8 Cara Menghentikan Kecanduan Kopi dengan Mudah, Pahami Juga Gejala yang Terjadi

Diterbitkan:

8 Cara Menghentikan Kecanduan Kopi dengan Mudah, Pahami Juga Gejala yang Terjadi
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tentunya berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya berlebihan konsumsi kopi bisa menyebabkan seseorang jadi kecanduan. Inilah sebabnya perlu mengetahui bagaimana cara menghentikan kecanduan kopi dan memahami gejala yang timbul.

Kopi menjadi salah satu minuman berkafein yang cukup banyak diminati masyarakat. Di mana sejumlah orang beranggapan bahwa minum kopi bisa membangkitkan energi mereka dan mencegah rasa kantuk. Ini bukan tanpa alasan, sebab kandungan kafein dalam kopi diketahui berkaitan dengan sistem saraf pusat yang memicu reaksi adrenalin.

Namun, perlu dipahami juga, terlalu berlebihan konsumsi kopi bisa menyebabkan seseorang jadi kecanduan. Kecanduan kopi tersebut bisa memicu beberapa gejala umum seperti pusing, lemas, kurang fokus, sakit kepala dan seterusnya.

Maka dari itu, di bawah ini telah dirangkum beberapa ulasan mengenai cara menghentikan kecanduan kopi secara mudah. Sebelum itu, kalian juga perlu memahami apa saja gejala yang terjadi sebagai pertanda telah kecanduan kopi. Langsung saja simak ulasannya tentang cara menghentikan kecanduan kopi secara mudah sebagai berikut.

 

1. Gejala Kecanduan Kopi

Seperti ulasan sebelumnya, ada beberapa gejala kecanduan kopi yang dapat terjadi. Mengenali gejala kecanduan kopi penting buat kalian untuk mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi. Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa gejala kecanduan kopi yang perlu diwaspadai.

Melansir dari sehatq.com, bersumber Mayo Clinic menyebutkan bahwa jumlah 400 gram kafein sehari menjadi batas cukup aman konsumsi kopi bagi sejumlah orang dewasa. Jumlah tersebut juga setara dengan empat cangkir kopi.

Sedangkan berkaitan dengan kecanduan kopi, gejala yang timbul umumnya terjadi ketika dalam sehari tubuh tidak mengonsumsi kopi. Inilah yang menyebabkan seseorang yang telah kecanduan kopi biasanya merasakan dirinya lebih baik setelah memberikan asupan kopi. Lalu apa saja gejala kecanduan kopi yang bisa terjadi? Yuk simak beberapa poin berikut ini.

- Mengalami pusing dan sakit kepala.

- Tubuh gemetar.

- Pikiran jadi kurang fokus.

- Mengalami gangguan emosi.

- Peningkatan tekanan darah.

- Jantung berdebar atau mengalami gangguan irama jantung.

- Merasakan gugup, cemas, dan gangguan tidur.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Menghentikan Kecanduan Kopi

Setelah mengetahui gejala kecanduan kopi, berikut ini ada beberapa referensi cara menghentikan kecanduan kopi. Bagi sejumlah orang dengan ketergantungan kopi, mulai mengurangi jumlah asupan kopi dalam sehari memang tidaklah mudah. Meski begitu, ini perlu dilakukan untuk mencegah dampak buruk yang mungkin saja terjadi jika konsumsi kopi secara berlebihan. Langsung saja simak ulasannya tentang cara menghentikan kecanduan kopi di bawah ini.

1. Mengontrol Jumlah Asupan Kopi

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab seseorang jadi ketergantungan kopi. Namun, biasanya kecanduan kopi bisa terjadi ketika tubuh terlalu berlebihan memberikan asupan minuman kopi. Akhirnya ketika tubuh kalian tidak mendapatkan asupan kopi, bisa menyebabkan gejala kecanduan kopi seperti ulasan sebelumnya.

Jika sudah terjadi, salah satu cara menghentikan kecanduan kopi yang pertama adalah dengan mengontrol jumlah asupan kopi. Artinya kalian perlu membatasi jumlah kafein yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Melansir dari merdeka.com, jika biasanya konsumsi kopi 8 gelas sehari, maka bisa dikurangi secara berkala.

3. Pahami Dampak Buruk Berlebihan Konsumsi Kafein

Cara menghentikan kecanduan kopi berikutnya adalah dengan memahami dampak buruk berlebihan konsumsi kafein. Cara tersebut bisa membantu kalian berpikir ulang untuk tidak memberikan asupan kopi berlebihan.

Selain itu, hal penting yang perlu kalian perhatikan juga adalah manfaat dari mengurangi asupan kafein dalam tubuh. Cara ini juga bisa memberi dorongan untuk menurunkan asupan kafein dan memperoleh lebih banyak manfaat dibandingkan terlalu berlebihan konsumsi kafein.

 

4. Menggantinya dengan Konsumsi Air Putih

Dibandingkan kopi, air putih tentunya memiliki manfaat yang lebih baik. Terlebih tubuh memerlukan kebutuhan cairan kurang lebih delapan gelas setiap hari sehingga kalian bisa mendapatkan manfaat dari air putih. Meski terkadang cukup berat melakukannya, namun pahami dampak baik bagi kesehatan ketika kalian menurunkan jumlah asupan kopi dan mendapatkan banyak manfaat dengan konsumsi air putih.

5. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin juga bisa jadi cara menghentikan kecanduan kopi. Sebab ada banyak manfaat yang bisa kalian peroleh dengan olahraga di antaranya mencegah penyakit kronis, memperkuat tulang dan otot, ataupun mencegah stres.

Lalu apa hubungannya olahraga dengan cara menghentikan kecanduan kopi?

Melansir dari sehatq.com, kandungan dopamine yang terdapat pada kafein kopi bisa menimbulkan perasaan senang bagi beberapa orang yang mengonsumsinya. Ketika sudah kecanduan kopi, mereka akan merasakan dirinya menjadi lebih baik usai mendapatkan asupan kopi. Maka dari itu, untuk menghentikan kecanduan kopi berlebihan, bisa menggantinya dengan berolahraga. Manfaat olahraga secara rutin bisa membantu mencegah pikiran stres.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Cara mengatasi kecanduan kopi berikutnya adalah mengkonsultasikannya dengan dokter. Langkah ini tentu bisa jadi cara tepat buat kalian mendapatkan saran terbaik menghentikan kecanduan kopi. Misalnya saja ketika memiliki alasan tertentu yang menyebabkan kecanduan kopi seperti mengurangi rasa cemas, maka berkonsultasi dengan dokter di bidangnya bisa membantu kalian mendapatkan solusi terbaik menghentikan kecanduan kopi.

7. Menggantinya dengan Teh

Seperti uraian sebelumnya yakni mengganti kecanduan kopi dengan air putih, kali ini cara menghentikan kecanduan kopi juga bisa dilakukan dengan konsumsi teh. Dibandingkan dengan kopi, kafein dalam teh lebih sedikit sehingga bisa membantu kalian secara berkala menghentikan kecanduan kopi.

 

8. Konsumsi Jus

Jus juga bisa jadi minuman menyehatkan yang membantu kalian menghentikan kecanduan kopi. Terlebih ada banyak sayur dan buah bisa jadi bahan untuk jus yang lebih menyehatkan. Sehingga kalian bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yakni menghentikan kecanduan kopi dan menjaga kesehatan tubuh tetap baik.

9. Rasakan Pahitnya Kopi

Merasakan manisnya kopi dengan aromanya yang nikmat tentu sudah biasa. Ini yang juga jadi salah satu penyebab diri kalian ingin terus konsumsi kopi. Lalu apa jadinya jika kalian minum kopi tanpa gula, susu, atau tambahan apapun? Pahit bukan?

Rasa pahit yang menjadi dasar cita rasa kopi bisa membantu kalian menghentikan kecanduan kopi. Ini bisa membantu kalian berpikir ulang, konsumsi kopi karena rasa pahitnya.

Nah itulah 8 cara menghentikan kecanduan kopi secara mudah. Cara mengatasi kecanduan kopi di atas bisa kalian jadikan referensi buat menghentikan konsumsi kopi secara berlebihan.

Sumber: sehatq.com, merdeka.com

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending