Arti Positif Thinking dan Manfaatnya dalam Hidup, Ketahui Cara Menerapkannya


Berita | Senin, 19 Desember 2022 11:44

Kapanlagi.com - Arti positif thinking adalah langkah menuju kehidupan yang lebih baik, lebih positif dan bahagia. Sebab, pikiran positif dapat menghalau berbagai hal negatif yang berpotensi menimbulkan rasa cemas, curiga, khawatir, sedih, amarah, ataupun galau. Lalu apa arti positif thinking?


Positif thinking dapat memberikan energi yang baik bagi seseorang. Karena, arti positif thinking bisa membuat seseorang lebih hari-hati dalam bertindak, menghasilkan pikiran yang jernih, dan membawa rasa tenang. Oleh karenanya, penting untuk menerapkan apa yang disebut dengan positif thinking.

Namun, menumbuhkan pikiran yang positif perlu dilatih secara terus-menerus. Pasalnya ada cara buat menerapkan pikiran positif sehingga mampu mengambil manfaatnya. Misalnya membiasakan diri selalu bersyukur dalam menjalani hidup. Langkah ini bisa memberikan energi yang baik sehingga mencegah negatif thinking.

Pasalnya, arti positif thinking adalah lawan dari negatif thinking. Untuk tahu penjelasan lebih lanjut, langsung saja cek di sini arti positif thinking, manfaat, ciri-ciri dan cara menerapkannya KLovers.

1 dari 4 halaman

1. Arti Positif Thinking

(credit: pexels.com)

Dalam bertindak dan berpikir tak jarang sejumlah orang menerapkan apa yang disebut dengan positif thinking. Kebanyakan di antaranya mengartikan arti positif thinking adalah metode berpikir yang baik karena dapat banyak manfaat dalam hidup. Lalu apa sebenarnya arti positif thinking?

Arti positif thinking sebenarnya sangat mudah dipahami. Arti positif thinking berkaitan dengan cara berpikir secara positif. Artinya pikiran-pikiran positif ini dapat memberikan energi yang baik pada tubuh mulai dari cara bersikap, bertindak, ataupun mengambil keputusan.

Sementara itu, melansir dari Gramedia.com, menurut Susetyo arti positif thinking adalah kemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan perhatian pada sisi positif dari keadaan diri, orang lain, dan situasi yang tengah dihadapi. Maksudnya adalah, arti positif thinking dapat menghasilkan tindakan atau sikap yang baik sehingga mampu memberi manfaat bagi seseorang.

Dari penjelasan mengenai arti positif thinking tersebut dapat dikatakan bahwa arti positif thinking pada dasarnya merupakan metode untuk menghadapi sesuatu secara positif. Maksudnya positif adalah dengan menghindari pikiran negatif yang dapat menimbulkan kecemasan, khawatir, stres, ataupun depresi. Sehingga pikiran positif atau positif thinking bisa membawa dampak baik bagi kehidupan seseorang.

2 dari 5 halaman

2. Arti Positif Thinking dan Manfaatnya

(credit: pexels.com)

Pikiran-pikiran positif akan memberi banyak manfaat bagi kehidupan. Karenanya, arti positif thinking adalah menerapkan metode berpikir secara positif. Ada sejumlah keuntungan saat menerapkan metode berpikir positif dalam menghadapi berbagai masalah hidup. Mau tahu apa saja manfaat positif thinking? Yuk cek di sini klovers.

- Meningkatkan kesehatan tubuh seperti mencegah risiko stroke hingga menjaga kesehatan jantung.

- Membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

- Mencegah stres, depresi, rasa takut, cemas, khawatir, overthinking dan lainnya.

- Membuat hidup semakin bahagia.

- Menjadi pribadi yang terus optimis, termotivasi dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi sebuah masalah.

- Lebih berhati-hati dan bijak memutuskan sesuatu.

Itulah sejumlah manfaat positif thinking yang perlu diketahui. Sehingga dengan memahami manfaat untuk berpikir positif dapat membawa perubahan yang baik dalam hidup.

3 dari 5 halaman

3. Ciri-Ciri Orang Positif Thinking

(credit: pexels.com)

Setelah tahu arti positif thinking dan manfaatnya, ada beberapa ciri-ciri orang yang menerapkan pola pikir positif thinking. Sebab pikiran yang positif dapat menghasilkan suatu tindakan, pol berpikir, dan beberapa perubahan dalam diri seseorang. Mau tahu apa saja ciri-ciri orang berpikir positif? Yuk cek di sini klovers.

- Memandang sesuatu dari sisi positif atau sisi baiknya.

- Mampu mengendalikan diri dan pikiran dalam menghadapi sesuatu.

- Mampu berpikir terbuka dan menghargai orang lain.

- Selalu optimis dan termotivasi melakukan yang terbaik.

- Menumbuhkan rasa untuk selalu bersyukur dalam hidup.

- Percaya diri dan tidak mudah insecure.

Itulah beberapa ciri-ciri orang dengan pikiran positif. Dengan membiasakan diri melatih pikiran positif atau positif thinking tentu dapat memberi manfaat baik dalam hidup.

4 dari 5 halaman

4. Cara Menerapkan Pikiran Positif

(credit: pexels.com)

Bagaimanapun juga untuk bisa melatih diri berpikir positif perlu terus ditumbuhkan. Karena ada cara menerapkan positif thinking dalam hidup. Yuk ketahui langkah-langkah untuk bisa menerapkan dan mengembangkan pikiran yang positif seperti dalam ulasan di bawah ini.

- Selalu optimis dalam menghadapi sesuatu.

- Menjaga suasana hati dengan selalu tersenyum dan tertawa agar terhindar dari negatif thinking yang dapat memicu stres, depresi, cemas, dan lainnya.

- Mengubah pikiran negatif jadi lebih positif.

- Menghargai diri sendiri.

- Beristirahat agar pikiran rileks, lebih jernih, dan terhindar dari negatif thinking.

- Lebih banyak bersyukur dalam hidup.

- Berteman dengan orang yang dapat membawa energi positif.

- Selalu membiasakan diri berbuat baik.

- Memandang kekurangan dan mengubahnya menjadi suatu kelebihan.

- Lebih produktif melakukan sesuatu yang bermanfaat.

- Membaca buku-buku motivasi.

- Melakukan meditasi agar terhindar dari negatif thinking.

Itulah penjelasan mengenai arti positif thinking, manfaat, ciri-ciri, dan cara menerapkannya. Sehingga dapat menjadi referensi buat pembaca memahami pengertian positif thinking atau berpikir secara positif.

(kpl/nlw)

Topik Terkait