7 Arti Mimpi Cermin Pecah yang Sering Bikin Khawatir, Benarkah Pertanda Buruk?


Berita | Jum'at, 10 November 2023 18:44

Kapanlagi.com - Mimpi jadi sebuah fenomena yang masih menjadi misteri bagi banyak orang. Banyak orang yang penasaran dengan mimpi yang mereka alami. Terlebih ada anggapan, bahwa mimpi muncul karena pengaruh pikiran bawah sadar. Selain itu, ada juga pandangan mistis yang menyebut mimpi sebagai sebuah firasat. Karenanya, banyak orang percaya arti primbon cermin pecah.


Dalam primbon Jawa, mimpi melihat kaca cermin pecah ternyata tak boleh dianggap remeh. Mimpi tersebut nyatanya dikaitkan  sebagai suatu pertanda dari kejadian yang akan terjadi di masa mendatang. Sampai saat ini banyak orang yang mempercayai bahwa cermin pecah adalah simbol malapetaka. Karena itulah banyak orang yang keburu cemas saat mengalami mimpi melihat cermin pecah meski belum tahu arti sesungguhnya dalam primbon Jawa.

Lantas, apa arti mimpi cermin pecah menurut primbon Jawa? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Mimpi Cermin Pecah Menurut Primbon

Ilustrasi Arti Mimpi Cermin Pecah Menurut Primbon (credit: unsplash)

1. Adanya Perubahan Hidup

Menurut primbon Jawa, arti mimpi melihat cermin pecah dapat menunjukkan bakal adanya perubahan besar dalam hidup seseorang. Perubahan tersebut bisa jadi akibat dari situasi atau hubungan yang berakhir dan berujung munculnya masalah. Hal ini bisa menjadi peringatan untuk berhati-hati dalam menghadapi situasi tersebut dan berusaha untuk menghindari kemungkinan kesialan yang akan datang.

2. Pertanda Sial

Arti mimpi cermin pecah kedua menurut primbon Jawa, menyatakan bahwa seseorang akan mengalami sial selama kurun waktu tertentu. Ada yang percaya kesialan akan meliputi selama 7 hari, tapi ada juga yang meyakini 7 tahun lamanya sejak mimpi melihat kaca cermin pecah.

Namun tafsir ini tentu tidak ada bukti ilmiah yang mendukung kepercayaan ini. Jadi jangan terlalu mencemaskan nasib sial di masa mendatang. Tetap jalani hari dengan positif tapi tetap hati-hati.

3. Bakal Mengalami Kesedihan atau Patah Hati

Mimpi melihat cermin pecah juga seringkali dikaitkan dengan perasaan kesedihan dan patah hati. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa orang yang mengalami sedang mengalami masa sulit dalam hubungan. Mimpi ini juga jadi tanda bahwa orang yang bermimpi sedang mengalami persoalan emosional akibat patah hati.

4. Adanya Penyesalan

Mimpi cermin pecah menurut simbol juga menjadi simbol dari perpecahan perasaan. Dengan kata lain, mimpi cermin pecah juga dapat melambangkan kekecewaan dan rasa frustasi yang sedang dihadapi dalam hidup nyata akibat sebuah kegagalan atau harapan yang tak tecapai.
2 dari 4 halaman

2. Arti Mimpi Cermin Pecah Menurut Primbon Lainnya

Ilustrasi Arti Mimpi Cermin Pecah Menurut Primbon Lainnya (credit: unsplash)

5. Kehilangan Kepercayaan

Cermin yang pecah terdapat dalam mimpi juga bisa menjadi simbol dari kerentanan dan kehilangan kepercayaan diri. Mimpi ini bisa jadi peringatan untuk kalian agar lebih hati-hati dalam menjaga hati dan pikiran, serta melindungi diri dari pengkhianatan atau pengaruh negatif orang lain. Dengan begitu, kalian bisa tetap positif dan percaya diri.

6. Masalah Finansial

Mimpicermin pecah menurut primbon Jawa juga dapat mengisyaratkan kesulitan keuangan. Mimpi ini jadi pertanda bahwa orang yang bermimpi akan menghadapi masalah finansial. Masalah finansial pun bisa dalam skala rumit ataupun rumit seperti kerugian dalam bisnis. Selesaikan masalah finansial dengan disiplin dan rencana yang baik.

7. Keharmonisan Terancam

Pecahnya cermin dalam mimpi juga bisa berarti keamanan dan keharmonisan yang terancam. Mungkin ada situasi atau hubungan yang tidak stabil, dan kalian perlu mewaspadainya. Bekerja sama dengan orang-orang terdekat dan berkomunikasi dengan baik untuk menjaga kestabilan dan keharmonisan hidup kalian.
3 dari 4 halaman

3. Arti Mimpi Memecahkan Cermin

Ilustrasi Arti Mimpi Memecahkan Cermin (credit: unsplash)

Sementara itu, mimpi memecahkan cermin mempunyai beberapa tafsir yang sedikit berbeda dengan arti mimpi melihat cermin pecah menurut primbon. Berdasarkan keyakinan primbon Jawa,  mimpi memecahkan cermin bisa jadi mencerminkan ketidakpuasan atau frustrasi dalam hidup. Bisa jadi perasaan itu timbul karena kalian merasa terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan atau terkendala dalam mencapai tujuan.

Selain itu, mimpi memecahkan cermin juga bisa menjadi pertanda akan ada perubahan mendalam dalam hidup. Pecahnya cermin bisa menjadi simbol dari perubahan radikal atau terputusnya suatu hubungan atau ikatan. Mimpi ini mungkin menandakan bahwa orang yang bermimpi perlu melepaskan diri dari masa lalu dan melanjutkan hidup kembali.

Itulah beberapa penjelasan arti mimpi melihat cermin pecah. Meskipun menurut primbon Jawa, mimpi tersebut punya makna negatif, ada baiknya jangan terlalu terbebani dengan kepercayaan tersebut. Tetaplah berpikiran positif dan berjuang untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup. 

(kpl/psp)

Topik Terkait