Kumpulan Arti Kata Gaul Masa Kini, Ketahui Agar Tak Ketinggalan Zaman

Senin, 11 Oktober 2021 16:44 Penulis: Puput Saputro
Kumpulan Arti Kata Gaul Masa Kini, Ketahui Agar Tak Ketinggalan Zaman
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Pemakaian bahasa gaul jadi salah satu bentuk kreativitas anak muda zaman sekarang. Dengan kreativitas yang dimiliki, anak-anak muda sering kali memunculkan kosa kata baru yang unik dan menarik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui arti kata bahasa gaul anak muda masa kini, agar tak ketinggalan zaman.

Kosa kata dalam bahasa gaul yang dibuat anak muda makin hari, makin populer. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak paham tentang arti kata gaul. Padahal, memahami arti kata-kata dalam bahasa gaul sangat penting saat ini. Pasalnya, kata-kata dalam bahasa gaul sering kali dipakai untuk komunikasi sehari-hari. Sehingga jika tak mempelajarinya, kita juga bisa ketinggalan informasi.

Saat ini ada banyak kosa kata dalam bahasa gaul yang dipakai di percakapan sehari-hari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa arti kata gaul masa kini yang perlu kalian ketahui.

1. Arti Kata Gaul yang Berupa Gabungan Dua Kata

Kata-kata gaul ternyata ada banyak sekali jenis dan bentuknya. Salah satunya adalah kata gaul yang dibuat dari gabungan dua kata atau lebih yang dibaca atau ditulis serangkai. Oleh karenanya, istilah-istilah dalam bahasa gaul ini cenderung unik dan menarik.

Arti kata gaul yang berupa gabungan dua juga biasa dipakai sehari-hari. Bahkan, tak hanya oleh anak muda melainkan juga anak-anak dan mereka yang lebih dewasa. Berikut beberapa kata gaul yang berupa gabungan dua kata beserta artinya:

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

2) Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

3) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4) Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

5) Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

6) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

7) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

8) Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

 

2. Arti Kata Gaul Berupa Kata yang Disingkat

Bentuk kata gaul lainnya berupa kata yang disingkat pengucapan atau penulisannya. Umumnya, arti kata-kata gaul ini tidak jauh berbeda pada saat arti kata tersebut dibaca atau ditulis secara penuh. Kata apa saja yang tergolong jenis kata gaul ini? Berikut, beberapa di antaranya.

1) Cans: Cantik

2) Gils: Gila

3) Goks: Gokil

4) Gans: Ganteng

5) Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

6) Ntaps: Mantap

7) Leh uga: Boleh juga

 

3. Arti Kata Gaul Berupa Singkatan Bahasa Inggris

Jenis kata-kata dalam bahasa gaul ketiga muncul dalam bentuk singkatan. Umumnya, kata-kata gaul jenis ini lebih banyak ditemukan dalam bahasa Inggris. Kendati demikian, kata-kata gaul singkatan bahasa Inggris ini cukup lumrah dan sering dipakai di keseharian. Berikut sederet arti kata gaul yang berupa singkatan dalam bahasa Inggris.

1) Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

2) AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

3) BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah 'ngomong-ngomong'.

4) CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

5) FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

6) Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

7) OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

8) OTW: Kata ini adalah singkatan gaul dari kalimat On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

9) PAP: PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

10) TGIF: singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

 

4. Arti Kata Gaul Berupa Kata yang Dibaca Terbalik

Bentuk kata gaul keempat yang biasa dijumpai ialah yang berasal dari satu kata yang dibaca atau ditulis secara terbalik. Hal ini membuat, kata baru tersebut terdengar aneh sekaligus unik. Umumnya, arti kata gaul jenis ini mempunyai makna yang sama atau tak jauh beda dengan kata tersebut saat dibaca sebagaimana mestinya. Berikut beberapa contoh kata gaul berupa kata yang dibaca atau ditulis secara terbalik.

1) Sabi: Bisa.

2) Takis: Sikat.

3) Ngab: Bang.

4) Kuy: Yuk. Kata ajakan kebalikan membaca dari yuk.

5) Tubir: Ribut

Itulah di antaranya beberapa arti kata gaul masa kini yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI