4 Buku Cerpen Horor dengan Kumpulan Kisah Menyeramkan, Bikin Nggak Bisa Tidur


Berita | Senin, 17 April 2023 18:22
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Kisah horor menjadi sebuah hiburan yang banyak dipilih oleh mereka pecinta horor. Bagi kalian yang suka dengan kisah-kisah horor, maka bisa juga membaca buku cerpen horor berikut ini.


Ya, buku ini akan memberikan kalian kumpulan cerpen seru untuk kalian baca sebagai waktu luang. Tentu saja, buku cerpen horor ini juga populer loh KLovers. Jadi, buku-buku ini sayang banget untuk kalian lewatkan.

Nah, bagi KLovers yang suka dengan kisah-kisah horor, maka berikut ini daftar buku cerpen horor yang bisa kalian baca di waktu luang. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 5 halaman

1. Pengertian Cerpen

Sebelum KLovers mengetahui apa saja buku cerpen horor, KLovers juga perlu tahu apa itu cerpen. Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra. Menurut Sumardjo yang dikutip dari buku Menulis Itu mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal, cerita pendek atau cerpen adalah seni, keterampilan menyajikan menyajikan cerita yang di dalamnya merupakan satu kesatuan bentuk utuh, manunggal, dan tidak ada bagian-bagian yang tidak perlu, tapi juga ada bagian yang terlalu banyak.

Arti lain yang merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cerpen adalah cerita pendek atau kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika). Nah, dari beberapa pengertian di atas bisa dikatakan bahwa cerpen adalah karya sastra yang isinya fokus pada sebuah peristiwa atau kejadian. Jalan cerita pun berkonsentrasi panda kejadian tersebut.

Kisah dalam cerpen cenderung lebih singkat rata-rata tidak lebih dari 10.000 kata. Cerpen juga tidak bertele-tele, sehingga bisa selesai dibaca hanya dalam satu kali duduk. Sementara itu, tak ada batasan yang pasti dengan jumlah kata atau halaman dalam novel. Itulah sebabnya kita bisa menjumpai novel dalam bentuk buku dengan jumlah halaman yang mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Hal ini juga yang akhirnya membuat novel tidak bisa selesai dibaca satu kali duduk sebagaimana membaca cerpen.

Selain itu, dalam cerpen juga hanya fokus pada seorang tokoh yang menghadapi satu konflik dengan satu penyelesaian. Sementara itu, seperti yang kita tahu novel umumnya menghadirkan kisah dengan banyak tokoh sehingga konflik-konfliknya juga lebih kompleks. Sering kali, bahkan novel menyajikan cerita yang teramat kompleks dengan tokoh yang menghadapi beberapa konflik.

 

2 dari 6 halaman

2. Kumpulan Cerpen Horor

(credit: gramedia.com)

Buku cerpen horor yang pertama yaitu, ada buku Kumpulan Cerpen Horor karya Primadonna Angela. Dalam buku ini kalian akan disajikan bagaimana tentang angka 13 yang membawa sial dalam berbagai keadaan.

Buku Kumpulan Cerpen Horor ini juga memiliki ending yang mindblowing dan susah ditebak loh KLovers. Namun, dalam buku Kumpulan Cerpen Horor ini, kalian juga akan banyak diberikan pesan moral yang luar biasa.

 

3 dari 6 halaman

3. Dickon: Kumpulan Cerita Horor

(credit: gramedia.com)

Buku cerpen horor yang kedua yaitu, ada buku berjudul Dickon: Kumpulan Cerita Horor karya J. Sheridan Le Fanu dan Laura Harsoyo. Kalian yang suka membaca buku terjemahan, maka buku ini bisa jadi pilihan. Buku Dickon: Kumpulan Cerita Horor ini bercerita tentang Sebuah kumpulan cerita hantu tradisional Victoria, legenda dan dongeng tentang orang-orang mistis Irlandia yang telah membuat perjanjian dengan iblis.

Buku ini diawali dengan sebuah cerita menakutkan tentang seorang gadis muda yang jatuh cinta dengan makhluk supernatural jahat, dengan cara penyajian deskripsi yang sangat luar biasa tentang hutan, padang rumput, dan cuaca. Buku ini akan memberikan kalian luar biasa tentang bagaimana mengerikannya dongeng-dongeng mistis di Irlandia. Dan jadi buku cerpen horor yang sayang untuk dilewatkan.

 

4 dari 6 halaman

4. Lewat Tengah Malam: Ganjil

(credit: goodreads.com)

Buku Lewat Tengah Malam: Ganjil juga menjadi salah satu buku cerpen horor yang berikutnya. Buku Lewat Tengah Malam: Ganjil ini merupakan karya Sweta Kartika dengan berbagai cerita horor lokal, yang dikumpulkan menjadi lima cerita horor terbaik.

Dalam buku ini kalian akan diberikan sebuah kisah tentang, misteri bocah pembisik, danau maut penuh butiran emas, singgasana berdarah dan pesugihan. Buku Lewat Tengah Malam: Ganjil ini juga menjadi salah satu buku karya anak Bangsa yang cukup populer untuk mereka pecinta cerita horor.

 

5 dari 6 halaman

5. Hilang Dalam Dekapan Semeru

(credit: goodreads.com)

Dan buku cerpen horor yang terakhir ada buku berjudul Hilang Dalam Dekapan Semeru karya Fajar Aditya. Buku ini berkisah tentang para pendaki yang mengalami kejadian-kejadian yang mengherankan. Banyak sekali kisah yang berakhir bahagia, tetapi banyak juga kisah yang tak berakhir dengan bahagia.

Kita tahu bahwa, ada banyak kisah mengerikan dari anak-anak gunung terutama pengalaman mistis mereka. Nah, dalam buku Hilang Dalam Dekapan Semeru ini, kita akan disajikan cerita-cerita mistis dari anak-anak pendaki yang mendaki gunung Semeru. Selain itu, buku ini juga mengandung banyak pesan khususnya untuk para pendaki gunung.

Itulah beberapa buku cerpen horor yang bisa KLovers pilih sebagai hiburan. Bukan hanya menyeramkan saja, namun beberapa buku cerpen horor ini juga memberikan banyak pesan moral untuk para pembacanya.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait