50 Kata-Kata Mutiara Islami Penuh Makna dan Menyejukkan Hati, Mempertebal Keimanan

Kamis, 04 Februari 2021 13:36
50 Kata-Kata Mutiara Islami Penuh Makna dan Menyejukkan Hati, Mempertebal Keimanan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kata-kata mutiara sering kali dijadikan pegangan atau pedoman bagi seseorang dalam menjalani hidup. Wajar saja, pasalnya kata mutiara memang tak pernah gagal dalam membangkitkan motivasi hidup. Kata-kata mutiara Islami jadi salah satu yang cukup populer dan lumayan sering dikutip. Selain bangkitkan motivasi, kata-kata mutiara bernada Islami juga sangat menyejukkan hati.

Kata-kata mutiara Islami mengandung makna mendalam yang berkaitan dengan ajaran agama Islam. Artinya, kata-kata mutiara ini bisa semakin mendekatkan seorang muslim dengan Allah SWT. Selain itu, tentu saja kata mutiara Islami juga memberikan banyak pelajaran hidup. Tak mengherankan jika kemudian banyak kaum muslim yang menjadikan kata-kata Islami ini sebagai motto hidup.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa kata-kata mutiara Islami yang bermakna dan menyejukkan hati.

 

 

 

 

 

 

1. Kata-Kata Mutiara Islami tentang Cinta

Cinta dipandang sebagai suatu anugerah. Bahkan, mencintai dan dicintai juga jadi salah satu anugerah terbesar yang diterima manusia. Tak heran, dalam kata-kata mutiara Islami cinta sangat lekat dengan kalimat syukur dan doa-doa mengharap berkah Allah SWT. Berikut beberapa kata-kata mutiara Islami tentang cinta.

1. "Aku yakin, jika dua orang sudah ditakdirkan untuk bersama, maka dari sudut bumi manapun meraka berasal pastilah mereka akan bertemu."

2. "Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

3. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

4. "Doaku untukmu tidak pernah selesai karena aku mencintaimu."

5. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

6. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

7. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

8. "Bingkai cinta dalam Islam adalah pernikahan yang membuat hidup tampak bersahaja."

9. "Sebaik-baik rindu untuk bertemu adalah ketika kita sama-sama menjamu dalam doa yang semu."

10. "Tuhan tidak pernah keliru memberikan anugerah cinta kepada hamba-Nya, karena sebuah cinta yang datang itu pasti ada makna dan alasannya."

11. "Akan selalu ada laki-laki baik untuk perempuan yang terus berusaha memperbaiki dirinya. Juga, akan selalu ada perempuan yang baik-baik untuk lelaki yang selalu berusaha memperbaiki dirinya" (Tere Liye).

12. "Allah maha kuasa dan Allah maha tahu, jadi meskipun aku dan kamu tidak menjadi kita, insyaallah ini yang terbaik."

13. "Cinta yang terjadi karena Allah tidak akan pernah berakhir" (HR. Muslim).

14. "Jangan biarkan cintamu menjadi keterikatan atau kebencianmu menjadi kehancuran" (Umar bin Khattab).

15. "Mati tanpa cinta adalah kematian terburuk dari segala kematian" (Jalaluddin Rumi).

 

 

 

 

 

 

2. Kata-Kata Mutiara Islami Bangkitkan Semangat

Layaknya kata-kata motivasi pada umumnya, kata-kata mutiara bernada Islami juga mampu membangkitkan motivasi dan semangat hidup. Membaca untaian kata ini akan membuat seseorang semakin optimis dalam menjalani hidup. Sebab, kata-kata mutiara Islami akan menyadarkan setiap muslim bahwa Allah SWT selalu ada di sisi mereka. Berikut ini beberapa kata-kata mutiara Islami yang bisa bangkitkan semangat.

1. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" (QS Al-Baqarah, ayat 286).

2. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian" (Nabi Muhammad SAW).

3. "Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar" (Muhammad Ali).

4. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS Ar Rad, ayat 11).

5. "Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia" (Ali bin Abi Thalib).

6. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu" (Ali bin Abi Thalib).

7. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang" (Ali bin Abi Thalib).

8. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" (QS Al-Baqarah, ayat 286).

9. "Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu" (Ali bin Abi Thalib).

10. "Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat balasannya" (QS Az-Zalzalah, ayat 7).

11. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup" (Aa Gym).

12. "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu" (HR Muslim).

13. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu" (Ali bin Abi Thalib).

 

 

 

 

 

 

3. Kata-Kata Mutiara Islami tentang Bersyukur

Selama hidup di dunia, setiap harinya kita selalu menerima rezeki dan nikmat dari Allah SWT. Sehingga sudah semestinya, hidup ini dipenuhi dengan perasaan bersyukur. Sebab, dengan bersyukur segala nikmat yang didapat juga akan lebih menjadi berkah. Berikut beberapa kata-kata mutiara Islami tentang bersyukur.

1. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih" (QS. Ibrahim: 7).

2. "Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi."

3. "Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan."

4. "Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak" (HR. Ahmad).

5. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman" (QS. Ali Imran: 139).

6. "Bersyukur atas segala nikmat Allah. Nikmat yang tampak pun nikmat yang tidak tampak. Nikmat lahir pun nikmat batin."

7. "Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

8. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

9. "Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya" (Ibnu Qayyim).

10. "Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar" (Nabi Muhammad SAW).

11. "Bersyukur atas keterbatasan yang kamu miliki karena hal itu memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri."

12. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain" (Jalaludin Rumi)

13. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak" (HR. Ahmad).

 

 

 

 

 

 

4. Kata-Kata Mutiara Islami Menyejukkan Hati

Islam merupakan agama yang lembut dan mengajarkan cinta kasih pada setiap umatnya. Hal ini tercermin dalam ajaran agama Islam yang sangat menekankan
kesempurnaan akhlak umatnya, termasuk dalam bertutur kata. Islam mengajarkan setiap umatnya untuk bertutur kata lembut dan menyejukkan hati. Seperti beberapa kata-kata mutiara Islami berikut ini, yang dapat menyejukkan hati siapapun yang membacanya.

1. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini" (Hasan al Bashri).

2. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan" (Ali bin Abi Thalib).

3. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan" (QS. Asy-Syuura : 43).

4. "Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan" (Q.S Yunus: 56).

5. "Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."

6. "Kenali kebenaran, maka kamu akan tahu orang-orang yang benar. Benar Tidak diukur oleh orang-orangnya, tetapi manusia diukur oleh kebenaran" (Ali bin Abi Thalib).

7. "Orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta dan rasa hormat" (Ali Bin Abi Thalib).

8. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

9. "Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata, Kusimpan kasih-Mu dalam dada" (Jalaluddin Rumi).

10. "Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang" (Ali bin Abi Thalib).

11. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati" (Ali bin Husein).

12. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu" (Ali Bin Abi Thalib).

Itulah di antaranya 50 kata-kata mutiara Islami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi!

 

 

 

 

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI