7 Cara Mengetahui HP Disadap, Ketahui Ciri dan Solusi untuk Mengatasi

Jum'at, 24 September 2021 18:55 Penulis: Anik Setiyaningrum
7 Cara Mengetahui HP Disadap, Ketahui Ciri dan Solusi untuk Mengatasi
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Cara mengetahui HP disadap tak hanya perlu dikuasai oleh para hacker di film. Kalian sebagai pengguna HP aktif pun sangat perlu untuk mengetahuinya. Pasalnya, siapa saja sebenarnya punya peluang untuk menjadi korban penyadapan.

Selain itu, cara mengetahui HP disadap ini juga menjadi sebuah usaha agar kalian makin peduli dengan keamanan data pribadi. Kalian tentu paham bahwa banyak sekali data pribadi di HP kalian yang rentan disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Cara mengetahui HP disadap ini juga berguna untuk memerangi malware (perangkat berbahaya) yang sengaja diciptakan untuk menyadap HP orang lain. Nah, jika kalian tertarik untuk tahu lebih lanjut, silakan simak informasi berikut ini.

1. Cara Mengetahui HP Disadap Melalui Tampilan

Bagi orang yang cermat dan penglihatannya peka, cara mengetahui HP disadap ini tak akan menjadi hal sulit.

1. Muncul Iklan Aneh dan Mengganggu

Sebagai seorang pengguna HP, sudah seharusnya kalian waspada terhadap aplikasi tidak resmi yang bisa membahayakan. Oleh sebab itu, pastikan kalian selalu menginstal dari toko resmi untuk menghindari malware (perangkat yang berbahaya).

Malware sendiri punya banyak fungsi, salah satunya untuk menyadap HP. Malware terkadang juga menampakkan wujudnya melalui tampilan iklan yang mengganggu dan sulit dihilangkan. Oleh karena itu, jika mata kalian begitu terganggu dengan iklan yang tak wajar, coba periksa lagi aplikasi yang ada di dalamnya.

2. Dapat SMS dengan Huruf Aneh

Jika kalian tak peka, mungkin cara mengetahui HP disadap ini akan sulit dilakukan. Pasalnya, banyak sekali SMS spam dengan berbagai karakter aneh yang masuk. Bukan hanya spam, SMS dengan karakter, digit, dan simbol aneh yang masuk bisa jadi ciri bahwa HP kalian sedang disadap.

Spam SMS semacam itu bisa jadi sebuah perintah berupa kode. SMS ini juga bisa digunakan oleh aplikasi penyadap untuk berkomunikasi dengan kreatornya.

Hal yang tak kalah menyebalkan, aplikasi penyadap atau malware juga memungkinkan untuk mengirim SMS tanpa sepengetahuan kalian. Nah, saat ada teman atau kerabat yang mengeluh setelah menerima SMS aneh dari nomor kalian, artinya HP telah disadap dan si penyadap mencoba menginfeksi perangkat orang lain.

2. Cara Mengetahui HP Disadap Melalui Baterai dan Kuota Internet

3. Baterai Cepat Habis

Sering kehabisan baterai atau HP terasa cepat panas padahal sedang tidak digunakan untuk aktivitas berat merupakan salah satu ciri yang bisa kalian perhatikan sebagai cara mengetahui HP disadap. Meski kalian tak menggunakannya, tapi HP tetap bisa beraktivitas dengan kontrol aplikasi penyadap.

Untuk memastikan hal tersebut, coba perhatikan lagi aktivitas HP kalian dan periksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai melalui menu Settings. Jika ternyata menunjukkan penggunaan norma, tapi HP tetap bermasalah, bisa jadi HP kalian memang disadap.

4. Kuota Internet Cepat Habis

Memantau pemakaian kuota internet bisa jadi salah satu cara mengetahui HP disadap. Biasanya, aplikasi penyadap yang diinstal diam-diam oleh pelaku penyadapan memang menguras kuota internet. Aplikasi ini biasanya berjalan di background, mengambil berbagai informasi di HP, dan mengirimkannya ke server tanpa sepengetahuan kalian.

Hal itu yang membuat kuota internet kalian cepat habis, padahal penggunaannya tak beda dari hari biasanya. Aplikasi tersembunyi yang mungkin ada di HP kalian yang menyedot banyak kuota internet untuk melancarkan aktivitasnya.

3. Cara Mengetahui HP Disadap Melalui Perubahan yang Terjadi

Cara mengetahui HP disadap melalui perubahan yang terjadi membutuhkan kecermatan kalian sebagai pengguna. Artinya, kalian harus memahami HP yang biasanya kalian gunakan. Untuk mengetahuinya, kalian perlu memperhatikan ciri-ciri berikut ini.

5. Aktivitas HP Sulit Dikontrol

Kontrol HP yang normal berada pada tangan kalian selaku pemilik. Namun, jika kalian mendapati fenomena aneh dan sulit dikontrol, seperti HP sering mati atau menyala sendiri, hingga menginstal aplikasi tanpa seizin kalian, sudah seharusnya kalian curiga.

Cara mengetahui HP disadap bisa kalian lakukan melalui tes respons HP dengan mencoba mematikannya. Kemudian perhatikan apakah ada keanehan dalam prosesnya, mungkin bisa gagal atau backlight tetap menyala meski proses shut down telah berhasil.

6. Terjadi Interferensi dengan Barang Elektronik

ara mengetahui HP disadap bisa kalian lakukan dengan tes frekuensi FM radio. Taruh HP kalian di dekat radio, lalu nyalakan radio tersebut. Jika radio mengeluarkan suara tinggi saat dinyalakan dalam mode mono, kemungkinan besar ponsel kalian sedang disadap.

Cara tersebut juga bisa kalian lakukan dengan tes dekatkan HP ke TV. Cara itu memungkinkan karena frekuensi TV menggunakan saluran ultra high frequency.

7. HP Jadi Lemot

Ciri-ciri seperti baterai bermasalah, koneksi internet lambat karena dipakai diam-diam, dan muncul iklan yang mengganggu bisa membuat HP jadi lemot. Hal itu disebabkan oleh aktivitas HP yang lebih banyak dari biasanya hingga menurunkan performa dari yang sebelumnya gesit jadi lemot.

Oleh karena itu, jika kalian menyadari kondisi HP yang tiba-tiba lemot, coba selidiki lebih lanjut. Jangan-jangan HP kalian memang sedang disadap dan sumber daya di dalamnya banyak disedot oleh pelaku.

4. Cara Mengatasi HP Disadap

Setelah kalian mengerti tentang cara mengetahui HP disadap melalui ciri-cirinya, berarti kalian harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Setelah kalian benar-benar curiga dengan kondisi HP yang disadap, lakukan langkah-langkah berikut ini sebagai solusi.

1. Instal Ulang Aplikasi

Penyadapan bisa dilakukan pada aplikasi tertentu di HP kalian. Sebagai aplikasi komunikasi yang cukup populer, WhatsApp misalnya, menjadi aplikasi yang rentan disadap. Nah, jika kalian melihat aktivitas aneh di HP yang ditunjukkan oleh aplikasi tersebut, segera hapus dan lakukan instal ulang.

Namun, sebelum itu, kalian disarankan untuk mengaktifkan verifikasi dua faktor dan mengaktifkan pemindai sidik jari. Dengan begitu, kalian akan lebih aman dan terhindar dari penyadapan saat menggunakan aplikasi itu kembali.

2. Non-aktifkan Akun

Ketika cara instal ulang tak bisa menghentikan aktivitas penyadap, menonaktifkan akun merupakan cara ampuh yang bisa kalian lakukan. Pada WhatsApp misalnya, kalian cukup mengirim email ke dukungan WhatsApp ke alamat support@whatsapp.com dengan kata kunci "Lost/stolen: please deactivate my account" di badan email.

3. Lakukan Factory Reset

Melakukan Factory Reset atau reset ulang perangkat seperti awal membeli bisa jadi cara mengatasi HP disadap. Dengan cara ini, semua aplikasi akan terhapus, termasuk jika ada aplikasi tersembunyi yang mungkin ada di HP kalian. Dengan begitu, aktivitas penyadapan pun tak bisa berlanjut.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI