Arti Kooperatif Secara Umum dan dalam Pendidikan, Beserta dengan Tujuannya


Berita | Minggu, 5 Juni 2022 12:11
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Kooperatif merupakan sebuah kata dalam bahasa Indonesia. Walaupun bukan sebuah kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari, namun kata kooperatif ini tidak asing. Arti kooperatif sendiri merupakan sebuah sikap bekerja sama yang baik.


Ya, kata ini sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan kerja, hingga lingkungan kepolisian. Sehingga, kata kooperatif ini tidak asing bagi kita. Ada pula arti kooperatif dalam dunia pendidikan, serta dengan tujuan dari kooperatif itu sendiri.

Nah, untuk KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam apa sih itu kooperatif. Maka berikut ini penjelasan tentang arti kooperatif secara umum dan arti kooperatif dalam dunia pendidikan, beserta dengan tujuannya.

1 dari 4 halaman

1. Arti Kooperatif Secara Umum

Ilustrasi (credit: Pexels)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti kooperatif sendiri merupakan sebuah sikap bekerja sama yang baik. Hal ini sudah dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, arti kooperatif adalah sikap kerjasama antar individu maupun kelompok yang bersedia membantu apapun.

Selain itu, dalam Cambridge Dictionary, arti kooperatif adalah bersedia untuk membantu atau melakukan apa yang orang tanya dan perintahkan. Dalam hal ini, menunjukkan suatu kesediaan untuk bertindak atau bekerja bersama-sama untuk tujuan bersama.

Kemudian ada pula menurut Collins Dictionary, arti kooperatif adalah dapat bersepakat untuk bekerja sama untuk meredakan ketegangan, dan melakukan apa yang orang minta tanpa mengeluh atau berdebat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, arti kooperatif adalah salah satu sikap yang menunjukkan sikap untuk mau bekerja sama dengan orang lain.

Kemudian saling berbagi, saling membantu satu sama lain tanpa adanya rasa mengeluh ataupun berdebat yang menyebabkan kedua belah pihak merasa tidak nyaman. Sehingga, kooperatif sendiri menjadi sebuah sikap dan tindakan dari seseorang.

 

2 dari 5 halaman

2. Arti Kooperatif dalam Pendidikan

Ilustrasi (credit: Pexels)

Bagaimana dengan arti kooperatif dalam dunia pendidikan? Dalam dunia pendidikan sendiri, kooperatif merupakan sebuah teori untuk memaksimalkan minat belajar anak. Pembelajaran kooperatif atau disebut dengan Cooperative Learning adalah suatu model pembelajaran dengan pendekatan atau strategi penggunaan kelompok-kelompok kecil (maksimal 5 orang).

Dengan struktur anggota yang heterogen, sehingga terjadi saling ketergantungan positif, adanya tanggung jawab perorangan dan komunikasi yang intensif antara anggota kelompok dengan tujuan memaksimalkan proses belajar. Sehingga, dengan pembelajaran kooperatif siswa dapat bekerja sama dan saling tolong menolong dalam memahami materi dan tugas belajar yang dihadapi.

Arti kooperatif dalam dunia pendidikan sendiri adalah pendekatan belajar kelompok yang memiliki aturan-aturan tertentu. Prinsip dasar pembelajaran kooperatif adalah siswa membentuk kelompok kecil dan saling mengajar sesamanya untuk mencapai tujuan bersama.

 

3 dari 5 halaman

3. Arti Kooperatif Menurut Para Ahli

Ilustrasi (credit: Pexels)

Kemudian ada pula arti kooperatif dalam dunia pendidikan menurut para ahli. Arti kooperatif menurut para ahli ini akan membantu kalian lebih memahami kooperatif itu sendiri. Dan berikut ini arti kooperatif menurut para ahli tersebut.

1. Hartono (2008)

Menurut Hartono arti kooperatif dalam pembelajaran adalah suatu penggunaan pembelajaran kelompok-kelompok kecil sehingga para siswa bekerja sama untuk memaksimalkan belajar mereka.

2. Isjoni dan Ismail (2008)

Menurut Isjoni dan Ismail arti kooperatif dalam pembelajaran adalah suatu pendekatan atau serangkaian strategi yang khas dirancang untuk memberi dorongan kepada peserta didik agar bekerja sama selama berlangsungnya proses pembelajaran.

3. Rohman (2009)

Menurut Rohman arti kooperatif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran yang menekankan pada saling ketergantungan positif antar individu siswa, adanya tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi intensif antar siswa, dan evaluasi proses kelompok.

4. Isjoni (2009)

Menurut Isjoni arti kooperatif dalam pembelajaran adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 5 orang dengan struktur kelompok heterogen.

5. Sugiyanto (2010)

Menurut Sugiyanto arti kooperatif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.

6. Solihatin dan Raharjo (2007)

Menurut Solihatin dan Raharjo arti kooperatif dalam pembelajaran adalah suatu perilaku bersama dalam membantu di antara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih dimana keberhasilan kerja dipengaruhi oleh setiap anggota kelompok

 

4 dari 5 halaman

4. Tujuan Kooperatif

Ilustrasi (credit: Pexels)

Kooperatif sendiri merupakan sebuah sikap yang positif untuk dilakukan. Dan sikap kooperatif sendiri memiliki tujuannya ya KLovers. Dan berikut ini tujuan dari sikap kooperatif itu.

1. Dapat menerima kekurangan orang lain

Tujuan sikap kooperatif yang pertama adalah membuat setiap individu bisa menerima kekurangan orang lain. Hal ini sangat penting karena dalam kelompok setiap individu memiliki latar belakang dan pemikiran yang berbeda. Adanya sikap menerima ini membuat kerja sama akan menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan keterampilan sosial

Tujuan sikap kooperatif selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan sosial. Kooperatif terjadi karena adanya kerja sama. Adanya kerja sama tentu tidak lepas dari keterampilan sosial yang perlu ditingkatkan.

3. Mencapai hasil dengan mudah

Tujuan sikap kooperatif yang terakhir adalah membuat hasil yang diinginkan bisa dicapai dengan mudah. Hal ini menjadi tujuan utama dalam kooperatif yang bisa diwujudkan dengan adanya kerja sama dalam kelompok.

Itulah arti kooperatif yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti kooperatif secara umum saja, namun ada pula arti kooperatif dalam dunia pendidikan, serta tujuan dari sikap kooperatif itu.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait