Memahami Arti Labil, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkannya

Diterbitkan:

Memahami Arti Labil, Ciri-Ciri, dan Cara Menghilangkannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Dalam obrolan sehari-hari, mungkin kalian sudah sering mendengar istilah labil. Atau mungkin justru kalian sendiri sudah pernah dikatakan sebagai orang labil. Namun, jika ternyata kalian belum mengerti arti labil, informasi berikut ini mungkin akan sedikit membantu.

Arti labil bisa dipahami sebagai sikap yang goyah, tidak mantap, atau tidak kokoh. Jika kalian punya pembawaan yang tidak stabil dan cenderung berubah, wajar jika dikatakan sebagai orang yang labil. Tentu saja, sikap itu tak boleh dibiarkan saja.

Sikap tersebut bisa jadi penghambat kalian dalam bersosialisasi. Oleh karena itu, kalian perlu membiasakan diri untuk mengubahnya. Barangkali, informasi mengenai arti labil, ciri-ciri, hingga cara mengubahnya yang bisa kalian baca di bawah ini akan sedikit membantu.

 

1. Apa Itu Arti Labil?

Arti labil bisa dipahami sebagai sikap seseorang yang sering berubah, termasuk pada kondisi kejiwaan dan perasaannya. Sikap labil umumnya dimiliki oleh orang yang masih muda. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa juga miliki sikap labil.

Orang yang labil dalam kehidupan sehari-hari biasanya kurang mampu mengendalikan emosinya. Kondisi ini membuat orang-orang sekitarnya menjadi kurang nyaman. Emosi seseorang yang labil bisa menandakan gangguan kepribadian ambang. Keadaan ini akan terjadi setelah beberapa jam kemudian. Pengidap gangguan ambang akan merasa kosong, hampa, dan sulit mengendalikan emosi.

Jika kalian tidak bisa mengenali kondisi ini, lama-kelamaan bisa menjadi lebih parah. Orang yang labil bisa memiliki persepsi yang berbeda. Ada rasa takut diabaikan dan merasa diri tidak pernah baik.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mengenali Ciri-Ciri Sikap Labil

Sebagai orang yang baru mempelajari tentang arti labil, mungkin kalian masih kesulitan mengidentifikasi. Nah, jika kalian ingin mencoba memahami sikap diri sendiri, silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Orang Labil Mudah Tersinggung

Orang yang selalu menganggap segala perkataan dengan serius menandakan bahwa kalian adalah orang yang labil. Memang, pada kondisi tertentu merasa tersinggung itu hal yang wajar.

Namun, bila rasa baper ini terjadi secara berlebihan akan menimbulkan perasaan yang tidak enak. Sifat yang selalu perasa ini bisa menyulitkan kalian saat bersosialisasi.

2. Mudah Moody-an

Mengalami perubahan perasaan yang secara tiba-tiba bisa menandakan kalau kalian memiliki sifat labil. Perasaan yang tadinya ceria dan sesaat kemudian merasa sedih merupakan keadaan yang tidak bisa mengendalikan emosi dengan baik.

Sifat moody ini bisa membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman. Lebih baik, latih emosi kalian karena tidak semua orang mau mengerti dan memahami perasaan kalian.

3. Begitu Mudah Diprovokasi

Sikap labil ini bisa terpengaruh oleh hasutan orang lain. Layaknya gosip, orang yang labil selalu menelan mentah-mentah kabar yang diterima.

Padahal belum tentu kabar tersebut benar adanya. Biasanya banyak kabar yang dilebih-lebihkan untuk menambah kesan menarik pada cerita tersebut.

4. Bersikap Egois

Suka bertindak egois dan selalu memaksakan kehendak tanpa mau menerima perbedaan adalah salah satu ciri sikap labil. Sikap yang selalu mementingkan diri sendiri bisa berdampak tidak baik bagi hubungan kalian dengan lingkungan sekitar.

5. Selalu Mengulangi Kesalahan yang Sama

Orang yang selalu mengulangi kesalahan yang sama dan tidak mau belajar dari masa lalu juga termasuk sikap labil.

Hal ini terkesan selalu ingin mengorbankan diri untuk jatuh ke lubang yang sama. Padahal sikap seperti ini bisa menyakiti diri sendiri.

6. Menilai Orang dari Luar

Sifat yang selalu membanding-bandingkan orang lain dari segi fisik, perbuatan, dan ekonomi ini termasuk sikap labil. Padahal ada banyak hal positif yang bisa dilihat dibandingkan cover seseorang. Penilaian dari luarnya saja ini belum tentu menggambarkan kepribadian seseorang.

 

3. Cara Menghilangkan Sikap Labil

Selain mengetahui arti labil dan ciri-cirinya, kalian juga perlu membiasakan diri untuk menghilangkannya melalui beberapa cara berikut ini.

1. Meningkatkan Kesabaran

Orang yang labil cenderung tidak sabar dengan proses yang dijalani. Rasa tidak sabar ini membuat hasil yang di dapat tidak baik. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih bersabar saat melakukan segala aktivitas. Sifat sabar ini juga bisa diterapkan saat menghadapi suatu kejadian.

2. Mau Dikoreksi

Anak yang masih remaja akan sulit untuk dikoreksi. Kalian sebagai orang dewasa yang ingin menghilangkan sikap labil, cobalah untuk mulai menerima kritik dan saran dari seseorang.

Mungkin kalian menganggap bahwa kritik dan saran ini ingin menjatuhkan, ubahlah pola pikir tersebut. Pilihlah kritik dan saran yang membangun apalagi itu terkait sikap labil.

3. Hindari Stres Berlebihan

Cobalah menghindari stres dengan mengisi kegiatan dengan hal-hal positif. Bila ada kejadian yang memberikan tekanan berlebihan, cari cara untuk mengurangi tekanan tersebut dengan hal yang menyenangkan.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti labil, beserta ciri, dan cara untuk menghilangkannya agar kalian lebih mudah bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending