Arti dari Palet dalam Ekspedisi, Beserta Jenis-Jenis dan Fungsinya


Berita | Senin, 3 April 2023 20:44

Kapanlagi.com - Mungkin KLovers nggak asing dengan kata palet ini. Ya, arti dari palet sendiri merupakan sebuah menahan beban dalam posisi stabil untuk mempermudah dalam mengangkat atau membawa sebuah beban yang besar ataupun beban yang cukup berat.


Nah, untuk lebih memahami lagi apa itu arti dari palet, KLovers akan mengetahui pula fungsi palet bekerja, dan apa saja jenis-jenis palet. Selain itu, KLovers juga perlu tahu nih, apa sih perbedaan palet dalam kegiatan ekspedisi dan juga pallete dalam kegiatan seni.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah arti dari palet beserta dengan jenis-jenis palet dan juga fungsi dari palet. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 4 halaman

1. Arti dari Palet

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Secara umum arti dari palet adalah sebuah struktur datar yang biasa digunakan untuk menahan beban yang memiliki posisi stabil. Dan palet sendiri merupakan platform horizontal yang terdiri dari 4 sisi yang memungkinkan untuk diangkat dan dipindahkan oleh truk, forklift atau peralatan penanganan material lainnya.

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk melindungi barang dan menahan beban di atasnya. Bahan dari palet secara umum terbuat dari bahan kayu. Akan tetapi ada juga palet yang terbuat dari bahan plastik dan kardus yang biasanya disesuaikan dengan berat barang atau jenis barang yang akan diletakkan di atasnya.

Kemudian, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari palet adalah sebuah jenis dua lapis bilah kayu yang tersusun searah yang disela balok melintang, dan kayu ini digunakan untuk menumpuk muatan supaya bisa diangkat sekaligus. Dan barang-barang atau peti kemas sering ditempatkan di atas palet dan direkatkan dengan kemasan saat diangkut.

 

2 dari 5 halaman

2. Fungsi dari Palet

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Tadi sudah mengetahui apa arti dari palet, KLovers juga perlu mengetahui fungsi dan cara kerja dari palet ini. Secara umum, fungsi dari palet ini untuk mempermudah pemindahan barang yang akan dikirimkan dari atau ke dalam gudang logistik.

Cara kerjanya, sebuah barang akan diletakkan di atas palet, setelah itu barang akan diletakkan di atas forklift. Hal ini akan lebih mudah untuk diangkat dan dipindahkan. Selain itu, palet juga berfungsi sebagai pelindung dari lantai yang basah atau sesuatu yang bisa merusak barang.

 

3 dari 5 halaman

3. Jenis-Jenis Palet

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Ternyata palet memiliki jenis-jenisnya loh KLovers, dari jenis bahan yang digunakan untuk membuat palet, hingga jenis ukuran palet itu sendiri. Dan berikut ini jenis-jenis palet yang bisa KLovers ketahui dalam ekspedisi:

1. Palet Kayu

Jenis palet yang pertama ada jenis palet kayu. Ya, palet ini menggunakan bahan baku pilihan yang kuat untuk mempermudah membawa sebuah barang. Palet jenis ini paling umum digunakan dalam industri logistik atau ekspedisi karena cukup kuat dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

2. Palet Plastik

Jenis palet yang kedua yaitu ada palet plastik. Seperti namanya, jenis palet ini merupakan jenis palet yang terbuat dari bahan plastik. Palet jenis ini memiliki sisi atas yang tertutup rata, berbeda dengan palet kayu yang berjarak. Dan kelebihan dari palet jenis ini adalah lebih awet dan tidak mudah rusak.

3. Palet Kardus

Mungkin sedikit kurang meyakinkan, namun nyatanya jenis palet kardus ini ada loh KLovers. Palet jenis ini menggunakan bahan kardus yang berkualitas sehingga mampu menahan beban hingga 100 kg. Palet kardus juga lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Di negara Jepang sudah menggunakan palet jenis ini loh.

4. Palet Logam

Jenis palet yang berikutnya yaitu ada palet logam. Palet jenis ini merupakan jenis palet yang memiliki ketahanan paling kuat dan kokoh. Namun, tentu saja jenis palet ini memiliki harga paling mahal jika dibandingkan jenis lainnya. Bahkan, palet ini juga memiliki kekurangan, yaitu mudah berkarat bila terkena air.

5. Palet 2 ways

Tadi jenis palet yang dilihat dari bahan materialnya, kali ini ada palet yang dilihat pada ukurannya. Ya, jenis palet yang pertama ada 2 ways, yang merupakan jenis palet dengan dua sisi. Palet jenis ini memungkinkan forklift bisa mengambil barang dari sisi yaitu belakang dan depan.

6. Palet 4 ways

Dan jenis palet terakhir ada 4 ways. Ya, jenis palet ini memiliki empat bagian untuk mengangkat yaitu depan, belakang, kiri dan kanan. Palet 4 ways biasa digunakan untuk mengangkat barang yang berada dalam tumpukan cukup tinggi.

 

4 dari 5 halaman

4. Perbedaan Palet dan Pallete

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Tadi sudah mengetahui arti palet, namun apa bedanya dengan pallete? Pallete sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris, yang memiliki arti palet. Dijelaskan bahwa, pallete atau palet dalam seni lukis merupakan papan tempat menaruh dan mencampurkan cat bagi pelukis.

Palet biasa terbuat dari kayu, plastik, keramik, atau bahan lain yang keras, tidak mudah bereaksi, dan tidak berpori. Walaupun dalam bahasa Indonesia memiliki nama yang sama, namun palet untuk seni lukis memiliki fungsi yang bentuk berbeda dengan yang ekspedisi.

Kalau palet dalam ekspedisi untuk mengangkat sebuah barang dalam jumlah banyak atau dengan ukuran yang berat, maka palet untuk melukis hanya berupa lempengan yang ringan untuk mempermudah pelukis dalam membawa cat air atau mencampurkan sebuah warna sebelum dioleskan pada sebuah canvas.

Itulah arti dari palet yang bisa KLovers ketahui dan pahami dalam dunia ekspedisi. Bukan hanya arti dari palet saja, namun KLovers juga bisa mengetahui fungsi dari palet dan jenis-jenisnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait