5 Makanan Enak yang Jadi Ciri Khas Daerah di Indonesia, Ada yang Tahu Ngga?


Berita | Senin, 25 September 2023 14:55

Kapanlagi.com - Bukan rahasia lagi kalau Indonesia merupakan negeri dari segudang kuliner nikmat dan juga lezat. Racikan rempah-rempah dan proses mengolah yang nggak biasa dianggap sebagai kunci dari daya tarik berbagai kuliner di negeri ini. Bahkan, ragam makanan di Indonesia ini bukan cuma menarik perhatian masyarakat lokal saja, melainkan juga internasional.


Saking kayanya ragam kuliner di negara ini, kamu nggak akan mungkin bisa mencicipi semuanya dalam waktu yang sebentar. Sebab, dari satu daerah ke daerah lain menyuguhkan hidangan khas yang berbeda dan unik untuk disantap. Nah, bagi kamu yang penasaran makanan enak apa saja yang sering dijadikan ciri khas daerah di Indonesia, berikut daftarnya. 

1 dari 5 halaman

1. Ayam Bakar Taliwang dari NTB

Credit: Shutterstock

Pencinta olahan ayam pasti sudah nggak asing lagi dengan hidangan ayam bakar Taliwang. Makanan khas daerah Sumbawa Barat, NTB ini memang terkenal di kalangan pemburu kuliner. Menariknya, sajian satu ini dibuat menggunakan ayam kampung muda yang kemudian diramu dengan berbagai bumbu khusus hingga menghasilkan cita rasa yang kuat. Jika kamu ingin mencobanya, maka hati-hati ya. Sebab, makanan khas Taliwang ini menyuguhkan rasa pedas yang menyengat lidah.

2 dari 6 halaman

2. Gudeg dari Yogyakarta

Credit: Shutterstock

Gudeg jadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang selalu dicari oleh para pelancong yang datang ke sana. Sajian yang satu ini terbuat dari buah nangka muda, yang direbus dengan gula merah dan santan menggunakan api kecil selama beberapa jam. Makanan khas ini memiliki rasa manis dan gurih. Selain itu, gudeg juga disajikan dengan beberapa makanan pelengkap lainnya seperti telur bacem, tahu bacem, ayam, sambal, dan sebagainya.

3 dari 6 halaman

3. Bubur Papeda dari Maluku dan Papua

Credit: Shutterstock

Makanan satu ini mungkin akan kurang familiar di telinga kamu. Namun bagi masyarakat yang berada di bagian timur Indonesia, bubur papeda jadi salah satu makanan utama sekaligus pengganti nasi. Terbuat dari sagu, bubur papeda memiliki tekstur yang lengket dan rasa yang agak hambar. Meski begitu, sajian ini akan nikmat disantap, terlebih lagi dengan didampingi kuah kuning dan ikan tude bakar.

4 dari 6 halaman

4. Bubur Pedas dari Kalimantan Barat

Credit: Shutterstock

Meskipun bernama bubur pedas, namun pada kenyataannya sajian ini nggak memiliki rasa pedas. Makanan khas Sambas, Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang dihaluskan dan kemudian dimasak dengan ragam sayuran yang telah dipotong-potong dalam ukurang kecil. Rasanya yang gurih serta menyehatkan membuat sajian khas ini layak untuk dicicipi. 

5 dari 6 halaman

5. Mie Gomak dari Sumatera Utara

Credit: Shutterstock

Dari daerah Sumatera Utara, terdapat sajian mie gomak yang terbuat dari mie lidi yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah khas seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan nggak ketinggalan andaliman. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang kuat, membuat hidangan satu ini disenangi oleh banyak orang. Selain itu, aromanya pun juga sangat menggiurkan, sehingga membuat siapa saja nggak sabar untuk segera menyantapnya.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang dijadikan ciri khas berbagai daerah di Indonesia. Jika kamu berkunjung ke daerah-daerah tersebut, jangan lupa untuk mencicipi semuanya ya. Bila nggak sempat bepergian, kamu pun juga bisa membuatnya sendiri dengan melihat berbagai resep yang ada di internet.

(kpl/glo)