8 Cara Mengetahui Kehamilan Dini Secara Alami Menggunakan Bahan Rumahan


Berita | Selasa, 5 Januari 2021 10:11
Editor : Dita Tamara

Kapanlagi.com - Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling dinantikan bagi pasangan suami istri khususnya pasangan yang baru saja menikah. Tentunya, menjadi seorang orangtua dan mempunyai anak adalah hal yang paling bahagia untuk mewarnai sebuah keluarga. Tak heran jika berbagai upaya dilakukan supaya cepat mendapatkan buah hati. Namun, seringkali seseorang kurang awas dengan tanda kehamilan. Bahkan, ada yang sampai tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, dan baru mengetahui di usia kandungan 3 hingga 4 minggu. Padahal, cara mengetahui kehamilan merupakan hal penting diketahui untuk menjaga kondisi tubuh dan janin.


Oleh sebab itu, cara mengetahui kehamilan sedini mungkin sangatlah perlu. Sebab, Tidak semua wanita mendapatkan gejala dini kehamilan. Namun, biasanya gejala awal kehamilan hampir mirip dengan menstruasi, sehingga masih banyak orang yang susah membedakannya. Itulah mengapa penting untuk para wanita mulai mengenali cara mengetahui kehamilan sejak dini agar bisa mempersiapkan yang terbaik semasa kehamilan. Daripada penasaran, berikut ini cara mengetahui kehamilan secara alami yang perlu kalian ketahui. Simak ulasannya.

1 dari 8 halaman

1. Baking Soda

Baking Soda (credit: pixabay)

Umumnya, baking soda akan kalian temui sebagai bahan pembuatan kue. Rupanya tak hanya itu saja lho, baking soda ternyata juga bisa sebagai bahan alami untuk cara mengetahui kehamilan.  Bahkan, keakuratannya bisa mencapai 70 persen lho. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Pertama-tama kalian cukup menyiapkan dua sendok baking soda, satu sendok urin, dan mangkuk. Setelah itu campurkan baking soda dan urin ke dalam mangkuk. Apabila kalian mendengar suara mendesis dari pencampuran baking soda dan urin, berarti hal tersebut menandakan bahwa kalian hamil. Namun, jika tidak ada reaksi apa-apa maka hasilnya pun negatif.

 

 

2 dari 9 halaman

2. Biji Gandum

Selanjutnya, cara mengetahui kehamilan secara alami yaitu menggunakan biji gandum. Biji gandum bahkan sudah digunakan sejak jaman kuno untuk mengetahui kehamilan seseorang. Cara menggunakan biji gandum untuk tes kehamilan pun cukup mudah. Kalian hanya perlu meneteskan urin pada biji gandum. Setelah ditunggu beberapa saat dan biji gandum tumbuh tunas, maka kalian dinyatakan hamil.

 

 

3 dari 9 halaman

3. Gula

Gula (credit: freepik)

Siapa sangka jika gula yang sering kalian temukan di dapur ini mampu untuk mengetahui kehamilan seseorang lho. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan 3 sendok makan gula pasir putih, sekitar 1/2 cangkir sampel urin pagi, dan cangkir plastik. Setelah itu, masukkan gula ke dalam gelas plastik, lalu tuang urin di atas gula. Tunggu selama 5-10 menit untuk mendapatkan hasilnya

Apabila kalian positif hamil, maka gula akan menggumpal. Sebaliknya, jika kalian negatif gula tersebut akan larut. Perlu kalian ketahui pula jangan menggunakan gula bubuk sebab gula tersebut tidak memiliki kemampuan menggumpal.

 

 

4 dari 9 halaman

4. Garam

Garam yang biasa digunakan penyedap pada makanan ini juga bisa digunakan sebagai cara mengetahui kehamilan. Caranya taburkan garam secukupnya di mangkuk dan campurkan dengan urin. Apabila kalian positif hamil, maka urin akan bereaksi berubah menjadi larutan putih seperti susu.

 

 

5 dari 9 halaman

5. Cuka

Cuka (credit: pixabay)

Cuka menjadi salah satu bahan alami untuk menguji kehamilan seseorang. Cara mengetahuinya, kalian hanya perlu menyiapkan 1 cangkir cuka suling putih, 1/2 hingga 1 cangkir sampel urin pagi, dan cangkir plastik. Setelah itu, tuangkan cuka dan urin ke dalam gelas plastik. Tunggu 3 hingga 5 menit. Jika terjadi perubahan warna, maka kalian positif hamil. Namun, apabila tidak ada perubahan warna, maka hasilnya negatif.

 

 

6 dari 9 halaman

6. Pasta Gigi

Pasta gigi yang umumnya digunakan untuk membersihkan gigi rupanya menjadi salah satu bahan untuk mengetahui kehamilan. Caranya, siapkan pasta gigi putih, sampel urin di pagi hari, dan wadah. Letakkan sesendok pasta gigi dalam cangkir, lalu tuangkan urin kalian di atas pasta gigi. Tunggu selama 5-10 menit untuk melihat hasilnya. Apabila pasta gigi berubah warna menjadi biru muda atau berbusa maka kalian bisa dinyatakan positif. Akan tetapi, apabila tidak menunjukkan reaksi apapun, kalian dinyatakan negatif.

 

 

7 dari 9 halaman

7. Sabun

Sabun (credit: freepik)

Sabun yang biasanya untuk mandi juga masuk ke dalam list sebagai bahan yang dapat mengetahui kehamilan seseorang lho. Cara ini pun terbilang sangat sederhana. Pertama-tama siapkan sabun ke dalam wadah dan basahi sedikit air layaknya yang kalian lakukan ketika mandi. kemudian, campurkan campuran air tersebut dengan urin. Nah, apabila air dan urin mengeluarkan banyak sekali busa, hal ini menandakan bahwa kalian sedang hamil.

 

 

8 dari 9 halaman

8. Shampo

Tak hanya sabun, shampoo rupanya bisa menjadi cara mengetahui kehamilan yang juga mudah diterapkan. Pertama-tama siapkan 5 tetes shampo, 2 sendok makan urin di pagi hari, serta wadah. Setelah itu, campurkan shampo dan urine yang sudah kalian siapkan sebelumnya ke dalam wadah. Jika kedua campuran tersebut berbusa hal tersebut menjadi tanda kalian positif hamil. Namun, jika tidak menimbulkan reaksi apapun, maka kalian negatif.

Itulah sederet cara mengetahui kehamilan secara alami menggunakan bahan rumahan. Selamat mencoba ya.

 

 

(kpl/dtm)

Topik Terkait