60 Kata-Kata Ujian Hidup Penuh Makna, Bangkitkan Motivasi dan Kesabaran Hati


Berita | Selasa, 8 Juni 2021 19:33

Kapanlagi.com - Hidup manusia di dunia tak akan selamanya berjalan mulus sesuai dengan rencana. Seringkali, berbagai ujian bermunculan membuat hidup kadang terasa berat untuk dilalui. Namun di lain sisi, adanya ujian hidup bisa membuat seseorang jadi pribadi yang lebih tangguh. Kata-kata ujian hidup bisa jadi satu sumber kekuatan saat menjalani hidup yang penuh cobaan.


Menghadapi ujian hidup memang bukan perkara yang mudah. Setiap ujian hidup muncul dengan tingkat kesulitan yang beragam. Tak jarang, seseorang harus sampai menguras tenaga dan pikiran untuk bisa melaluinya. Selain itu, kesabaran juga jadi hal terpenting untuk bisa bertahan dan melalui ujian. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk menjadi sosok yang kuat, tangguh, sekaligus penuh kesabaran.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata ujian hidup yang penuh makna dan bisa jadi sumber kekuatan pembangkit semangat.

1 dari 4 halaman

1. Kata-Kata Ujian Hidup Penuh Makna

Kata-kata ujian hidup penuh makna (credit: freepik)

Tak sedikit orang mengeluh saat menghadapi ujian yang sulit ditaklukkan. Meski demikian, kata-kata tentang ujian hidup justru tidak berisi keluh kesah dan rasa putus asa. Sebaliknya, kata-kata ini justru ditulis dengan kalimat yang penuh makna. Berikut kata-kata ujian hidup yang penuh makna.

1. "Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih."

2. "Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas."

3. "Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar."

4. "Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

5. "Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

6. "Jalan menuju kebahagiaan yang sempurna adalah dengan kesabaran dan keikhlasan."

7. "Kalau setiap cerita hidup kita selalu indah,hati tak pernah kenal dekat dengan sabar dan ikhlas."

8. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan."

9. "Bukan masalah apa yang kau lakukan tapi, kau harus bertanggung jawab apa yang kau ciptakan."

10. "Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

11. "Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita."

12. "Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, apa yang kamu inginkan pasti bisa kamu dapatkan, asal sabar, usaha, dan ikhlas dalam doa."

13. "Harapan itu selalu ada jika kita mau berusaha, seberatnya kita berusaha kita harus mampu melaluinya dengan ikhlas dan sabar."

14. "Kesabaran adalah cara terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik."

 

 

 

2 dari 5 halaman

2. Kata-Kata Ujian Hidup Bijak

Kata-kata ujian hidup (credit: freepik)

Sudah semestinya setiap ujian hidup harus bisa disikapi secara bijak. Pasalnya, di balik setiap ujian pasti tersimpan hikmah yang bisa dipetik. Bahkan, dari hikmah tersebut seseorang bisa berubah menjadi sosok yang lebih bijaksana. Berikut kata-kata ujian hidup yang mengandung pesan bijak.

15. "Bersabarlah tak peduli seberapa sulit dan gelap jalan yang akan Anda lalui."

16. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

17. "Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar."

18. "Terkadang kita harus bersabar dan mengikhlaskan semua yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan."

19. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

20. "Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar".

21. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

22. "Belajarlah tenang dan sabar. Jalan keluar sebuah masalah dan kemenangan selalu diraih oleh mereka yang tenang dan sabar."

23. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

24. "Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya."

25. "Setiap pekerjaan ada resikonya, setiap kesuksesan pun juga ada risikonya. sabar dan ikhlas dapat mengubah resiko jadi lebih indah."

26. "Sebelum lahir kita sudah mengenal sabar dan ikhlas, ketika ibu melewati masa mengandung dan melahirkan, saat ayah berjuang penuhi kebutuhan."

27. "Sebuah ujian hidup tidak akan pernah menjadi sulit apabila kamu bisa melewatinya dengan kesabaran dan keikhlasan."

28. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Maka bersabar dan tenanglah dalam menghadapi masalah, karena sebentar lagi dia kan jernih."

 

 

 

3 dari 5 halaman

3. Kata-Kata Ujian Hidup Islami

Kata-kata ujian hidup (credit: freepik)

Dalam agama Islam, seorang muslim dianjurkan untuk bisa melalui ujian hidup dengan tetap berusaha dan bersabar. Sebab, ada keyakinan bahwa Allah tak akan menguji hamba-Nya melebihi kemampuannya. Berikut kata-kata ujian hidup bernuansa islami.

29. "Kamu hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga di balik semua kesusahan ada kebahagiaan."

30. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

31. "Terkadang kita diuji oleh Tuhan bagaimana kita mampu bersabar ketika diberikan suatu cobaan yang disebut ujian dari Tuhan."

32. "Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?" - Q.S Al-Furqan: 20

33. "Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - Q.S Al-Insyirah: 5

34. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - Q.S Al-Baqarah: 286

35. "Allah menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tingkat kesabaran, toleransi, dan keimanan yang berbeda."

36. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan, karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan."

37. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

38. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan ada kemudahan." - HR. Tirmidzi

39. "Di dalam hidup yang perlu kamu lakukan adalah berusaha dan berdoa kepada tuhan, dan hasilnya tergantung dengan apa yang telah kamu lakukan."

40. "Yakin itu tidak berdiri sendiri, ia bergandengan dengan syukur, dengan sabar, dengan ikhlas, dengan ridho, dengan baik sangka, dan lainnya."

41. "Tuhan bantu aku untuk selalu bersyukur atas semua keadaan, sabar menjalani masalah dan ikhlas akan semua takdirmu."

42. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

43. "Hati yang terlukai hanya akan terobati, oleh ikhlas hati dan berserah pada ilahi."

 

 

 

4 dari 5 halaman

4. Kata-Kata Ujian Hidup Bangkitkan Semangat

Kata-kata ujian hidup (credit: freepik)

Selain sabar, seseorang juga perlu tetap semangat dalam menghadapi ujian. Semangat akan menjauhkan seseorang dari rasa putus asa. Sebaliknya, semangat akan membangkitkan motivasi seseorang untuk terus berjuang menghadapi ujian yang ada. Berikut kata-kata ujian hidup yang bisa bangkitkan semangat.

44. "Jadikanlah dirimu sebagai pribadi yang teguh dan kuat, dan manfaatkan sebuah peluang yang kecil sebagai jalan untuk kamu menuju pintu kesuksesan."

45. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh." - Kahlil Gibran

46. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

47. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

48. "Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."

49. "Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

50. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Semangat buat hari ini! Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."

51. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

52. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

53. "Barangkali cobaan ini tidak akan berakhir sampai kita bisa mengambil pelajaran dari cobaan yang menimpa kita."

54. "Setiap orang memiliki ujiannya masing-masing. Yang membedakan hanyalah bagaimana cara mereka dalam menghadapinya."

55. "Jadikan hambatan sebagai pengingat dalam hidup, bahwa tidak ada yang abadi."

56. "Jangan ragu untuk melangkah. Karena setiap ujian harus dihadapi, bukan dihindari."

57. "Tetaplah tegar meski yang lain berguguran. Tetaplah tersenyum meskipun perjuangan ini terasa pahit dan berliku."

58. "Batas dari kesabaran bergantung dengan pilihanmu. Jika kamu ingin memperpanjang kebahagiaan maka teruslah bersabar."

59. "Dengan melakukan sabar, maka kamu dapat mengetahui seberapa besar kekuatanmu dalam menghadapi masalah."

60. "Salah satu tanda kedewasaan seseorang adalah saat mereka memilih sabar terlebih dahulu dalam menyelesaikan masalah."

Itulah di antaranya 60 kata-kata ujian hidup yang penuh makna dan bisa menguatkan. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

 

 

(kpl/psp)

Topik Terkait