Arti Realistis Pengertian Secara Umum, Beserta Ciri dan Bedanya dengan Idealis


Berita | Senin, 6 Juni 2022 13:11
Editor : Dhia Amira

Kapanlagi.com - Kalian pasti mengetahui kata realistis. Ya, kata ini bukan menjadi sebuah kata-kata sehari-hari namun tidak pula asing. Arti realistis sendiri yaitu, sebuah hal yang tampak nyata dan tidak dibuat-buat. Bisa juga disebut apa adanya. Tetapi, apakah arti realistis sendiri seperti yang disebutkan?


Nah, selain KLovers mengetahui apa sih arti realistis, KLovers juga akan mengetahui perbedaan dari realistis dan idealis serta ciri-ciri dari orang realistis. Hal ini akan membuat KLovers semakin memahami penjelasan tentang arti realistis.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti realistis yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Beserta dengan perbedaan dengan kata idealis dan ciri-ciri orang realistis. Yuk langsung saja dicek.

1 dari 3 halaman

1. Pengertian Realistis

Ilustrasi (credit: Pexels)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti realistis adalah hal yang terlihat nyata. Melansir Bahai Teachings, arti realistis adalah seseorang yang memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi dan memahami yang bisa serta tidak bisa dilakukan. Inilah mengapa orang-orang dengan konsep pemikiran realistis adalah sangat bisa diandalkan.

Selain pandai memahami konsep kenyataan, orang realistis adalah pandai memahami perasaan. Kemudian, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa, arti realistis adalah bersifat nyata (real) atau sesuatu yang bersifat wajar. Sehingga, realistis adalah gambaran seseorang yang pandai menilai realitas atau kenyataan.

Kemudian, melansir Bahai Teachings, arti realistis adalah seseorang yang memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi dan memahami yang bisa serta tidak bisa dilakukan. Sehingga, realistis adalah pandangan yang mengarah pada fakta di kehidupan nyata. Orang yang memiliki pemikiran realistis adalah tidak pernah memaksakan kehendak dan selalu berupaya memahami keadaan atau situasi yang sebenarnya terjadi, tidak kolot.

Dan yang terakhir melansir Harvard Business Review, dijelaskan realistis adalah sesuatu yang cenderung mengarah pada pandangan situasi lebih pragmatis dan aktual. Realistis adalah memiliki posisi absolut yang lepas dari pikiran, ide, dan kesadaran.

 

2 dari 4 halaman

2. Perbedaan Realistis dan Idealis

Ilustrasi (credit: Pexels)

Bagaimana dengan perbedaan realistis dan idealis? Apakah keduanya memiliki arti serta maksud yang sama? Ada beberapa perbedaan antara seorang yang idealis dengan seorang yang realistis. Tak jarang seseorang yang idealis dianggap sebagai seseorang yang mengawang-awang. Hal ini lantaran pendapatnya yang terkadang kurang masuk akal.

Berbeda dengan seorang realistis. Seorang realistis lebih mudah bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan hidupnya. Meski demikian, terdapat kelebihan dan kekurangan seorang idealis dan realistis yang perlu Anda ketahui. Untuk kelebihannya, seorang idealis terstruktur dalam bertindak.

Sementara seorang realistis tak banyak berpikir dan langsung bertindak sesuai dengan apa yang sudah dikonsepkan. Sementara kekurangannya, seorang idealis cenderung lebih banyak berpikir tanpa bertindak. Dan seorang realistis langsung bertindak tanpa adanya dasar pikiran yang kuat. Itulah perbedaan antara keduanya.

 

3 dari 4 halaman

3. Ciri Orang Realistis

Ilustrasi (credit: Pexels)

Setelah mengetahui arti realistis secara lengkap dan perbedaannya dengan idealis. Maka, berikut ini penjelasan tentang ciri-ciri orang realistis yang bisa KLovers dan pahami.

1. Berperilaku Santai

Orang yang memiliki sikap realistis umumnya sangat santai, karena mereka mengerti bahwa kadang-kadang, hal buruk terjadi, dan kalian selalu siap untuk berguling dengan pukulan.

2. Orang yang Diingat

Orang yang memiliki sikap realistis akan melihat kalian ketika saatnya untuk merencanakan perjalanan, karena mereka tahu bahwa kalian tidak hanya akan merencanakan segalanya dengan sempurna, kalian juga akan membuat semua rencana cadangan yang diperlukan ketika rencana awal pasti tidak berhasil.

3. Menghindari Drama

Orang yang memiliki sikap realistis mencoba untuk menghindari drama dengan segala cara, karena drama sebagian besar terdiri dari orang-orang yang bertindak tidak rasional, dan itu membuat kalian kesal tanpa akhir.

4. Penuh Persiapan

Dompet kalian menyaingi tas yang dibawa Mary Poppins. Kalian tahu untuk bersiap menghadapi situasi apa pun, sehingga teman kalian dapat mengandalkan kalian untuk membawa sebungkus tisu, tabir surya, dan camilan sore hari bersama kalian setiap saat.

5. Bisa Diandalkan

Orang yang memiliki sikap realistis selalu ada jika teman yang berpenampilan drama membutuhkan mediator, karena kalian dijamin akan melihat kedua sisi secara rasional, dan membantu mereka menyelesaikan perbedaan mereka.

6. Pandai Memberi Nasihat

Orang yang memiliki sikap realistis terus-menerus melawan keinginan untuk mengatakan, "Sudah kubilang," ketika teman-teman kalian mengabaikan realisme bijak kalian.

7. Memahami Perasaan

Bersikap realistis bukan berarti kalian brutal. Orang yang memiliki sikap realistis tahu bahwa orang memiliki perasaan, dan orang yang memiliki sikap realistis berhati-hati untuk memberi mereka pendapat jujurnya tanpa menyakiti.

8. Teguh Pendirian

Fakta bahwa orang yang memiliki sikap realistis satu-satunya yang memutuskan untuk membawa payung, dan sekarang hujan dan semua orang berebut tempat yang didambakan di bawahnya, biasanya mereka berbicara banyak.

Itulah arti realistis yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya arti realistis saja, namun juga perbedaan realistis dengan idealis dan juga ciri-ciri orang realistis.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait