Arti Intervensi Secara Umum dan Menurut Para Ahli dalam Politik, Beserta dengan Jenisnya

Kamis, 05 Mei 2022 09:11 Penulis: Dhia Amira
Arti Intervensi Secara Umum dan Menurut Para Ahli dalam Politik, Beserta dengan Jenisnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Mungkin dalam kehidupan sehari-hari, kata intervensi ini cukup asing dan sangat jarang digunakan. Namun, dalam dunia politik, kata intervensi bukan hal yang asing lagi. Ya, arti intervensi sendiri adalah campur tangan negara diktator dalam urusan negara lain. Intervensi ini bisa berdampak buruk ataupun baik.

Bagi KLovers yang ingin mengetahui arti intervensi lebih dalam lagi, maka kalian bisa membaca artikel ini. Karena, dalam artikel ini bukan hanya menjelaskan tentang arti intervensi saja, tetapi juga arti intervensi menurut ahli dan juga jenis-jenis dari intervensi. Sehingga KLovers bisa lebih mendalami kata dari intervensi tersebut.

Nah, kira-kira apa ya arti intervensi tersebut? Berikut ini arti intervensi dalam dunia politik secara umum dan menurut ahli, beserta dengan jenis-jenisnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Intervensi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti intervensi dalam dunia politik adalah campur tangan negara diktator dalam urusan negara lain. Namun, di luar itu ternyata arti intervensi ada banyak loh KLovers. Ya, dalam beberapa bidang ada arti intervensi-nya sendiri. Sehingga, tidak bisa disamakan dengan arti intervensi dalam dunia politik.

Kata intervensi sendiri berkaitan dengan bidang politik, ekonomi, kesehatan, psikologi, pemerintahan, dan masih banyak lagi. Secara umum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti intervensi adalah campur tangan dalam perselisihan antara dua pihak (orang, golongan, negara, dan sebagainya). Dari pengertian ini dapat diambil kata kunci campur tangan dalam perselisihan.

Maka dapat disimpulkan arti intervensi adalah bentuk campur tangan dalam perselisihan. Konotasinya mengarah pada dua hal, membantu pihak yang sedang mengalami perselisihan. Kedua mengambil kesempatan untuk mendapat keuntungan dari sebuah perselisihan. Dalam urusan tata pemerintahan intervensi adalah mengarah pada campur tangan antar negara dengan kekerasan dan tekanan.

Umumnya pemerintah melakukan intervensi adalah sebagai tindak melancarkan perencanaan kerja dalam sebuah negara. Menurut penjelasan para ahli, intervensi adalah mengubah situasi dan kondisi di negara yang diintervensi. Dalam bidang kesehatan, arti intervensi adalah upaya untuk meningkatkan kesehatan atau mengubah penyebaran penyakit oleh tenaga kesehatan, dokter sampai perawat.

 

2. Arti Intervensi Menurut Ahli

Nah, bagaimana dengan arti intervensi menurut para ahli? Ada beberapa arti intervensi menurut ahli yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Walaupun memiliki arti yang berbeda, namun arti intervensi menurut ahli ini punya inti yang sama. Dan berikut ini beberapa arti intervensi menurut ahli tersebut:

1. Parry dan Grant

Pengertian intervensi adalah tindakan turut campurnya sebuah negara secara diktator terhadap negara lain yang tujuannya adalah untuk menjaga atau pun mengubah kondisi aktual tertentu.

2. Dr. Wirjono Prodojodikoro

Arti intervensi yang pertama menurut Dr. Wirjono Prodojodikoro adalah suatu campur tangan negara asing yang sifatnya menekan dengan alat kekerasan atau dengan ancaman melakukan kekerasan, apabila keinginannya tidak terpenuhi.

3. Gordon (1994)

Kemudian arti intervensi menurut Gordon adalah campur tangan dokter atau perawat yang dilakukan untuk membantu kesembuhan ataupun kesehatan pasien seperti sediakala.

4. Oppenheiman Lauterpacht

Selanjutnya ada arti intervensi menurut Oppenheiman Lauterpacht adalah campur tangan sebuah negara secara diktator terhadap urusan dalam negeri negara lain dengan tujuan utama untuk memelihara atau pun untuk mengubah kondisi, situasi, atau pun barang yang ada di negara tersebut.

5. J.G. Starke

Dan yang terakhir yaitu, ada arti intervensi menurut J.G. Starke adalah suatu bentuk propaganda atau kegiatan lainnya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan untuk mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.

 

3. Jenis Intervensi

Dan pembahasan terakhir tentang intervensi yaitu ada jenis-jenisnya. Ya, intervensi sendiri memiliki jenis-jenisnya ya KLovers. Dan berikut ini beberapa jenis dari intervensi yang bisa KLovers ketahui tersebut:

1. Intervensi internal

Jenis intervensi internal adalah campur tangan negara lain dalam perselisihan dalam negara lainnya. Intervensi internal dapat bertujuan untuk melindungi atau mendukung pemerintah yang sah, maupun mendukung kelompok pemberontak untuk menjatuhkan kekuasaan pemerintah.

2. Intervensi eksternal

Jenis intervensi eksternal adalah campur tangan suatu negara pada konflik antar dua negara lainnya. Intervensi eksternal dapat bertujuan mendamaikan atau menyelesaikan konflik antar dua negara, maupun mendukung salah satu negara agar dapat menang dari negara lainnya. Tidak hanya antarnegara, intervensi eksternal juga dapat terjadi pada hubungan multilateral (banyak negara).

3. Intervensi Reprisal

Jenis intervensi reprisal atau punitive adalah campur tangan suatu negara untuk membalaskan kerugian negara lain akibat konflik dengan negara lainnya. Intervensi reprisal biasanya dilakukan oleh negara yang lebih kuat pada negara lebih lemah yang telah menimbulkan kerugian pada negara lainnya.

Itulah arti intervensi yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Bukan hanya arti intervensi secara umum dan menurut ahli saja, namun juga jenis-jenis dari intervensi.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI