9 Minuman Sehat untuk Ibu Hamil, Bagus Dikonsumsi Rutin dan Rasakan Khasiatnya


Berita | Sabtu, 8 Mei 2021 16:22
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Bagi seorang ibu hamil, memperhatikan makanan yang dikonsumsi sangatlah penting. Terutama dalam hal pola makan dan nutrisi harus seimbang. Terkadang di awal kehamilan ada saja ibu yang tidak memiliki nafsu makan. Hal ini tentu tidak akan baik bagi ibu dan juga janin dalam kandungan. Namun tenang KLovers, nyatanya ada jenis minuman sehat yang bisa ibu hamil konsumsi secara rutin.


Namun kalian perlu mengetahui apa saja minuman untuk ibu hamil yang sehat dan disarankan ya KLovers. Karena tidak semua minuman baik dikonsumsi saat hamil.

Kira-kira apa saja ya minuman sehat untuk ibu hamil tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 9 minuman sehat untuk ibu hamil yang perlu kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1 dari 9 halaman

1. Air Kelapa Hijau

Ilustrasi (credit: Freepik)

Minuman sehat untuk ibu hamil yang pertama yaitu ada air kelapa hijau. Sudah bukan rahasia umum bahwa, air kelapa merupakan minuman elektrolit alami yang baik untuk memberikan hidrasi pada tubuh. Selain itu, nyatanya air kelapa hijau juga dipercaya dapat membuat air ketuban jernih dan bayi akan memiliki kulit halus dan cerah.

Selanjutnya yaitu tentu kandungan elektrolit di dalam air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi, memulihkan stamina dan membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan pada ibu hamil. Karena ketika hamil, seseorang akan rentan mengalami mual dan konstipasi. Sehingga mengonsumsi air kelapa juga bisa membantu untuk menangani masalah tersebut.

 

2 dari 10 halaman

2. Susu Rendah Lemak

Ilustrasi (credit: Freepik)

Kemudian minuman sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu ada susu rendah lemak. Mengonsumsi susu saat masa kehamilan sangat berguna untuk kesehatan tubuh loh KLovers. Sebaiknya pilih susu khusus ibu hamil, ini karena kandungannya diperkaya dengan vitamin, DHA, kalsium, asam folat, zat besi, dan zat lain yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin.

Setidaknya ibu hamil mengonsumsi 3 gelas susu dalam sehari. Itu karena kandungan susu bagus untuk menguatkan rahim dan janin mendapat asupan oksigen yang cukup. Bahkan menurut ahli diet Julie Redfern mengungkapkan dalam sebuah artikel di Baby Center bahwa, minum susu tanpa lemak atau rendah lemak dapat membantu kita menghindari lemak jenuh yang tidak diinginkan.

 

3 dari 10 halaman

3. Jus Buah Segar

Ilustrasi (credit: Freepik)

Buah merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus. Hal ini juga sangat berlaku bagi ibu hamil. Ada banyak sekali jus buah yang bisa kalian konsumsi secara rutin untuk kesehatan janin dan tubuh. Seperti buah jeruk dan cranberry yang mengandung antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan butuh, vitamin C, dan nutrisi penting seperti folat.

Tentu saja semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan, terutama dalam pertumbuhan dan perkembangan sel bayi. Bahkan jus buah juga mengandung potassium yang dapat membantu mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Tetapi perlu diingat, hindari jus buah kemasan ya KLovers. Karena jus buah kemasan menambahkan pemanis tambahan.

 

4 dari 10 halaman

4. Yogurt

Ilustrasi (credit: Freepik)

Bukan hanya untuk seseorang yang sedang diet saja, nyatanya yogurt menjadi salah satu minuman sehat untuk ibu hamil loh. Hal ini karena di dalam kandungan yogurt terdapat sumber kalsium yang bagus untuk menguatkan tulang janin. Selain itu probiotik yang terkandung dalam yogurt dapat terhindar dari gangguan pencernaan.

Tetapi sebaiknya kalian harus lebih teliti dalam memilih yogurt. Kalian bisa memilih yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak dan hindari yogurt produk rumahan. Itu karena dikhawatirkan produk rumahan tidak higienis dan akan menyisakan bakteri pada yogurt.

Selain itu kalian juga bisa mencampurkan yogurt pada smoothies. Kalian bisa memadukan beberapa jenis buah atau sayur yang diberikan yogurt sebagai minuman segar. Dengan mengonsumsi smoothies maka kalian akan memberikan nutrisi baik pada tubuh. Perpaduan antara stroberi dan kiwi kaya akan vitamin E, C, K, dan potasium yang baik bagi kesehatan tubuh dan janin.

 

5 dari 10 halaman

5. Teh Herbal

Ilustrasi (credit: Freepik)

Bagi kalian yang suka minum teh, maka kalian bisa loh mengonsumsi teh herbal. Memang di dalam teh terdapat kafein yang berbahaya dapat menggugurkan janin. Namun kalian bisa mengganti teh biasa dengan teh herbal yang tidak mengandung kafein.

Beberapa teh herbal kaya dengan antioksidan dan bisa mengurangi gejala dari morning sickness atau mual. Kalian bisa mengonsumsi teh daun raspberry yang mampu mengatur kontraksi ketika melahirkan. Selain itu kalian juga bisa mengonsumsi teh jahe dan teh lemon. Menurut American Pregnancy Association (APA), teh lemon balm terbukti memiliki efek menenangkan.

 

6 dari 10 halaman

6. Jus Lemon

Ilustrasi (credit: Freepik)

Selanjutnya minuman sehat untuk ibu hamil yang lainnya yaitu ada jus lemon. Ternyata minuman segar yang satu ini sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil loh KLovers. Hal ini karena segelas lemon dapat menghidrasi tubuh, bahkan lemon juga menyediakan vitamin C sebagai minuman untuk ibu hamil. Selain itu, lemon hangat juga sangat baik mengatasi serta meringankan morning sickness.

 

7 dari 10 halaman

7. Jus Sayur

Ilustrasi (credit: Freepik)

Tidak hanya jus buah saja, nyatanya jus sayur juga jadi minuman sehat untuk ibu hamil. Kalian bisa loh membuat jus sayuran sendiri di rumah, dengan sayuran yang kalian sukai. Kalian bisa membuat jus sayuran dengan jenis sayuran seperti brokoli, bayam, kubis. Hal itu karena semua jenis sayuran tersebut kaya akan protein yang bermanfaat untuk sel tubuh kalian dan janin.

Selain jenis sayuran hijau, kalian juga bisa mengonsumsi jenis sayuran lainnya seperti, wortel, beetroot, atau mentimun. Semua jenis sayuran tersebut memiliki kandungan yang bisa berdampak positif pada kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandung.

 

8 dari 10 halaman

8. Buttermilk

Ilustrasi (credit: Freepik)

Buttermilk ternyata sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil loh KLovers, terutama pada saat memasuki musim panas. Sama seperti susu, buttermilk mampu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sepanjang waktu. Menariknya, buttermilk mampu memberikan sensasi dingin pada tubuh ibu hamil. Tidak perlu khawatir mengenai asupan nutrisinya, buttermilk memiliki kandungan vitamin B12, protein serta kalsium yang sangat tinggi.

 

9 dari 10 halaman

9. Air Chia Seed

Ilustrasi (credit: Freepik)

Dan minuman sehat untuk ibu hamil yang terakhir yaitu ada air chia seed. Ya, chia seed memang mirip seperti biji selasih namun kandungan di dalamnya sedikit berbeda. Chia seed mengandung asupan nutrisi seperti kalsium, magnesium, tembaga, seng, fosfor, niasin serta zat besi yang sangat tinggi. Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang janin yang dikandung.

Bagi para KLovers yang ingin mengonsumsi minuman ini, maka kalian bisa rendam beberapa chia seed dalam air matang hingga mengembang. Namun untuk lebih segar, kalian bisa memasukkan chia seed ke dalam minuman dingin seperti jus buah atau smoothies.

Itulah 9 minuman sehat untuk ibu hamil yang bagus dikonsumsi secara rutin. Namun kalian juga tetap harus berkonsultasi pada dokter kandungan ya KLovers, hal ini untuk mengetahui takaran yang tepat.

 

(kpl/dhm)

Topik Terkait