Memahami Arti Aamiin Ya Mujibassailin, Ketahui Pula Makna dan Ungkapan Bahasa Arab Lainnya

Sabtu, 25 Juni 2022 12:33
Memahami Arti Aamiin Ya Mujibassailin, Ketahui Pula Makna dan Ungkapan Bahasa Arab Lainnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Banyak istilah bahasa Arab yang cukup sering digunakan di Indonesia, salah satunya adalah aamiin ya mujibassailin. Meski sudah sering terdengar, ternyata masih ada orang yang tak mengetahui arti aamiin ya mujibassailin lho, KLovers!

Padahal ungkapan ini sama seringnya dengan penggunaan Insyaallah, Jazaakallahukhairan, Baarakallahu fiika, dan lain sebagainya. Sudah seharusnya umat Islam terus mepelajari semua yang berkaitan dengan agama.

Namun, kini kalian tak perlu khawatir. Masih tetap ada kesempatan untuk mempelajari arti aamiin ya mujibassailin.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mendapat banyak pemaparan mengenai arti aamiin ya mujibassailin dan ungkapan bahasa Arab lainnya. Selain itu, kalian juga akan mendapat penjelasan mengenai ungkapan tersebut. Tidak perlu berlama-lama, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

1. Arti Aamiin Ya Mujibassailin

Arti aamiin ya mujibassailin bisa dipahami sebagai ungkapan atau doa untuk memohon kdikabulkannya suatu hal kepada Allah SWT. Agar lebih jelas, silakan kalian simak penjelasan berikut ini:

Kata Aamiin: kabulkanlah

Kata Yaa: Wahai

Kata Mujibasailiin: Yang Maha Mengabulkan/Menjawab

Kata Saailin: orang yang meminta atau berdoa.

Melalui uraian di atas, dapat dipahami bahwa arti aamiin ya mujibassailin adalah "Kabulkanlah doa kami, Wahai Tuhan yang menunaikan permintaan orang-orang yang meminta". Kurang lebih, arti aamiin ya mujibassailin itu sama dengan kalimat aamiin ya robbal alamiin. Dengan mengucapkan kalimat tersebut, manusia sadar bahwa dirinya tidak bisa apa-apa tanpa bantuan Allah SWT.

Arti aamiin ya mujibassailin sebenarnya berkaitan dengan kesadaran. Manusia perlu menyadari bahwa dirinya harus berserah diri sebagai orang hamba. Salah satu kesadaran itu bisa diwujudkan dalam cara seseorang dalam menutup doa dengan ungkapan aamiin ya robbal alamin atau arti aamiin ya mujibassailin.

 

2. Makna Aamiin Ya Mujibassailin

Tak hanya arti aamiin ya mujibassailin, kalian juga perlu memahami maknanya secara mendalam. Memang benar, mengucap kalimat ini bisa menjadi tanda bahwa seorang hamba sudah berserah. Namun, hal ini bukan bermakna menyerah. Artinya, manusia harus tetap berusaha karena Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaannya sendiri.

Penjelasan seperti di atas bisa kalian temukan dalam surat Ar-Rad ayat 11 berikut ini:

"Lahuu mu'aqqibaatum mim baini yadaihi wa min khalfihii yahfazuunahuu min amril laah; innal laaha laa yughaiyiru maa biqawmin hattaa yughaiyiruu maa bianfusihim; wa izaaa araadal laahu biqawmin suuu'an falaa maradda lah; wa maa lahum min duunihiiminw waal"

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Melalui ayat di atas, manusia sebaiknya belajar untuk senantiasa berprasangka baik kepada Allah. Allah akan memberi sesuai dengan prasangka hambanya. Jika hambanya berprasangka baik, Allah akan memberikan kebaikan. Namun, jika prasangkanya buruk maka Allah akan memperlakukannya dengan buruk.

Nah, dengan mengetahui penjelasan di atas, manusia seharusnya senantiasa ingat bahwa orang beriman akan selalu melibatkan Allah pada setiap urusannya. Dengan mengucap aamiin ya mujibassailin, berarti bisa memohon kepada Allah atas semua harapan dan keinginan untuk dikabulkan.

 

3. Ungkapan Bahasa Arab Lainnya

Ada banyak sekali ungkapan bahasa Arab yang bisa ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, tak hanya mengenai arti aamiin ya mujibassailin saja, kalian juga perlu mengetahui beberapa arti dari ungkapan di bawah ini.

1. Alhamdulillahirabbilalamin: Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam.

2. Allahhu akbar: Allah Maha Besar

3. Subhanallah: Mahasuci Allah

4. Insyaallah: Jika Allah berkehendak

5. Subhanallahil'azhim: Mahasuci Allah Yang Maha Agung

6. Subhanallahiwabihamdih: Maha suci Allah dan dengan segala pujian-Nya.

7. Astaghfirullah: Aku memohon ampunan kepada Allah

8. Masyaallah: Inilah yang diinginkan oleh Allah/Apa yang dikendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi

9. Astaghfirullahal'azhim: Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung

10. Laa hawla walaa quwwata illaa billah: Tiada daya dan upaya melainkan dari Allah

11. Aamiin ya rabbal'alamin: Kabulkanlah Wahai Rabb semesta alam

12. Innalillahiwa inna ilaihiraji'un: Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya kami kepada-Nya akan kembali

13. Jazaakallahukhairan: Semoga Allah membalasmu (l) dengan kebaikan

14. Jazaakillahukhairan: Semoga Allah membalasmu (p) dengan kebaikan

15. Baarakallahu fiika: Semoga Allah memberkahimu

KLovers, itulah penjelasan tentang arti aamiin ya mujibassailin yang bisa kalian pahami. Mempelajari hal ini mungkin bisa menjadi dorongan bagi kalian agar lebih mantap lagi saat memanjatkan doa kepada Allah SWT.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI