Arti Ihsan dalam Islam, Makna, Dalil, dan Ciri-Ciri Lengkap dengan Contohnya


Berita | Minggu, 1 Mei 2022 11:44

Kapanlagi.com - Setiap orang tentunya sangat dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama. Begitu juga agama Islam yang sangat menganjurkan dan menjunjung tinggi setiap umatnya untuk mengerjakan amal kebaikan. Inilah yang kemudian memunculkan apa yang disebut dengan ihsan.


Arti ihsan adalah suatu perbuatan baik yang dilakukan seseorang. Perbuatan baik ini bisa tertuju pada banyak hal baik kepada Tuhan yang konteksnya adalah ketaatan dalam beribadah, kepada manusia, dan kepada makhluk lain di muka bumi.

Apalagi ada keutamaan dari arti ihsan yang ternyata amatlah istimewa. Salah satunya dapat terlihat dalam sebuah dalil Alquran yang menyebutkan bahwa Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat baik. Orang yang berbuat baik tersebut kemudian disebut dengan muhsin.

Sementara itu berikut ini ada penjelasan mengenai arti ihsan dan maknanya yang perlu kalian ketahui. Yuk cek bagaimana arti ihsan dalam Islam beserta dalil dan ciri-cirinya.

1 dari 4 halaman

1. Arti Ihsan dalam Islam

(credit: pixabay.com)

Ihsan adalah istilah yang sudah sangat akrab terdengar. Kebanyakan orang menyebut arti ihsan adalah untuk menunjukkan berbagai perbuatan yang baik. Namun apa arti ihsan dalam pandangan Islam?

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti ihsan adalah baik. Selain itu arti ihsan dapat juga disebut dengan derma dan sebagainya yang tidak diwajibkan. Namun dilihat dari asal katanya, arti ihsan berasal dari kata hasuna-yahsunu-hasanan yang memiliki arti baik ataupun berbuat baik ataupun bagus. Selain itu arti ihsan dalam bahasa Arab memiliki arti kesempurnaan atau keunggulan.

Menurut pandangan Islam, ihsan cukup sering disebutkan dalam Alquran dan hadis. Apalagi perintah untuk selalu berbuat kebaikan menjadi bagian dari keimanan dan bukti keislaman seorang muslim. Karena itulah disebutkan pula bahwa iman, Islam dan ihsan adalah tiga hal yang tidak dapat terpisah satu sama lain. Maka dapat dikatakan bahwa arti ihsan adalah perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang muslim yang mana baik dengan ucapan atau tindakan kepada Allah SWT ataupun orang lain dan makhluk hidup lainnya.

Karenanya arti ihsan adalah kebalikan dari isa'ah atau yang disebut dengan perbuatan jelek. Itulah penjelasan mengenai arti ihsan yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan dalam memahami makna ihsan.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Makna dan Dalil Arti Ihsan

(credit: freepik.com)

Setelah tahu apa arti ihsan, apa sebenarnya makna dari ihsan itu sendiri. Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya bahwa iman, Islam, dan ihsan adalah tiga hal yang saling berkaitan. Karena ketiganya tidak bisa dipisahkan seperti telah disebutkan dalam hadis sebuah mengenai makna ihsan yakni arti ihsan dalam sebuah hadis disebutkan berdasarkan riwayat Muslim dari Abu Hurairah sebagai berikut,

"Wahai rasulullah, apakah Ihsan itu? Rasulullah SAW bersabda: 'Yaitu engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak mampu melihat-Nya, maka ketahuilah bahwa Dia selalu melihatmu."

Dari hadis tersebut dapat dilihat bahwa makna dari ihsan tersebut adalah melakukan perbuatan baik terutama dalam hal ibadah kepada Allah SWT. Sebab dalam melaksanakan suatu ibadah kepada Allah SWT, maka seolah-olah kalian dapat melihat-Nya serta berhadapan dengan-Nya. Dengan begitu ibadah yang dijalani dapat lebih maksimal dan sempurna atau unggul.

Sementara itu ada juga sejumlah hadis yang menyebutkan mengenai keterkaitan antara iman, Islam, dan ihsan. Adapun riwayat tersebut seperti dilansir dari Nu Online sebagai berikut berdasarkan HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, Al-Baihaqi, dan Ad-Darimi,

"Orang beriman yang paling sempurna keimanannya adalah mereka yang paling baik akhlaknya (ihsan),"

Kemudian ada juga riwayat yang mengungkapkan mengenai keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan yang mengatakan sebagai berikut dilansir dari sumber yang sama berdasarkan HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Al-Hakim,

"Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah di mana saja berada. Iringi perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya itu dapat menghapusnya. Interaksilah dengan orang lain dengan akhlak yang baik."

Terdapat pula riwayat lainnya yang menyebutkan mengenai iman dan hsan yakni sebagai berikut berdasarkan HR Tirmidzi, Riyadlu Al-Shalihin: 278,

"Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling bagus akhlaknya."

Dari sejumlah riwayat Hadis di atas dapat dikatakan jika iman, Islam dan ihsan memang satu kesatuan. Di mana makna dari ihsan artinya adalah melakukan suatu perbuatan baik yang semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT serta menggapai ridha dan karunia-Nya.

Karena itulah perbuatan baik ini bisa ditunjukkan untuk berbagai hal baik ibadah kepada Allah yang sifatnya wajib atau sunnah, serta berbuat baik kepada makhluk lain dan sesama manusia. Dengan ihsan maka dapat membangun apa yang disebut dengan iman dan Islam.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Ciri-Ciri Orang Berbuat Ihsan

(credit: freepik.com)

Orang yang berbuat baik atau ihsan disebut juga dengan muhsin. Sementara itu terdapat beberapa ciri-ciri dari orang yang berbuat ihsan. Ciri-ciri orang berbuat ihsan ini juga tercantum dalam dalil Alquran yang artinya dari surat Az-Zariyat ayat 16 - 19.

"Sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan(16) Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam(17) Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar (18) Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian (19)."

Maka berikut ini terdapat ciri-ciri dari orang yang berbuat ihsan. Yuk cek apa saja ciri orang berbuat ihsan dilansir dari berbagai sumber:

- Selalu berusaha menaati perintah Allah SWT (sholat, puasa, zakat, sedekah, infak, dan sebagainya) dan menjauhi larangan-Nya.

- Bersikap amanah dan jujur.

- Selalu berusaha untuk menjaga ibadah kepada Allah SWT dan selalu haus akan ibadah.

- Dapat mewujudkan dan menjaga kedamaian dan keharmonisan bermasyarakat.

- Berusaha untuk memaafkan orang lain apabila dizalimi dan menjaga amarah.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Contoh Perbuatan Ihsan

(credit: freepik.com)

Ada beragam contoh perbuatan ihsan yang bisa berkaitan dengan banyak hal. Nggak hanya hubungan seorang hamba dengan Tuhan melainkan juga perbuatan baik kepada semua makhluk di bumi. Nah, berikut ini beberapa contoh ihsan.

1. Ihsan kepada Allah SWT

Salah satu arti ihsan kepada Allah SWT adalah menjalankan perintah bisa berupa ibadah wajib dan sunnah. Serta menjauhi berbagai perbuatan ataupun tindakan yang dilarang oleh Allah SWT. Misalnya saja menjalankan sholat fardhu, puasa, zakat, belajar, bekerja, dan lainnya.

2. Ihsan kepada sesama manusia

Arti ihsan dapat ditunjukkan dengan berbuat baik kepada sesama manusia baik untuk orangtua dan keluarga, teman, tetangga, tamu dan lainnya. Contohnya saja membantu orang yang kesusahan, berbakti kepada orang tua, dan segala perbuatan baik lainnya kepada sesama manusia.

3. Ihsan kepada makhluk lainnya

Arti ihsan kepada makhluk lainnya dapat ditunjukkan untuk hewan dan tumbuhan. Sebab umat manusia hendaknya juga berbuat baik kepada hewan dan tumbuhan seperti yang sudah tercantum dalam sejumlah ayat Alquran. Contohnya saja yakni menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan sehingga dapat mencegah kerusakan bumi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti ihsan yang perlu kalian pahami. Sehingga memudahkan mengetahui makna dari arti ihsan.

 

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait