Arti Attitude di Dunia Kerja Beserta Karakteristik dan Fungsinya

Rabu, 03 November 2021 19:11
Arti Attitude di Dunia Kerja Beserta Karakteristik dan Fungsinya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam kehidupan sosial, attitude merupakan sesuatu yang perlu diprioritaskan. Arti attitude perlu dipahami setiap orang agar mampu menciptakan relasi yang sehat. Meski terkadang sulit mengendalikan diri, seseorang harus tetap berusaha membiasakan perilaku yang baik.

Arti attitude juga perlu kalian pahami karena akan sangat berguna dalam berbagai bidang. Entah itu lingkungan rumah, sekolah, atau dunia kerja. Perlu kalian ketahui pula bahwa attitude juga sering dikaitkan dengan kesiapan mental seseorang dalam menyikapi suatu kejadian.

Nah, apabila kalian tertarik untuk menelusuri arti attitude lebih dalam, silakan simak informasi berikut ini. Selain itu, kalian juga akan mendapat penjelasan mengenai karakteristik dan fungsi attitude yang selalu dikatakan sebagai sesuatu yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.

1. Arti Attitude

Arti attitude dalam bahasa Indonesia adalah perilaku. Menurut Oxford Dictionary, arti attitude adalah cara berpikir atau perasaan yang menetap tentang seseorang atau sesuatu, biasanya tercermin dalam perilaku seseorang.

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perilaku merupakan tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. Jika merujuk pada Ensiklopedia Britannica yang dilansir dari Liputan6, secara logis attitude adalah konstruksi hipotesis di mana mereka disimpulkan tetapi tidak dapat diamati secara objektif.

Attitude atau sikap dimanifestasikan dalam pengalaman sadar, laporan verbal, perilaku terbuka, dan indikator fisiologis. Konsep sikap muncul dari upaya untuk menjelaskan keteraturan yang diamati dalam perilaku individu individu. Kualitas sikap seseorang dinilai dari tanggapan evaluatif yang dapat diamati yang dibuat.

2. Arti Attitude di Dunia Kerja

Attitude merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia kerja. Pasalnya, attitude para pekerja merupakan cerminan perusahaan. Oleh karena itu, arti attitude perlu dipahami setiap pekerja sebagai aset terpenting demi kemajuan perusahaan.

Maka tak heran jika attitude masuk dalam pertimbangan ketika perusahaan akan mencari karyawan baru. Nah, agar kalian dilihat sebagai calon karyawan yang pantas diterima, coba pahami arti attitude berupa aksi nyata berikut ini.

- Menghormati Rekan Kerja

Penghormatan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dunia kerja, tak hanya terbatas kepada orang yang lebih tua atau atasan saja. Rekan kerja sebaya pun harus kalian hormati. Hal itu bisa menunjukkan sisi profesionalitas kalian dalam bekerja dan tentu saja kalian akan mendapat perlakuan yang baik pula dari orang di sekitar.

- Menerima Kritik dan Masukan

Perlu dipahami bahwa kritik dan masukkan yang disampaikan bukanlah sesuatu yang negatif. Kalian tak perlu bersedih ketika mendapatkannya dari rekan kerja, baik atasan maupun bawahan. Sebagai tanda kedewasaan, kalian akan memandang kritik tersebut menjadi hal yang biasa. Justru bisa dianggap sebagai bantuan untuk kalian tumbuh lebih baik lagi.

- Memegang Komitmen

Jika sudah mendapatkan posisi yang kalian inginkan, tentu kalian harus memegang kuat komitmen terhadap pekerjaan tersebut. Dengan begitu, kalian akan mendapat citra baik dari perusahaan. Selanjutnya, citra itu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kalian karena dikenal sebagai orang yang punya kinerja yang baik. Otomatis, kalian akan dikenal sebagai orang yang profesional dalam jaringan kerja.

- Menghargai Waktu

Hal-hal seperti datang tepat waktu, menepati janji, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal merupakan sikap yang sudah seharusnya dimiliki karyawan. Hal itu menunjukkan seberapa besar komitmen kalian untuk turut memajukan perusahaan. Selain itu, kalian bisa terhindar dari stres karena menumpuknya pekerjaan karena terlalu sering ditunda.

3. Karakteristik Attitude

Selain arti attitude, kalian juga perlu mengetahui karakteristiknya. Hal ini diperlukan agar lebih mudah mempertimbangkan suatu sikap dalam mengambil keputusan. Artinya, kalian harus benar-benar memahami karakteristik attitude agar bisa bersikap baik. Karakteristik attitude antara lain:

- Attitude merupakan hal yang bisa dibentuk dan dipelajari, bukan sikap bawaan sejak seseorang dilahirkan.

- Attitude bisa berubah sesuai keadaan atau syarat tertentu yang mendukung perubahan tersebut.

- Attitude berhubungan dengan objek tertentu (atau beberapa objek) dan tak bisa berdiri sendiri.

- Attitude punya sisi motivasi dan sisi perasaan.

4. Fungsi Attitude

Setelah mengetahui arti attitude dan karakteristiknya, tentu kalian perlu menyadari fungsinya dalam kehidupan. Membentuk sikap yang baik tentu akan berdampak pada keseharian kalian, antara lain:

- Seseorang yang punya attitude cenderung lebih unggul daripada lainnya. Dalam dunia kerja misalnya, perusahaan akan lebih memilih calon karyawan yang punya kepribadian terbuka, rendah hati, dan mampu bertahan dalam berbagai situasi.

- Attitude membuat tim jadi lebih kompak. Secara tak langsung, kekompakan akan tercipta dari rasa saling menghormati antar anggota. Dengan begitu, produktivitas pun bisa diraih secara maksimal. Apalagi, antar anggota juga akan lebih mudah dalam berkomunikasi, misalnya menyampaikan keluhan, saran, atau usulan ide baru.

- Seseorang yang punya attitude cenderung lebih bisa menghadapi masalah. Bahkan, sikap yang baik ini memungkinkan untuk mencegah terjadinya masalah karena situasi di lingkungan tersebut akan senantiasa terjaga kenyamanannya. Sekelompok orang yang punya attitude akan punya kemampuan untuk menjaga hubungan.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti attitude beserta karakteristik dan fungsinya. Hal tersebut yang perlu kalian ketahui dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI