80 Kata Hidup yang Bijak, Penuh Makna dan Bangkitkan Diri dari Keterpurukan


Berita | Jum'at, 25 Juni 2021 18:11
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Setiap manusia pasti pernah merasakan mudah bahkan sulit dalam jalani kehidupan. Ya, kesulitan dan kemudahan dalam hidup datang untuk membuat manusia menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Ada banyak sekali pengalaman hidup seseorang yang menjadi sebuah kata bijak. Ya, kata hidup bijak inilah yang menjadi sebuah inspiratif dan motivasi untuk banyak orang.


Setiap manusia pasti memiliki perjalanan hidup mereka sendiri, dan semua perjalanan tersebut tak ada yang berjalan dengan mulus. Sebuah motivasi bisa membantu kita bangkit dari rasa keterpurukan. Sebuah motivasi tak datang dari teman dan keluarga saja, kata-kata bijak dari para tokoh pun bisa menjadi sebuah nasihat bijak untuk kalian. Sehingga sebuah masalah bukan menjadi alasan untuk kita menyerah dan tak ingin lagi berusaha dengan baik.

Bagi kalian yang sedang mencari sebuah kata-kata bijak, maka berikut ini ada 80 kata hidup bijak yang telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 4 halaman

1. Kata Hidup yang Sederhana

Ilustrasi (credit: Freepik)

Kata hidup yang pertama yaitu ada kata hidup sederhana. Ya, kata-kata bijak berikut ini menunjukkan sebuah kehidupan yang sederhana namun dapat bahagia. Berikut ini kata hidup yang sederhana tersebut:

1. "Jadilah orang yang dermawan, tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tetapi jangan menjadi orang yang kikir." - Ali bin Abi Thalib

2. "Hidup sederhana bertenda langit yang berbintang!" - I. Zangwill

3. "Hal-hal sederhana dalam hidup memang yang paling luar biasa, hanya orang-orang yang bijak yang dapat memahaminya." - Paulo Coelho

4. "Miskin itu berbeda dengan sederhana karena miskin itu kondisi hidup sedangkan sederhana adalah gaya hidup." - Cak Lontong (Lies Hartono)

5. "Hidup itu sangat sederhana, tapi kita yang membuat hidup menjadi rumit." - Konfusius

6. "Hidup itu sudah ditetapkan bahwa lebih sederhana lebih cantik." - Nakamura Kou

7. "Jika Anda menginginkan perubahan sederhana dalam hidup Anda, lakukanlah lewat tingkah laku Anda. Tapi, jika Anda menginginkan perubahan yang besar dan primer, lakukanlah dengan paradigma Anda." - Stephen Covey

8. "Kebahagiaan hidup yang sebenarnya adalah hidup sederhana." - W.M Thackeray

9. "Satu di antara rahasia untuk mendapatkan kebahagiaan hidup adalah terus menerus melakukan sesuatu yang sederhana." - Iris Murdoch

10. "Kalau dipikir-pikir hidup ini sebenarnya simpel. Makanya jangan dipikirin, biar nggak ribet dan seru." - Jerinx

11. "Kesederhanaan adalah pengalaman yang sangat berharga di dunia." - Leonardo da Vinci

12. "Jarang orang mau mengakui, kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia ini. Suatu karunia alam. Dan yang terpenting di atas segala-galanya ialah keberaniannya. Kesederhanaan adalah kejujuran, dan keberanian adalah ketulusan." - Pramoedya Ananta Toer

13. "Saya mempunyai tiga hal untuk diajarkan, kesederhanaan, kesabaran, kasih sayang. Ketiganya adalah harta karun terbesar Anda." - Lao Tzu

14. "Ketika Anda sudah merasa puas dengan kesederhanaan Anda sendiri dan tidak membandingkan atau bersaing dengan yang lainnya, maka semua orang akan menghargai Anda." - Lao Tzu

15. "Ini adalah satu di antara mantra saya: fokus dan kesederhanaan. Kamu harus berkerja lebih keras untuk menjernihkan pikiran dan menghasilkan kesederhanaan. Pada akhirnya hal ini akan setimpal. Saat kamu tiba di sana, kamu bisa memindahkan gunung." - Steve Jobs

16. "Kesederhanaan adalah dasar segala moral dan kebajikan utama manusia. Tanpa kesederhanaan, manusia tidak ada bedanya dengan binatang." - Napoleon Bonaparte

17. "Bahagia itu sederhana, kurangi keinginan, penuhi kebutuhan dan perbanyaklah bersyukur."

18. "Bahagia itu sederhana, bersyukur dengan apa yang kita miliki bukan dengan apa yang orang lain miliki."

19. "Lebih indah hidup sederhana, tapi apa adanya daripada hidup mewah dengan utang di mana-mana."

20. "Bukan kemewahan yang akan membuatmu bahagia. Tapi, kesederhanaan yang akan membuatmu tampak istimewa."

 

2 dari 5 halaman

2. Kata Hidup yang Pahit

Ilustrasi (credit: Freepik)

Kemudian ada pula kata hidup yang pahit. Ya, dalam hidup kita tak selalu merasakan manis, namun rasa pahit dalam hidup pun kita rasakan. Semua hal tersebut agar membuat kita belajar dan menghargai setiap kesuksesan. Berikut ini kata hidup yang pahit tersebut:

21. "Jangan membenci mereka yang mengatakan hal buruk untuk menjatuhkanmu karena merekalah yang membuatmu makin kuat setiap hari. Menertawakan masalah orang lain itu mudah."

22. "Hanya karena orang lain berbuat tidak baik kepada kita, bukan berarti kita harus membalasnya dengan cara yang sama. Tak ada kata terlambat untuk berubah."

23. "Satu di antara hal terbaik dalam hidup adalah melihat senyum di wajah orangtuamu dan menyadari bahwa kamulah alasannya."

24. "Untuk setiap manusia di dunia ini, Tuhan telah memberikan sesuatu yang mulia dan baik ke dalam hatinya. Selalu jaga hatimu. Tak perlu iri pada orang lain."

25. "Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah dan teruslah melangkah."

26. "Hidup ini terlalu berharga untuk habiskan waktumu memikirkan dia yang tak memperlakukanmu dengan baik dan tak pernah menganggapmu ada."

27. "Jangan salahkan dirimu atas keputusan yang salah. Setiap orang membuatnya. Jadikan mereka pelajaran untuk keputusanmu selanjutnya."

28. "Hidup tak pernah lepas dari masalah karena masalah adalah satu di antara cara Tuhan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat dan dewasa."

29. "Bagaikan batu yang teguh tiada tergoyahkan, demikian pula orang bijaksana tiada goyah di tengah tengah celaan atau pujian."

30. "Pikirkan apa pun yang akan kamu ucapkan karena setiap ucapan yang keluar dari mulutmu, tak akan bisa kamu tarik kembali."

31. "Selalu lakukan kebaikan dengan cara terbaik. karena dengan cara itulah kedamaian akan tercipta."

32. "Cintai apa pun yang ada didunia dengan sewajarnya karena apa pun yang ada di  dunia tak ada yang abadi."

33. "Belajar memahami bahwa tak semua keinginan bisa terpenuhi adalah obat terbaik untuk mencegah kecewa dan sakit hati."

34. "Kadang kamu bertemu seseorang yang sangat berarti dalam hidupmu hanya untuk menyadari pada akhirnya kamu harus melepaskannya."

35. "Hati yang penuh syukur bukan saja merupakan kebajikan yang terbesar, melainkan merupakan induk dari segala kebajikan yang lain."

36. "Jangan pikirkan kegagalan kemarin, hari ini sudah lain, sukses pasti diraih selama semangat masih menyengat."

37. "Kebesaran seseorang tidak diukur dari kekuatannya, tapi diukur dari bagaimana dia berdiri tegap setiap kali dia terjatuh."

38. "Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan bahwa kamu adalah kamu. Jadi dirimu sendiri."

39. "Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya."

40. "Jadikan kepandaian sebagai kebahagiaan bersama sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas untuk bersyukur atas kesuksesan."

 

3 dari 5 halaman

3. Kata Hidup yang Ispiratif

Ilustrasi (credit: Freepik)

Dalam hidup tentu kita membutuhkan sebuah motivasi yang sangat inspiratif. Dan berikut ini ada beberapa kata hidup yang penuh inspiratif tersebut:

41. "Orang paling bijaksana mengikuti arahan mereka sendiri."

42. "Anda mengubah dunia dengan menjadi diri sendiri." - Yoko Ono

43. "Apa yang tidak membunuh kita, membuat kita lebih kuat." - Friedrich Nietzsche

44. "Hal-hal hebat tidak pernah datang dari zona nyaman."

45. "Jalan yang sulit sering kali mengarah ke tujuan yang indah."

46. "Dari kesalahan ke kesalahan seseorang menemukan seluruh kebenaran."

47. "Jika Anda tidak menyukai sesuatu, ubahlah. Jika Anda tidak dapat mengubahnya, ubah sikap Anda." - Maya Angelou

48. "Belajar untuk menjadi tenang dan kamu akan selalu bahagia."

49. "Ini akan menjadi hal terberat yang pernah kamu lakukan, tetapi hatimu tidak pernah salah."

50. "Lakukan hal-hal yang kamu suka karena jika tidak, kamu akan menyesal suatu hari."

51. "Dengarkan, tersenyumlah, setujui, lalu lakukan apa pun yang ingin kamu lakukan."

52. "Nikmati setiap momen dalam hidup karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok."

53. "Jika kamu tidak mau mengambil risiko yang tidak biasa, kamu harus puas dengan yang biasa."

54. "Orang yang ekstrem mendapatkan hasil yang ekstrem."

55. "Kita harus melakukan yang terbaik yang kita mampu. Itu adalah tanggung jawab manusia yang suci."

56. "Jangan takut dengan tantangan karena hidup tanpa tantangan itu tidak menyenangkan."

57. "Rahasia untuk maju adalah memulai."

58. "Selalu lakukan yang terbaik. Apa yang kamu tanam sekarang, akan kamu panen nanti."

59. "Untuk mencapai yang tidak mungkin, seseorang harus mencoba yang absurd."

60. "Ubah cara berpikirmu dan kamu akan menikmati setiap momen dalam hidup."

 

4 dari 5 halaman

4. Kata Hidup yang Menyentuh Hati

Ilustrasi (credit: Freepik)

Dan kata hidup yang terakhir yaitu ada kata hidup yang menyentuh hati. Kata-kata ini tak hanya dapat menjadi sebuah nasihat bijak saja, namun juga dapat menjadi sebuah nasihat yang menyentuh hati. Berikut kata hidup yang menyentuh hati tersebut:

61. "Jangan berbahagia atas apa yang kita dapat, tetapi berbahagialah atas apa yang bisa kita bagikan."

62. "Tidak ada orang yang dapat menyakitimu, kecuali mereka yang benar-benar kau peduli atau mereka yang tidak benar-benar peduli padamu."

63. "Sekecil apa pun kebaikan yang kita lakukan tak akan pernah sia-sia. Kebaikan akan berbalas kebaikan."

64. "Miliki hati yang tak pernah membenci, senyuman yang tak pernah menyakiti, dan kasih sayang yang tak pernah berakhir."

65. "Maafkan diri sendiri. Jangan menyesali kesalahan. Maaf itu mengobati hati dan mendamaikan diri."

66. "Kita memang tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, namun percayalah, Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan."

67. "Jangan jadikan kegagalan kemarin sebagai penghambat hari ini. Semangat untuk membuat hari esok lebih baik, melalui hari ini."

68. "Ketulusan cinta dan kasih sayang tidak dapat dilihat atau didengar, tetapi hanya bisa dirasakan dengan hati."

69. "Kita harus berarti untuk diri kita sendiri dulu sebelum kita menjadi orang yang berharga bagi orang lain."

70. "Kamu tidak bisa kembali dan mengubah awal saat kamu memulainya, tapi kamu bisa memulainya lagi dari di mana kamu berada sekarang dan ubah akhirnya."

71. "Jangan pernah berhenti menunjukkan kepada seseorang betapa mereka sangat berarti bagimu."

72. "Beberapa orang berpura-pura kuat, tapi mereka hancur di dalam."

73. "Jelajahi hal-hal baru dan belajar darinya karena hidup ini terlalu singkat."

74. "Kamu tidak bisa mekar begitu cepat, kamu harus tumbuh dulu."

75. "Jangan pernah biarkan kesedihan masa lalumu membuatmu merusak kebahagiaan saat ini."

76. "Kadang-kadang hidup seperti permainan, entah menang atau kalah tetapi kamu harus mengerahkan semua upaya terbaik."

77. "Satu bab buruk dalam hidup itu tidak berarti adalah akhir, tetapi itu adalah awal dari babak baru dalam hidupmu."

78. "Kamu tidak bisa kembali dan mengubah hal-hal yang ada, tetapi kamu bisa belajar dari itu dan mengambil tindakan sekarang."

79. "Kamu harus mengambil risiko, kamu harus menerima perubahan, maka hanya kamu yang akan memahami keajaiban hidup sepenuhnya."

80. "Apa pun yang terjadi selama setahun terakhir ini, bersyukurlah karena itu membuatmu lebih kuat menghadapi masa depan."

Itulah 80 kata hidup yang bijak dan penuh makna mendalam. Semoga kata hidup yang bijak ini bisa menjadi sebuah nasihat untuk para KLovers agar terus menghargai setiap waktu dalam kehidupan kalian.

 

(kpl/dhm)

Topik Terkait