar Manajemen yang seharusnya ditempuh oleh mahasiswa setara S1.

Supanida Apaiwong, gadis berusia 11 tahun yang sudah selesaikan mata kuliah sarjana hukum © World of BuzzSupanida Apaiwong, gadis berusia 11 tahun yang sudah selesaikan mata kuliah sarjana hukum © World of Buzz

Memang sih Supanida tidak menyelesaikan pendidikan tersebut dengan singkat tapi bocah yang mengikuti kelas jarak jauh ini telah memulai program 'Sarjana' tersebut sejak masih berusia 9 tahun. Dan kebetulan kelas yang diambil oleh Supanida diperuntukkan bagi mahasiswa semua umur dan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa ke jenjang selanjutnya.

Gadis yang masih bersekolah di Rattana Suksa ini tidak memiliki masalah sedikit pun dengan kelas yang dijalankannya secara virtual tersebut. Yang patut diapresiasi, gadis ini menerapkan kedisiplinan tinggi untuk melakoni sekolah konvensional dan kuliah online-nya.

"Ketika dia masih berusia 8 tahun, dia sudah belajar standard 2 dan dia sudah lancar menulis. Jadi aku mencarikan dia kegiatan lain tapi aku tak ingin memaksanya ikut kompetisi akademik karena akan membebaninya," pungkas sang Ibu dikutip dari World of Buzz.

(wor/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI