63 Kata-Kata Sabar Dihina Orang, Bikin Tegar dan Menguatkan Hati yang Tersakiti


Berita | Senin, 12 April 2021 11:44
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Dihina seseorang seringkali memicu rasa sakit hati, kecewa, sedih, bahkan marah. Jika situasi ini terjadi, ada baiknya untuk tetap sabar dan berbesar hati atas hinaan orang lain. Meski tidak mudah menerima dengan sabar dan ikhlas, cara ini menjadi respon terbaik untuk diri kalian dalam mengontrol emosi yang memuncak. Sejumlah kata-kata sabar dihina orang bisa menjadi referensi buat kalian untuk menguatkan hati.


Ada beragam faktor atau penyebab seseorang melontarkan hinaan untuk orang lain mulai dari rasa benci, iri hati, atau bahkan kritik. Ya, ini bisa terjadi pada siapa saja dan dilakukan oleh siapapun baik dengan ucapan ataupun tindakan. Rasa sakit memang bisa menyelimuti hati saat kalian menerima hinaan orang lain, di mana ada keinginan untuk meluapkan semua emosi karena hinaan.

Hal ini wajar terjadi terutama jika kalian tidak melakukan kesalahan apapun namun dia justru menghina dengan ucapan yang menyakitkan. Akan tetapi ada baiknya buat kalian agar tetap sabar atas hinaan orang lain. Sebab cara ini bisa mengajarkan kalian arti sebuah kesabaran yang dapat menguatkan hati setelah tersakiti.

Untuk itulah sejumlah kata-kata sabar dihina orang seperti terdapat pada ulasan berikut bisa kalian jadikan referensi. Adapun kata-kata sabar dihina orang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Kata-Kata Sabar Dihina Orang yang Bijak

(credit: freepik.com)

Sabar ketika dihina orang bisa menjadikan diri kalian makin bijak dalam menghadapi persoalan hidup. Meski sulit, namun cara tersebut adalah yang terbaik untuk mengendalikan emosi akibat dihina orang. Adapun beberapa kata-kata sabar dihina orang berikut ini bisa kalian jadikan referensi.

1. "Orang yang beneran baik tidak akan menghakimi yang belum baik. Orang yang beneran ikhlas tidak akan mengungkit-ungkit yang sudah lewat. Orang yang beneran kaya tidak akan merendahkan yang masih miskin." - Widassatyo

2. "Pergumulan dunia ini membuat hina orang yang memuliakannya, merendahkan orang yang menyanjungnya, dan menjadikan miskin orang yang mengajarkan. Jangan tertipu dengan dunia." - Prijanto Rabbani

3. "Kita boleh memuji kecintaan kita, setinggi langit sekalipun, tapi jangan sampai membandingkan dengan merendahkan kecintaan orang lain." - KH. A. Mustofa Bisri

4. "Merendahlah serendah rendahnya sampai orang tak bisa merendahkanmu. Karena saya di ajarkan harus merendah tapi punya harga diri."

5. "Saat kita merendahkan orang lain, maka sejatinya kita juga termasuk dalam golongan orang yang kita rendahkan dan kita sama-sama rendah."

6. "Merendahkan orang lain itu bisa membuat kita rendah bukan hanya dari orang yang kita rendahkan tapi juga dari siapapun."

7. "Merendahkan orang lain tidak membuat kita lebih tinggi, justru menistakan diri sendiri." - KH A. Mustofa Bisri

8. "Memuji kecintaan terhadap sesuatu hendaknya tidak dibarengi dengan merendahkan kecintaan orang lain kepada sesuatu."

9. "Jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik berusaha lah semampumu, tidak perlu merendahkan orang lain."

10. "Jangan marah ketika kita dihina, sejatinya manusia itu memang hina, yang pantas dipuji dan dihina."

11. "Orang yang masih terganggu dengan hinaan dan pujian manusia, dia masih orang yang amatiran."

12. "Jadilah manusia hebat. Yang dihina tak tumbang, dan yang dipuji tak terbang."

13. "Pada akhirnya, mereka yang sibuk menjelek-jelekan hidup seseorang akan merasakan perasaan dihina juga."

14. "Jangan takut dihina, jangan takut dipuji, tidak perlu dianggap orang baik, yang penting jadi orang baik."

15. "Dalam kesakitan teruji kesabaran. Dalam perjuangan teruji keikhlasan."

16. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

 

2 dari 5 halaman

2. Kata-Kata Sabar Dihina Orang Menguatkan Hati

(credit: freepik.com)

Sejumlah kata-kata sabar dihina orang dapat menguatkan hati kalian akibat hinaan mereka. Sebab dengan begitu kalian bisa mengambil pelajaran berharga dan jadikan sebagai kritik untuk memotivasi diri menjadi pribadi lebih baik. Sehingga dengan kata-kata sabar dihina orang sebagai berikut bisa membantu kalian untuk tetap kuat.

17. "Benahi hati dari dendam kesumat, iri dan dengki. Hilangkan rasa bangga terhadap diri sendiri dan merendahkan orang lain."

18. "Jangan meremehkan merendahkan melecehkan orang pendiam mereka diam bukan karena tak mampu melawan hanya saja menghargai Anda sekalian namun ketika orang diam marah anda bisa buktikan seperti apa akhirnya." 

19. "Jangan suka merendahkan fisik orang lain! Itu tidak baik,karena kita dan dia sama sama tidak sempurna."

20. "Jangan selalu merendahkan orang sabar dan pendiam, orang banyak omong belum tentu hebat."

21. "Tak perlu sedih jika ada orang yang merendahkan dan menghina, kemuliaan bukanlah milik manusia. Tapi Allah yang punya."

22. "Jika orang lain merendahkan Anda, itu artinya orang tersebut sebenarnya sudah berada di bawah Anda."

23. "Jangan sedih bila dihina, lekaslah bangun bila terjatuh."

24. "Ketika kamu dihina itu pertanda sebentar lagi kamu akan ditinggikan, percayalah Allah maha adil."

25. "Jangan pernah menghina masa lalu seseorang. Karena kalian tidak tau bagaimana masa depannya."

26. "Pemenang kehidupan adalah mereka yang tetap teduh di tengah panas, dan tetap manis di tengah pahit."

27. "Kami kuat karena kami bermartabat. Meski dihina di mata penghujat. Yang bermuka pengkhianat hingga berperilaku bejat."

28. "Cara terbaik untuk membalas dendam terhadap orang yang menghina Anda, adalah menjadi lebih berhasil daripadanya."

29. "Jika ada seseorang yang menghinamu, bersabarlah, kasihanilah dia karena dia tidak tahu bagaimana memuji. Maafkanlah karena itulah dendam yang paling baik untuknya."

30. ""Kata kata sabar dan ikhlas adalah ungkapan yang sudah seharusnya keluar dari hati dan mulut ketika mendapatkan masalah atau cobaan hidup."

31. "Keikhlasan itu melegakan, kesabaran itu menguatkan, pasrah itu bikin nyaman, prasangka baik itu mencerahkan."

32. "Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah."

 

3 dari 5 halaman

3. Kata-Kata Sabar Dihina Orang Bikin Tegar

(credit: freepik.com)

Tetap tegar dan sabar ketika dihina orang termasuk cara terbaik yang perlu kalian miliki. Sebab dengan kesabaran dan ketegaran tersebut kalian bisa menjadikan hinaan orang lain sebagai motivasi yang membangun. Adapun kata-kata sabar dihina orang berikut ini bisa bikin hati makin tegar.

33. "Berterimakasihlah pada orang-orang yang telah merendahkan kita. Karena mereka tahu bahwa kita memiliki kelebihan yang luar biasa.

34. "Jangan meremehkan orang lain, mungkin saja orang yang kau remehkan nantinya akan lebih sukses darimu. "

35. "Yang merendahkan hasil karya orang lain suatu saat akan menangis karena direndahkan oleh para rendahan yang sukses."

36. "Saya senang ketika dihina dan dikritik. Karena itu membakar semangat dalam diri saya."

37. "Percayalah, orang yang suka menghina kita tidak akan pernah bisa di atas kita."

38. "Kadang, ada saatnya kita tak harus membalas perkataan hinaan."

39. "Bukan pujian yang membuat kita tegar, melainkan banyaknya cacian dan hinaan."

40. "Jadikan setiap kritikan bahkan penghinaan yang kita terima sebagai jalan untuk memperbaiki diri."

41. "Jangan mencegah kebaikan yang bisa Anda lakukan hanya karena ada orang yang menghina Anda."

42. "Saat kita dihina oleh orang lain, jangan terlebih dulu terpancing dengan hinaan orang lain. Barangkali, orang yang menghina dirimu bahkan tidak lebih baik dari dirimu."

43. "Ketika seseorang menghina kamu, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kamu, bahkan ketika kamu tidak memikirkan mereka."

44. "Jika dipuji janganlah terlalu gembira. Jika dihina janganlah terlalu berduka. Bersabarlah terhadap pujian & hinaan karena keduanya adalah ujian."

45. "Untuk setiap hinaan yang kamu sabari, setidaknya ada satu kebaikan yang ditambahkan dalam hidupmu."

46. "Ketika engkau dihina, dicaci dan direndahkan, kemudian engkau lebih memilih diam sembari tersenyum daripada membalas perbuatan itu, maka yakinlah bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa akan segera mengangkat derajatmu."

47. "Sabar dan ikhlas bisa menjadikan kamu seorang yang mulia dan terhormat di dunia sekalipun kamu bukan apa-apa."

48. "Saat kesabaran dan keikhlasan sedang diuji, selalu ingat pada Tuhan dan pasrahkan diri dalam berdoa, maka hati pun lebih tenang."

49. "Sabar adalah cara yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah apa pun. Seberat apa pun, akan cepat diselesaikan dengan kesabaran."

50. "Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah."

51. "Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya."

 

4 dari 5 halaman

4. Kata-Kata Sabar Dihina Orang Menyentuh Hati

(credit: freepik.com)

Kata-kata sabar dihina orang sebagai berikut bisa menyentuh hati kalian yang telah tersakiti. Selain itu kata-kata sabar dihina orang di bawah ini mungkin saja relate dengan persoalan kalian sehingga dapat membantu meluapkan rasa sedih, sakit hati, marah dan kecewa.

52. "Jangan pernah merendahkan orang yang pendiam karena saat kesabarannya habis maka sebaliknya km rendah di matanya."

53. "Jangan pernah merendahkan orang lain. Meskipun dia terlihat lebih rendah, tetap saja pasti dia memiliki kelebihan juga."

54. "Hanya karena kamu lebih baik dalam beberapa hal, bukan berarti kamu bisa merendahkan orang lain."

55. "Apa pun dan bagaimanapun posisi seseorang, kita tidak boleh merendahkanya! Karena dunia ini berputar. Tak ada hal baik yang bisa kita dapatkan, jika kita merendahkan orang lain."

56. "Orang yang terus merendahkan impianmu adalah orang yang pernah disakiti hatinya, maafkanlah mereka."

57. "Pandai menghina dan pandai berbicara kasar bukan berarti kalian terlihat sangar."

58. "Celaanmu melukai hatiku. Namun aku tetap tersenyum untukmu."

59. "Jangan mencela orang yang sedang berproses hijrah."

60. "Seorang bisa dikatakan baik jika ia tidak iri kepada orang yang berada di atasnya dan tidak menghina orang yang berada di bawahnya."

61. "Diam dan tersenyum adalah jawaban terbaik bagi celaan orang yang memang caranya untuk berbahagia adalah menghina."

62. "Tidak ada satu pun manusia yang ingin dihina, aku juga, tetapi ketika aku ingin dipuji aku merasa sedang menghina diriku sendiri."

63. "Sabar itu pahit, jujur itu pahit, dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala penyakit."

Itulah 63 kata-kata sabar dihina orang, bikin tegar dan menguatkan hati yang tersakiti. Sejumlah kata-kata sabar dihina orang bisa mewakili perasaan sedih, kecewa, dan marah karena hinaan orang lain.

Sumber: Bola.com, sepositif.com

 

(kpl/nlw)

Topik Terkait