5 Cara Mengunci File di Laptop dengan Mudah dan Cepat, Ikuti Langkah-langkahnya


Berita | Jum'at, 3 Juni 2022 11:22

Kapanlagi.com - Kemajuan teknologi memang memberi fasilitas menjanjikan bagi manusia. Kemudahan menyimpan file dalam laptop menjadi salah satunya. Sayangnya, tetap ada risiko keamanan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengunci file di laptop.


Cara mengunci file di laptop perlu dipraktikkan saat kalian menyimpan file pada perangkat yang sama dengan beberapa orang. Misalnya, laptop keluarga atau perangkat kantor yang memang bisa diakses secara umum. Kalian jelas perlu mengamankan file yang memang bersifat pribadi.

Sayangnya, kemudahan yang diberikan oleh kemajuan teknologi ini belum dibarengi dengan pengetahuan yang mumpuni oleh para pengguna. Namun, kini tak perlu khawatir. Agar kalian tidak merasa bingung bagaimana cara mengunci file di laptop, langsung saja simak beberapa penjelasan berikut ini. Kalian bisa memilih untuk menguncinya dengan atau tanpa aplikasi.

1 dari 5 halaman

1. Cara Mengunci File di Laptop Menggunakan Command Prompt (CMD)

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Command Prompt adalah perintah DOS yang biasanya berada di sistem Windows dan digunakan untuk eksekusi dokumen atau file. Perintah ini bisa digunakan secara offline maupun online. Tidak hanya itu, perintah ini bisa digunakan untuk menjalankan perintah lain yang menggunakan CMD.

Fungsi lain dari CMD adalah melindungi file yang bersifat rahasia atau penting. Dengan begitu, orang lain tidak mampu mengakses data tersebut. Supaya lebih mudah memahami, silakan ikuti tahap-tahap atau cara mengunci file di laptop dengan CMD berikut ini.

1. Tekanlah kombinasi tombol untuk membuka CMD

Tekan tombol Windows + R untuk membuka CMD. Setelah itu akan diarahkan ke partisi dimana file berada. Bila file yang ingin dikunci berada di C makan partisi tersebut mengarah ke C.

2. Mengetikkan perintah yang diberikan

Akan muncul layar hitam yang meminta kalian untuk mengetik perintah cacls[Nama Folder]/p everyone. Setelah itu file akan terkunci.

 

2 dari 6 halaman

2. Cara Mengunci File Di Laptop dengan Password

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Cara melindungi file atau dokumen ada banyak, salah satunya dengan memberi password. Jika kalian belum tahu cara mengunci file di laptop, cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Bukalah Explore yang digunakan untuk menyimpan dokumen atau file. Kemudian cari data yang ingin dikunci.

2. Setelah itu klik kanan pada file dan pilih "add to archive", selanjutnya akan muncul jendela archive. Pada tab tersebut pilihlah 'Zip' supaya data bisa terkunci dan klik set password.

3. Lalu isi password yang ingin digunakan. Klik tanda OK dan tunggu prosesnya berhasil. Dokumen yang ingin dikunci akan berubah menjadi file Zip.

 

3 dari 6 halaman

3. Cara Mengunci File di Laptop dengan Fitur Encryption

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Encryption atau biasa disebut Enkripsi cara paling efektif untuk melindungi file atau dokumen kalian dengan cara pengacakan informasi atau data. Dengan begitu orang lain tidak bisa membaca atau mengakses data tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai tata cara mengunci file di laptop yang bisa kalian ikuti.

1. Siapkanlah data yang ingin kalian enkripsikan.

2. Bila filenya sudah ditentukan, klik kanan dan pilih properties.

3. Selanjutnya akan muncul tab baru dan pilih advanced.

4. Kemudian klik tulisan Encrypt contents to secure data dan klik OK.

5. Terakhir centang pilihan Apply changes for this folder, subfolders, and files.

6. Selesai, kalian bisa melakukan endskrip.

 

4 dari 6 halaman

4. Cara Mengunci File di Laptop dengan Aplikasi My Secret Folder

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

File dalam laptop bisa dikunci menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasinya my secret folder. Penggunaan aplikasi ini cukuplah mudah karena tidak memiliki kapasitas memori yang besar.

Aplikasi ini memang berbayar, tapi kalian bisa menggunakan trail selama sebulan. Cara mengunci file di laptop dengan aplikasi My Secret Folder bisa kalian simak di bawah ini.

1. Langkah pertama adalah mendownload aplikasi dan menginstalnya.

2. Buat folder dan pilih lokasi tempat untuk menyimpan data rahasia. Caranya klik Browser dan cari lokasi folder rahasia yang sudah dibuat atau buat folder jika belum membuat lokasi folder rahasia sebelumnya.

3. Setelah klik Next dan klik Create a Password untuk membuat password. Setelah itu klik OK. Tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Untuk membuka kunci, buka My Secret Folder dan masukkan password yang sudah kalian buat sebelumnya.

 

5 dari 6 halaman

5. Mengunci File dengan Aplikasi Folder Lock

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Aplikasi ini bisa mengunci file dengan menggunakan password dan hanya bisa diakses menggunakan aplikasi tersebut.

1. Setelah membuka aplikasi masukkan password, lalu add file, drive, atau folder yang ingin dikunci dan klik OK.

2. Setelah itu, lihat gambar gembok di samping data, kalau sudah berwarna hijau berarti kunci telah aktif.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara mengunci file di laptop yang bisa kalian ikuti, baik dengan maupun tanpa aplikasi.

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait