4 Cara Kompres Video di Laptop dengan Mudah dan Praktis, Perhatikan Langkah-langkahnya


Berita | Senin, 27 Juni 2022 12:44
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Mengabadikan momen lewat video kini sudah jadi kebiasaan. Wajar saja, sebab video memang lebih dari foto. Video bisa merekam kejadian beserta suasana yang meliputi. Sayangnya, file video sering kali berukuran besar sehingga sangat memakan ruang penyimpanan. Jika sudah begitu, mengetahui cara kompres video di laptop bisa jadi solusinya.


Ya, dengan melakukan proses kompres, ukuran file video bisa diperkecil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara kompres video di laptop. Cara-cara tersebut pun sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Meski tetap saja masih banyak orang yang belum tahu cara untuk melakukannya.

Nah jika kalian termasuk yang belum paham bagaimana cara kompres video di laptop, langsung saja simak dan ikuti ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Cara Kompres Video di Laptop Lewat Situs veed.io

(credit: unsplash)

Apabila yang tidak ingin menginstal aplikasi khusus untuk kompres video karena khawatir memori penuh, kalian bisa melakukannya secara online. Ya, kalian bisa melakukan cara kompres video di laptop dengan mengakses situs veed.io. Karena dilakukan secara online, maka sebelum memulai pastikan bahwa laptop kalian telah terhubung dengan internet yang stabil.

Sekilas tentang veed.io merupakan situs yang menyediakan tools atau fitur untuk pengeditan video termasuk proses kompres. Menariknya, cara edit dan kompres di veed.io ini bisa dilakukan secara online dan gratis. Situs veed.io juga bisa digunakan untuk kompres banyak jenis format file video mulai dari MP4, MOV, MKV, AVI, WMV, hingga FLV.

Untuk melakukan cara kompres video di laptop via veed.io sangatlah mudah. Langsung saja, kalian bisa ikuti panduan berikut ini.

- Buka browser di laptop kalian, kemudian akses situs veed.io/video-compressor

- Setelah masuk ke halaman utama situs veed.io/video-compressor akan muncul tombol opsi untuk upload file. Klik, untuk mulai mengunggah file video yang ingin kalian kompres.

- Setelah itu akan muncul beberapa opsi yang bisa diambil, yaitu: 1) unggah file video dari komputer atau laptop, 2) unggah file video dari dropbox, dan 3) Tempelkan URL video khusus YouTube.

- Pilih salah satu opsi dan ikuti langkah selanjutnya, hingga file video berhasil diunggah.

- Jika sudah, berikutnya kalian bisa memilih atau menyesuaikan ukuran file video setelah di-kompres. Kalian juga bisa mengatur proses kompres dengan memperhatikan frame rate, bitrate, CRF, dan resolusi.

- Setelah selesai mengatur ukuran file video setelah di-kompres, berikutnya kalian tinggal perlu klik opsi Kompres Video.

- Saat proses berakhir dan dinyatakan berhasil, akan muncul tombol opsi Unduh Video, klik untuk kembali menyimpan video dengan ukuran baru yang sudah dikompres.

 

2 dari 5 halaman

2. Cara Kompres Video di Laptop dengan Aplikasi VLC

(credit: unsplash)

Selain cara kompres video di laptop yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa cara lainnya. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi VLC. Bagi yang masih asing, VLC merupakan aplikasi yang biasa dipakai untuk memutar file video. Namun bukan saja untuk memutar video, ternyata VLC juga bisa digunakan untuk kompres ukuran file video.

Berikut langkah-langkah dalam cara kompres video di laptop dengan aplikasi VLC.

- Pertama, jika belum punya aplikasi VLC, tentu kalian harus instal terlebih dahulu di laptop.

- Namun jika sudah, kalian bisa langsung buka aplikasi VLC.

- Selanjutnya, klik menu File dan akan muncul beberapa pilihan menu.

- Pilih menu Convert/Streaming.

- Kemudian, akan muncul notifikasi pop up untuk membuka file video. Lanjutkan dengan klik Open media lalu pilih file video yang ingin dikompres.

- Jika sudah, lanjutkan dengan pilih Preset.

- Sesuaikan bitrate file video.

- Akhiri dengan klik Simpan sebagai File.

 

3 dari 5 halaman

3. Cara Kompres Video di Laptop dengan Aplikasi Handbrake

Selanjutnya, kalian juga bisa coba cara kompres video di laptop memakai aplikasi bernama handbrake. Dibandingkan cara-cara sebelumnya, cara kompres video di laptop dengan aplikasi handbrake juga tak kalah mudah dan praktis. Adapun cara kompres video di laptop dengan aplikasi handbrake adalah sebagai berikut.

- Pertama, jika belum punya aplikasi handbrake, silakan download dan instal.

- Jika sudah punya, langsung saja buka aplikasi handbrake kemudian klik menu File.

- Selanjutnya, kalian akan masuk ke folder penyimpanan. Pilih file video yang akan dikompres kemudian klik Open.

- Atur ukuran file video yang baru.

- Tentukan ruang penyimpanan file video yang sudah dikompres nantinya.

- Jika sudah untuk memulai proses kompres, langsung saja klik tombil Start Encode.

- Tunggu sampai proses kompres selesai lalu simpan.

 

4 dari 5 halaman

4. Cara Kompres Video di Laptop dengan Aplikasi Quicktime

(credit: unsplash)

Untuk kalian pengguna laptop Macbook, ternyata ada satu cara khusus yang bisa dilakukan untuk kompres file video. Cara tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi khusus bernama quicktime. Dibandingkan cara-cara sebelumnya, cara kompres video di laptop macbook dengan aplikasi quicktime juga tak kalah mudah dan praktis. Untuk melakukannya, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

- Pertama, silakan buka aplikasi quicktime di laptop macbook kalian.

- Jika sudah, klik menu File kemudian akan muncul beberapa pilihan menu lanjutan.

- Untuk melanjutkan cara kompres video di laptop dengan quicktime, silakan pilih opsi open file.

- Setelah itu, kalian akan masuk ke folder penyimpanan di laptop. Pilih file video yang akan kalian kompres.

- Setelah file video terbuka selanjutnya klik opsi resolusi. Kemudian, atur ke resolusi yang lebih rendah.

- Jika sudah, terakhir kalian tinggal perlu melakukan proses penyimpanan.

Itulah di antaranya ulasan beberapa cara kompres video di laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait