37 Kata-Kata Mutiara Hikmah dalam Menjalani Hidup, Penuh Makna dan Buat Hati Lebih Tenang


Berita | Senin, 22 Maret 2021 11:44

Kapanlagi.com - Dalam menjalani hidup di dunia ini, manusia sering kali dihadapkan pada berbagai cobaan. Bahkan terkadang, cobaan muncul secara bertubi-tubi menguji kekuatan dan ketabahan. Bagi mereka yang tegar, cobaan akan dipandang sebagai pelajaran hidup berharga. Sebab, mereka yang tegar paham betul bahwa ada hikmah di balik musibah. Hal itulah yang setidaknya tergambar dalam kata-kata mutiara hikmah.


Pada dasarnya memang tidak semua orang bisa memetik hikmah dari suatu musibah. Untuk bisa sampai pada titik itu, diperlukan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah yang ada. Kata-kata mutiara hikmah bisa membuka mata hati seseorang untuk berlaku ikhlas dan tabah dalam memaknai setiap peristiwa dalam hidup.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kata-kata mutiara hikmah yang bisa menyadarkan kita betapa berharganya hidup ini.

1 dari 3 halaman

1. Kata-Kata Mutiara Hikmah dalam Menjalani Hidup

(credit: freepik)

Kehidupan manusia seringkali diibaratkan seperti roda yang berputar. Situasi susah dan senang seringkali muncul bergantian. Berbagai peristiwa yang terjadi selalu membawa hikmah atau pelajaran berharga yang tersembunyi. Untuk bisa memetik hikmah tersebut, kita harus bisa memaknai hidup. Berikut beberapa kata-kata mutiara hikmah yang bisa membuka mata kita untuk bisa lebih memaknai hidup.

1. "Kehidupan adalah serangkaian pelajaran yang harus dialami untuk dimengerti."

2. "Perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju tujuan, tapi proses memantaskan diri untuk meraih tujuan."

3. "Perjuangan adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam hidup, jika tuhan membiarkan hidup tanpa hambatan dan perjuangan, itu mungkin akan melumpuhkan kita, karena kita akan senantiasa sombong dengan segala kemudahan, hingga akhirnya jatuh dan kalah."

4. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara, namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya."

5. "Saat Anda melakukan sesuatu dan gagal, Anda mendapatkan hikmah. Jika tidak melakukan apa apa artinya Anda kalah oleh rasa takut."

6. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

7. "Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi."

8. "Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup. Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan Allah sebagai tujuan hidup."

9. "Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan."

10. Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebih besar."

11. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

 

2 dari 4 halaman

2. Kata-Kata Mutiara Hikmah Penuh Makna

(credit: freepik)

Memetik hikmah dari suatu peristiwa bukanlah hal yang mudah. Selain hati yang tulus, juga diperlukan pikiran yang terbuka untuk mencerna setiap makna mendalam di balik suatu peristiwa. Berikut beberapa kata-kata mutiara hikmah yang ditulis dengan makna yang begitu dalam.

12. "Tetaplah berwibawa. Tak angkuh dan tak jumawa. Meski terkadang diri harus kecewa, sebab ia tengah dididik untuk jadi istimewa."

13. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

14. "Masalah adalah sebuah anugerah Dimana kita bisa mendapatkan hikmah dan memberikan inspirasi untuk bertindak."

15. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

16. "Pemikiran hanya akan menjadi besar dan dapat hidup di antara kita, jika diperjuangkan dengan sebuah pengorbanan yang penuh totalitas." - Abu Rusyidan

17. "Hal-hal yang baik datang untuk mereka yang menunggu. Tapi hal yang lebih baik lagi datang kepada mereka yang bergerak untuk mendapatkannya."

18. "Hal-hal yang baik datang untuk mereka yang menunggu. Tapi hal yang lebih baik lagi datang kepada mereka yang bergerak untuk mendapatkannya."

19. "Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah."

20. "Setiap perjuangan pasti ada tantangan. Jika tidak berani menghadapi tantangan, jangan berjuang. Namun hidup sendiri pun adalah perjuangan." - Abdurrahman Navis

21. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." - Nourman Ali Khan

22. "Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah." - Abu Bakar Sibli

23. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

 

3 dari 4 halaman

3. Kata-Kata Mutiara Hikmah Islami

(credit: freepik)

Islam menjadi salah satu ajaran agama yang sangat menganjurkan pemeluknya untuk selalu sabar dalam hidup. Agama Islam juga menekankan bahwa pasti ada hikmah di balik setiap peristiwa dan cobaan yang terjadi. Berikut beberapa kata-kata mutiara hikmah yang bernuansa islami.

24. "Musibah yang membuatmu kembali kepada Allah lebih baik dari nikmat yang membuatmu lupa kepada Allah."

25. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi dia melihat hati dan amal kalian." - Nabi Muhammad SAW

26. "Apapun yang terjadi dalam harimu yakinlah bahwa semuanya adalah kehendak dan rencana Allah untuk kebahagiaanmu."

27. "Hikmah Tuhan menciptakan dunia supaya segala sesuatu yang ada dalam pengetahuan-Nya menjadi tersingkap." - Jalaluddin Rumi

28. "Bersyukur atas keterbatasan yang kamu miliki karena hal itu memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri."

29. "Jangan risaukan apa yang tidak kita miliki, tapi risaukan hati saat tak bersungguh-sungguh mensyukuri setiap pemberian-Nya."

30. "Renungkanlah diri anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." - M. Quraish Shihab

31. "Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." -Buya Hamka

32. "Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." - Imam Ghazali

33. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

34. "Tuhan memberiku sindrom Parkinson ini untuk menunjukan kalau Aku bukanlah 'Yang Terhebat'. Melainkan hanya Dia (Tuhan)."Muhammad Ali

35. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

36. Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." -Imam Syafii

37. "Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." - Nabi Muhammad SAW

Itulah di antaranya 37 kata-kata mutiara hikmah yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk menjalani hidup yang lebih bermakna!

 

(kpl/psp)

Topik Terkait