Arti Kapitalis, Sejarah, dan Cirinya, Lengkap dengan Kelebihan Serta Kekurangan


Berita | Rabu, 6 April 2022 12:33

Kapanlagi.com - Sejarah sistem kapitalisme dikenal sejak berabad-abad lalu. Di mana asal usul kapitalisme ini berkembang dari kegiatan perniagaan dan perdagangan. Namun sudah tahukah kalian apa arti kapitalis sebenarnya?


Arti kapitalis menurut sejumlah ahli didefinisikan dengan pendapat yang berbeda. Di mana pemilik modal memiliki kendali penuh terhadap bisnis mereka tanpa intervensi dari pemerintah.

Karena itulah kegiatan ekonomi ini dijalankan oleh pemilik modal secara pribadi di luar pemerintahan. Selain itu, terdapat sejumlah ciri-ciri kapitalis yang juga penting diketahui.

Sebelumnya pahami dulu pengertian kapitalis dan sejarahnya. Berikut ini ada ulasan tentang arti kapitalis yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Arti Kapitalis Secara Umum

(credit: unsplash.com)

Istilah kapitalis tentunya sudah pernah kalian dengar. Istilah ini merupakan paham dari apa yang kita kenal dengan kapitalisme. Namun apa sebenarnya makna dari arti kapitalis?

Untuk membedah mengenai makna arti kapitalis bisa kalian lihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Apa arti kapitalis di KBBI adalah kaum bermodal, orang dengan modal besar. Pengertian kapitalis lainnya adalah orang yang memiliki kekayaan melimpah.

Arti kapitalis memang erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian dan juga bisnis. Karena arti kapitalis berfokus pada memperoleh keuntungan yang besar dan banyak. Apalagi keuntungan tersebut diperoleh dengan cara menekan biaya produksi. Namun kapitalisme juga bisa merujuk pada birokrasi dengan tujuan untuk memperkaya diri sendiri. Di KBBI dikenal juga istilah borjuis merujuk pada orang kaya, bermodal biasanya kalangan kelas atas.

 

 

 

2 dari 6 halaman

2. Arti Kapitalis Menurut Ahli

(credit: unsplash.com)

Sejumlah ahli juga mendefinisikan mengenai pengertian kapitalis. Ya, arti kapitalis pada dasarnya adalah para pelaku dari sistem kapitalisme. Atau dikenal juga dengan sebutan kapital merujuk pada pelaku kapitalisme. Penjelasan mengenai arti kapitalis adalah suatu kegiatan perekonomian yang para pelakunya bisa mengendalikan sendiri kegiatan mereka.

Umumnya arti kapitalis tersebut modalnya adalah modal pribadi, perusahaan swasta yang memiliki kebebasan terhadap kegiatan ekonomi. Dengan kata lain kegiatan ini bukan untuk memperoleh keuntungan bersama pemerintah. Untuk memahami apa arti kapitalis menurut para ahli, langsung saja simak ulasan di bawah ini KLovers.

1. Arti kapitalis menurut Karl Marx: Arti kapitalis menurut Karl Marx adalah sistem dengan kebijakan pasar dikendalikan oleh pemilik modal. Baik itu harga barang ataupun kebijakan lainnya berada di tangan pemilik modal. Karena itulah pemilik modal berperan dalam menentukan keuntungan mereka.

2. Arti kapitalis menurut Adam Smith: Arti kapitalis menurut Adam Smith adalah sistem yang bisa menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat jika pemerintah tidak melakukan intervensi.

3. Arti kapitalis menurut Max Weber: Arti kapitalis adalah sistem ekonomi yang ditujukan dalam sebuah pasar dan dipacu untuk memberikan keuntungan dari kegiatan pertukaran di pasaran tersebut.

4. Arti kapitalis menurut Ir. Soekarno: Kapitalisme adalah sistem sosial masyarakat yang muncul dari cara produksi dengan memisahkan kaum buruh dari alat produksi.

Itulah beberapa penjelasan definisi arti kapitalis yang perlu kalian ketahui. Sehingga semakin memudahkan kalian memahami makna istilah kapitalis.

 

 

 

3 dari 6 halaman

3. Sejarah Kapitalisme

(credit: unsplash.com)

Membahas mengenai kapitalis, nggak lengkap rasanya kalau tidak mengulik tentang sejarahnya. Pasalnya terdapat sejarah panjang tentang munculnya sistem kapitalisme ini yang dimulai sejak abad ke-16 hingga abad 19.

Ya, berdasarkan sejarahnya kapitalisme awal mula muncul pada abad pertengahan di kawasan Eropa. Kemudian kapitalisme ini semakin berkembang di sejumlah negara Eropa seperti Belanda dan Inggris. Perniagaan dan perdagangan dijalankan oleh pedagang di Amsterdam dan London kemudian membentuk sewaan saham gabungan. Selanjutnya mulai didirikan lembaga bursa, perbankan, dan asuransi yang menjadi salah satu bentuk dari perkembangan sistem kapitalisme.

Pada saat itu perbankan komersial Eropa bisa melakukan transaksi perdagangan baik itu barang pribadi, modal (tanah dan manusia) untuk memproduksi suatu barang jadi. Namun untuk melakukan produksi barang jadi diperlukan bahan baku serta alat-alat atau mesin.

Inilah yang kemudian memunculkan apa yang disebut buruh. Di mana seorang buruh dapat mengolah bahan baku tersebut dengan mesin atau alat yang sudah dimiliki para pemodal untuk memproduksi barang jadi. Kemudian melansir dari katadata.co.id, menurut Buku Kapitalisme: Sebuah Pengantar Singkat menjelaskan jika kapitalisme muncul di Inggris abad ke-18.

Munculnya kapitalisme tersebut tidak lain menyebabkan peningkatan produksi di bidang industrial sehingga menyebabkan permintaan pasar cukup tinggi. Karena itu banyak orang mulai mencari pekerjaan di bidang industri untuk mendapatkan uang dan mencukupi kebutuhan produksi pemilik modal. Sehingga keuntungan juga akan diperoleh. Begitulah sekiranya sejarah singkat tentang kapitalisme yang perlu diketahui.

 

 

 

4 dari 6 halaman

4. Ciri-Ciri Kapitalis

(credit: unsplash.com)

Terdapat beberapa ciri-ciri kapitalis yang perlu kalian ketahui. Ciri-ciri kapitalis ini bisa memudahkan kalian mengenali seperti apa sistem kapitalisme. Yuk cek saja di bawah ini apa saja ciri-ciri kapitalis.

- Berfokus pada kepentingan diri sendiri untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.

- Penjaminan atas hak milik perseorangan.

- Memiliki kebebasan penuh mengontrol kegiatan ekonomi mereka.

- Persaingan bebas.

- Adanya sistem penentuan harga sesuai penawaran dan permintaan.

 

 

 

5 dari 6 halaman

5. Kelebihan dan Kekurangan Kapitalisme

(credit: unsplash.com)

Sedangkan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan kapitalisme. Setelah tahu penjelasan arti kapitalis, menyimak apa saja kelebihan dan kekurangan kapitalis juga nggak kalah penting. Ini ulasan kelebihan dan kekurangan kapitalisme.

Kelebihan Kapitalisme

- Bagi pemilik modal dapat bersaing untuk mendapatkan harga terbaik sesuai barang dan jasa yang ditawarkan.

- Mendorong inovasi produk.

- Persaingan bisnis membuat konsumen diuntungkan karena adanya persaingan harga dari para pemilik modal.

- Biaya produksi dengan modal yang ditekan untuk mendapatkan untung optimal dan lebih efisien.

- Mendorong setiap orang bisa menjadi wirausaha dalam memulai bisnis mereka.

Kekurangan Kapitalisme:

- Berpotensi terjadi monopoli bisnis karena modal yang tidak merata.

- Kesejahteraan pekerja mungkin saja tidak terjamin karena hanya mementingkan keuntungan saja.

- Bisa memicu penggunaan bahan baku besar-besaran sehingga berpotensi mengeksploitasi alam demi keuntungan besar.

- Ketidaksetaraan karena sifatnya pemilik pribadi.

Dari penjelasan tentang arti kapitalis di atas tentunya kalian sudah mengenal apa itu kapitalisme beserta ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu dapat membedakan arti kapitalis dengan sistem lainnya yakni sosialisme ataupun liberalisme.

 

 

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait