7 Rekomendasi Novel Jepang yang Menarik untuk Dibaca, Ada yang Best Seller

Selasa, 01 November 2022 12:44 Penulis: Dhia Amira
7 Rekomendasi Novel Jepang yang Menarik untuk Dibaca, Ada yang Best Seller
Rekomendasi Novel Jepang (credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Novel menjadi salah satu hiburan yang bisa kalian pilih bila suka membaca buku. Ada banyak sekali jenis novel yang bisa kalian baca, salah satunya rekomendasi novel Jepang berikut ini.

Ya, bagi kalian pecinta novel terjemahan, beberapa rekomendasi novel Jepang ini bisa menjadi pilihan loh KLovers. Novel ini bisa membantu kalian menghabiskan waktu saat akhir pekan.

Nah, apa saja ya rekomendasi novel Jepang tersebut? Berikut daftar rekomendasi novel Jepang yang punya cerita menarik untuk dibaca.

 

 

1. Gadis Minimarket

Rekomendasi novel Jepang yang pertama yaitu ada buku berjudul Gadis Minimarket karya Murata Sayaka. Buku yang satu ini menceritakan tentang sosok perempuan yang bernama Keiko Furukura yang sudah bekerja di sebuah minimarket sepanjang hidupnya.

Di usianya yang sudah menginjak 36 tahun, Keiko masih betah untuk melajang. Namun Ia selalu merasa terasingkan dan tertekan oleh stigma masyarakat. Tekanan untuk menjadi seseorang yang normal dengan cara mencari pekerjaan yang nyata, dan segera menikah semakin Ia rasakan.

Namun, apakah ada kehidupan lain yang menanti Keiko di luar zona nyamannya? Buku Gadis Minimarket ini akan cocok banget kalian baca saat akhir pekan. Dan buku rekomendasi novel Jepang ini sayang untuk kalian lewatkan.

 

 

2. Catatan Pembunuhan Sang Novelis

Rekomendasi novel Jepang yang kedua ada buku berjudul Catatan Pembunuhan Sang Novelis. Dikisahkan, Novelis laris Hidaka Kunihiko ditemukan tewas di rumahnya pada malam sebelum ia meninggalkan Jepang untuk pindah ke Kanada. Tubuhnya ditemukan di ruang kerjanya yang terkunci, di rumahnya yang juga terkunci oleh istri dan sahabatnya.

Keduanya punya alibi kuat. Namun, Detektif Kaga Kyoichiro yang menyelidiki kasus pembunuhan tersebut menemukan bahwa hubungan Hidaka dengan sang sahabat, Nonoguchi Osamu, tidak seperti yang diceritakan oleh Nonoguchi. Tapi pertanyaan yang paling mengusik Kaga bukanlah siapa atau bagaimana, melainkan kenapa.

Dari situlah sang detektif dan sang pembunuh bertarung membeberkan kebenaran tentang masa lalu dan masa kini versi masing-masing. Dan jika Kaga gagal menguak motif sang pembunuh yang sebenarnya, kebenaran takkan terungkap seutuhnya. Dan novel karya Keigo Higashino ini masuk dalam rekomendasi novel Jepang yang sayang untuk dilewatkan.

 

 

3. Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Rekomendasi novel Jepang yang selanjutnya ada buku berjudul Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino. Buku ini bercerita tentang tiga pemuda berandal bersembunyi di toko kelontong tak berpenghuni setelah melakukan pencurian.

Kemudian ada sepucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat. Surat yang berisi permintaan saran. Namun, surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu.

Mereka bertiga tidak akan kembali dan menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan.

 

 

4. The Memory Police

Novel The Memory Police juga masuk ke dalam rekomendasi novel Jepang lainnya. Novel ini berkisah mengenai penduduk di suatu pulau tak bernama, yang hidup di bawah kekuasaan rezim yang kejam, hingga perlahan para penduduk ini mengalami amnesia.

Ingatan yang dimiliki berangsur hilang. Tetapi ada beberapa orang yang tidak lupa. Karena kejadian ini dibentuklah 'Polisi Kenangan' yang bertugas mengatasi orang-orang seperti ini. Ketika seorang novelis muda mendapati editornya terancam akan dibawa pergi oleh Polisi Kenangan, dia berupaya menyelamatkan sang editor.

Editor itu adalah satu dari segelintir orang yang tidak melupakan. Sehingga, novel muda dan editor ini harus menyembunyikannya dari Polisi Kenangan. Dan novel The Memory Police ini akan menjadi sebuah kisah seru dan menegangkan yang bisa KLovers baca.

 

 

5. Merakit Kapal

Novel Merakit Kapal menceritakan bagaimana menyusun sebuah kamus tebal yang berjudul, Daitokai. Mitsuya Majime direkrut Kepala Redaksi Kamus Penerbit Genbu untuk membantu penyusunan kamus tebal tersebut hingga penerbitannya.

Majime sangat ahli terhadap kata-kata, namun ia tetap tidak mampu menemukan kata yang tepat untuk mengutarakan isi hatinya, karena ia cukup canggung dalam hal bersosialisasi. Novel ini juga menceritakan banyak kegiatan lucu dan menghibur.

 

 

6. Pembunuhan di Rumah Miring

Buku Pembunuhan di Rumah Miring karya Shimada Soji juga menjadi salah satu rekomendasi novel Jepang yang berikutnya. Dikisahkan ada sebuah 'Rumah Miring' yang bertengger di tebing dan berselimut salju. Rumah tersebut menghadap ke lautan es di ujung utara Jepang yang terpencil.

Rumah itu merupakan rumah jutawan Kozaburo Hamamoto. Banyak labirin lantai yang miring dan tangga-tangga di tempat yang tidak biasa, juga topeng dan boneka seukuran manusia yang seram. Ketika seorang pria ditemukan mati dibunuh di salah satu kamar, polisi dipanggil dan mereka tak mampu memecahkan teka-teki itu.

Maka dipanggillah Kiyoshi Mitarai, si detektif terkenal yang pernah memecahkan misteri kasus Pembunuhan Zodiak. Dan novel Pembunuhan di Rumah Miring masuk dalam daftar rekomendasi novel Jepang yang sayang untuk kalian lewatkan.

 

 

7. The Sailor Who Fell from Grace With The Sea

Buku The Sailor Who Fell from Grace With The Sea adalah novel Jepang yang ditulis dari sudut pandang seorang bocah 13 tahun. Sama seperti remaja tanggung pada umumnya, bocah ini juga tidak mau berkompromi dengan urusan orang dewasa, tetapi juga tak mau dianggap anak kecil.

Konflik berkembang ketika ibunya yang janda menjalin asmara dengan seorang pelaut. Awalnya ia mengidolakan sang pelaut, tetapi saat tahu sifat aslinya sang bocah kecewa dan bertindak gegabah. Novel ini sangat singkat loh KLovers, hanya berjumlah 180 halaman saja loh.

Jadi cocok dijadikan bacaan saat akhir pekan. Dan novel The Sailor Who Fell from Grace With The Sea ini menjadi novel Jepang yang cukup populer. Hingga masuk ke dalam daftar rekomendasi novel Jepang yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

Itulah beberapa rekomendasi novel Jepang yang bisa KLovers baca. Bukan hanya menghibur, beberapa novel yang memberi kita ilmu dan pandangan lebih tentang kehidupan.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI