50 Kata-Kata Sabar Menghadapi Cobaan Hidup dengan Bijak, Beri Kekuatan Lebih Tegar


Berita | Selasa, 22 Juni 2021 14:11

Kapanlagi.com - Menjalani kehidupan di dunia tak selamanya indah dan mudah. Seringkali berbagai cobaan muncul, membuat hidup terasa berat dan sulit untuk dilalui. Maka, dibutuhkan kesabaran dan kekuatan ekstra untuk bisa bertahan. Kata-kata sabar menghadapi cobaan bisa menjadi sumber kekuatan seseorang untuk bertahan di situasi sulit.


Sejatinya, sabar memang jadi satu sifat bijak yang harus dimiliki setiap manusia. Dengan kesabaran, seseorang akan jauh dari rasa putus asa. Sabar juga akan mendekatkan seseorang pada kehidupan yang tenang dan tulus ikhlas. Sehingga, sudah semestinya setiap orang memupuk kesabaran dalam dirinya sebagai bekal menjalani hari-hari.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata sabar menghadapi cobaan yang bisa membuat seseorang jadi lebih kuat dan ikhlas.

1 dari 4 halaman

1. Kata-Kata Sabar Menghadapi Cobaan Hidup

(credit: freepik)

Hidup memang tak pernah lepas dari cobaan. Bahkan terkadang, cobaan bisa muncul bergantian. Tanpa kesabaran, seseorang bisa lebih mudah berputus asa dan menyerah pada hidup. Berikut kata-kata sabar menghadapi cobaan hidup yang bisa jauhkan diri dari putus asa.

1. "Terkadang cobaan menghampiri hidup kita, agar kita menjadi orang yang lebih sabar dan ikhlas untuk menghadapi segalanya."

2. "Salah satu cara untuk tetap bertahan hidup adalah dengan cara menerima kenyataan hidup dengan keikhlasan."

3. "Hidup bukanlah masalah yang harus diselesaikan, tapi hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi."

4. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan."

5. "Dalam hidup, kadang kamu harus menerima bahwa tak semua harapan jadi kenyataan. Dan yang kamu butuhkan adalah keberanian untuk merelakan."

6. "Kalau setiap cerita hidup kita selalu indah,hati tak pernah kenal dekat dengan sabar dan ikhlas."

7. "Jalani hidup meski kadang ada bagian yang tidak disukai. Terimalah kenyataan yang ada, bersyukur, ikhlas dan sabar."

8. "Orang yang bisa mengikhlaskan sesuatu cobaan yang berat di dalam hidupnya, akan selalu mendapatkan jalan keluar yang indah dalam hidupnya."

9. "Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

10. "Kehidupan akan berkah bila dijalani dengan ikhlas, sabar, penuh rasa syukur dan tidak pernah mau merugikan orang lain."

11. "Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan."

12. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

 

2 dari 5 halaman

2. Kata-Kata Sabar Menghadapi Cobaan Bijak

(credit: freepik)

Cobaan dalam hidup harus dilalui dengan bijaksana. Sebab, dengan bersikap bijaksana cobaan yang tampak sulit akan terasa lebih mudah ditaklukkan. Berikut kata-kata sabar menghadapi cobaan yang menyimpan pesan bijaksana.

13. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup."

14. "Waspadai langkah-langkah putus asa. Hari tergelap, hiduplah sampai besok, hari gelap itu akan berlalu."

15. "Terkadang orang-orang mengaku bersabar, padahal mereka sebenarnya menyerah pada suatu masalah tanpa berusaha untuk mencari jalan keluarnya."

16. "Terkadang kau harus mengalami kegagalan, supaya kau tahu caranya untuk bangkit dan berdiri tegak kembali. Karena jika kau mengharapkan sesuatu yang indah, kau sangat membutuhkan proses yang panjang dan perjuangan yang tidak instan."

17. "Cara pandang yang optimis memang akan membuat hidup kita tegar dan tabah serta senantiasa penuh harapan."

18. "Maafkanlah kesalahan orang lain. Hidup terlalu singkat hanya untuk mendendam. Sabar, Maafkan, dan Lupakan."

19. "Jangan pernah membayangkan sakitnya hati orang yang ikhlas, sekeras apapun kamu berusaha menyakitinya, hanya akan membuatnya lebih kuat untuk bersyukur."

20. "Percayalah bahwa hidup itu layak dijalani dan keyakinanmu akan membantu menciptakan kenyataan." - William James

21. "Belajarlah tenang dan sabar, jalan keluar sebuah masalah dan kemenangan selalu diraih oleh mereka yang tenang dan sabar."

22. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

23. "Jangan pernah menyerah saat hidup memberi kita seratus alasan untuk bersedih dan menangis, jangan pula menyerah ataupun berkeluh kesah dengan keadaan hidup kita sekarang. Sebab apa yang sekarang kita anggap kurang bisa jadi sangat berlebih bagi orang lain yang nasibnya kurang beruntung dibandingkan dengan kita."

24. "Hal yang paling sulit dari hidup ini adalah menerima kenyataan pahit. Percuma disesali, jadikan saja pelajaran."

 

3 dari 5 halaman

3. Kata-Kata Sabar Menghadapi Cobaan Penuh Makna

(credit: freepik)

Di balik setiap cobaan selalu tersimpan hikmah atau pelajaran berharga. Setiap cobaan yang berhasil dilalui, bisa mengubah seseorang menjadi lebih bijaksana dalam memaknai hidup. Berikut kata-kata sabar menghadapi cobaan yang penuh makna.

25. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

26. "Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

23. "Pikiran yang sabar adalah obat terbaik untuk masalah." - Plautus

24. "Ketegaran hidup juga membuat kita lebih berbesar hati dalam menerima kenyataan pahit yang seringkali tidak sesuai harapan."

25. "Keikhlasan akan membentuk diri jadi lebih kuat."

26. "Kesabaran adalah cara terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik."

27. "Sejak kita menginginkan kebahagiaan dan kesuksesan, sejak itu pula kesabaran menjadi kewajiban kita."

28. "Sabar itu ujian dari Tuhan, dan berlangsung selamanya." - Bernard Batubara

29. "Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan."

30. "Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku."

31. "Ketegaran hidup juga membuat kita lebih berbesar hati dalam menerima kenyataan pahit yang seringkali tidak sesuai harapan."

32. "Sabar itu melapangkan hati dengan apapun kondisi, simpan keluh walau berpeluh. Tetap kuat dan semangat."

33. "Sabar dan ikhlas adalah satu-satunya ketulusan yang luar biasa."

 

4 dari 5 halaman

4. Kata-Kata Sabar Menghadapi Cobaan Islami

(credit: freepik)

Dalam agama Islam, sabar menjadi satu sikap yang sangat dianjurkan. Kesabaran dalam menghadapi masalah diyakini bisa mendekatkan seseorang pada Allah SWT. Berikut kata-kata sabar menghadapi cobaan yang bernuansa islami.

34. "Apabila kita meninggalkan sesuatu karena Allah, Insyaallah, Allah akan menggantikan sesuatu itu dengan yang lebih baik. Namun keadaan memang tidak selalu baik, tapi setidaknya jangan pernah membuatnya menjadi lebih buruk dengan banyak mengeluh."

35. "Jangan pernah meratapi segala sesuatu yang hilang dari hidupmu, sebab Allah akan menggantinya dengan bentuk yang lain."

36. "Dengan berserah diri kepada Allah maka hati kita yang tersakiti akan terasa diobati oleh keikhlasan."

37. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan, karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan."

38. "Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah."

39. "Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar."

40. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

41. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

42. "Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan."

43. "Jangan pernah membayangkan sakitnya hati orang yang ikhlas, sekeras apapun kamu berusaha menyakitinya, hanya akan membuatnya lebih kuat untuk bersyukur."

44. "Tuhan bantu aku untuk selalu bersyukur atas semua keadaan, sabar menjalani masalah dan ikhlas akan semua takdirmu."

45. "Jika Allah membawamu ke dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya."

46. "Kunci utama dalam menghadapi suatu cobaan adalah sabar, ikhlas, ikhtiar, dan tawakal, karena Allah tidak akan memberi cobaan kepada hamba-Nya melebihi batas kemampuan mereka."

47. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."

48. "Ya Allah, peluklah aku hingga hatiku bisa merasa tenang dan damai! Hilangkanlah tangisku sehingga aku bisa merasa sabar dan ikhlas!"

49. "Ketika masalah datang, Allah tidak meminta kita untuk memikirkan jalan keluar hingga penat, Allah hanya meminta kita sabar dan sholat."

50. "Jangan berhenti berharap, karena Allah lebih tau saat yang tetap mengabulkan permintaan."

Itulah di antaranya 50 kata-kata sabar menghadapi cobaan hidup yang penuh makna dan menguatkan. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

(kpl/psp)

Topik Terkait