Arti Intermezzo Menurut Kamus dan Sebagai Kata Gaul, Ketahui Juga Makna dari Kosakata Populer Lainnya


Berita | Minggu, 18 Desember 2022 12:33

Kapanlagi.com - Intermezzo tentu sudah jadi istilah atau kata yang cukup familiar di telinga sebagian besar orang. Pasalnya, kata intermezzo sudah sering diucapkan dalam obrolan atau perbincangan sehari-hari, dalam situasi formal maupun nonformal. Kata intermezzo sering kali muncul menandai sebuah bahasan ringan yang berada di luar konteks obrolan.


Meski begitu, bagi sebagian orang istilah dan arti intermezzo bisa jadi masih dirasa asing. Bahkan bagi orang yang sudah familiar sekalipun, bisa jadi belum mengetahui apa arti intermezzo yang sesungguhnya. Pasalnya, ternyata ada perbedaan arti antara kata atau istilah intermezzo di kamus dengan penggunaannya di keseharian.

Jadi penasaran kan apa arti intermezzo menurut kamus dan penggunaannya di keshearian? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Arti Intermezzo Menurut Kamus

Intermezzo kini seolah sudah jadi bahasa gaul yang biasa dipakai dalam percakapan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, banyak orang yang menyangka intermezzo adalah kosakata Indonesia. Padahal, sebenarnya intermezzo merupakan salah satu kosakata bahasa Inggris. Dilansir dari kamus bahasa Inggris online dictionary.cambridge.org, arti intermezzo ternyata berhubungan dengan lagu atau musik.

Menurut kamus bahasa Inggris online dictionary.cambridge.org, didefinisikan sebagai 'a short piece of music written to be played on its own or as part of a longer piece'. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti intermezzo adalah 'sepenggal musik pendek yang ditulis untuk dimainkan sendiri atau sebagai bagian dari karya yang lebih panjang'.

 

2 dari 4 halaman

2. Adaptasi Intermezzo Sebagai Bahasa Gaul

(credit: unsplash)

Arti intermezzo saat ini ternyata juga telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, kata intermezzo diadaptasi diubah penulisan dan pelafalannya menjadi intermesso atau intermezo.

Semntara, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti intermezzo atau intermeso adalah selingan pada waktu beristirahat. Selain itu masih dalam KBBI, intermeso juga diartikan sebagai adegan dramatik pendek, biasanya adegan komikal, ditampilkan di sela-sela hiburan sepanjang makan malam dalam suatu pesta.

Tak saja diadaptasi sebagai bahasa baku, kini kata intermezzo atau intermeso juga telah diadaptasi jadi salah satu bahasa gaul. Sebagai kosakata bahasa gaul, arti intermezzo atau intermeso juga tak jauh berbeda dengan arti menurut KBBI.

Kata gaul intermezzo atau intermeso dipakai sebagai ungkapan untuk mencairkan ketegangan di acara atau obrolan formal. Intermezzo juga jadi penanda saat obrolan keluar konteks untuk sementara waktu, lantaran membahas suatu hal yang bersifat selingan. Bahasan yang jadi selingan atau intermezzo bisa berupa candaan. Candaan tersebut bisa sesuatu benar-benar jauh dari konteks atau topik obrolan tetapi bisa mencairkan suasana.

 

3 dari 4 halaman

3. Arti Istilah dari Kosakata Gaul Lainnya

(credit: unsplash)

Selain arti intermezzo atau intermeso, masih ada banyak kosakata gaul yang awal mulanya berasal dari bahasa Inggris. Sama seperti intermezzo, kata-kata gaul tersebut juga sudah umum dipakai di percakapan sehari-hari. Maka dari itu, penting juga untuk tahu arti dari berbagai kosakata gaul dari bahasa Inggris tersebut.

Berikut beberapa kosakata gaul yang berasal dari bahasa Inggris beserta artinya.

1. Literally: yang paling mendasar.

2. Basically: pada dasarnya.

3. Support system: orang-orang yang mendukung kita.

4. Clumsy: Ceroboh.

5. Damage : Memesona dan menawan.

6. Fake: Palsu.

7. Feeling: Perasaan atau Merasakan.

8. Down to earth: tetap rendah hati, sederhana, atau apa adanya.

9. Hang out: menghabiskan waktu bersama (nongkrong).

10. Dude: Kata sapaan 'Bung'.

11. Creep/creepy: orang atau situasi yang aneh atau menyebalkan.

12. Awkward: suasana canggung.

13. Salty: Bosan.

14. What The Hell: seruan yang berarti "apa-apaan ini?"

15. Chill out: tenang.

16. Ghosting: menghilang secara tiba-tiba tanpa kabar sama sekali.

17. No matter: Tidak peduli.

18. Crush/crush on: menyukai atau mengagumi seseorang.

19. Stan: mengidolakan sesuatu atau menyukai sesuatu.

20. Triggered: terpicu atau dipicu.

21. Damn it: Sialan.

22. Spill the tea: ajakan untuk bergosip atau menceritakan sesuatu.

23. Humble: rendah hati.

24. Guy: Ungkapan untuk memanggil satu teman, dan khusus yang laki-laki.

25 Guys: Ungkapan untuk memanggil teman, namun dalam arti jamak atau teman-teman. Guys bisa digunakan untuk menyapa teman laki-laki atau perempuan.

26. Noted: Bakal menjadi catatan.

27. Slay: Menakjubkan atau sangat keren.

28. Swag : Keren.

29. Mind blowing: mencengangkan atau bikin kepikiran.

30. BTW: singkatan dari By The Way, yang kurang lebih berarti 'ngomong-ngomong'.

31. CMIIW: singkatan dari Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

32. FYI: singkatan dari For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

33. Kepo: akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

34. OOTD: singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

35. OTW: singkatan dari On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

Itulah di antaranya penjelasan arti intermezzo menurut kamus dan sebagai bahasa gaul anak muda masa kini. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian.

 

(kpl/gen/psp)

Topik Terkait